bt
Menu

28 Inspirasi Ide Bisnis Pertanian Awet Sepanjang Masa

01/01/2019 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Hallo semua sobat BT, akhirnya kita sampai di tahun baru 2019. Di tahun baru, semangatnya juga harus baru. Terutama semangat untuk mewujudkan harapan dan cita-cita. Termasuk harapan dan cita-cita mempunyai usaha dan bisnis sendiri semoga bisa kesampaian ya sob.

Mempunyai bisnis sendiri adalah impian setiap orang. Ada dua alasan penting mengapa orang ingin mempunyai bisnis sendiri yaitu karena kebebasan waktu dan finansial. Dua hal yang tidak akan anda dapatkan jika hanya menjadi pegawai kantoran.

Tidaklah berlebihan judul artikel ini, pasalnya pertanian berkaitan dengan urusan perut. Artinya apa ? Selama manusia butuh makan, selama itu pula bisnis pertanian akan selalu awet sepanjang masa.

Sudah banyak orang-orang terjun di bisnis pertanian dan tak sedikit yang sudah sukses. Nah anda pun mempunyai peluang yang sama untuk sukses. Kali ini giliran anda untuk sukses, jangan tunda-tunda lagi.

Oleh karena itu pada posting kali ini akan saya bagikan beberapa ide bisnis pertanian yang awet sepanjang masa, inspirasi bagi anda yang mau terjun dan sukses di bisnis pertanian, sekalipun saat ini anda pelajar atau mahasiswa.

Yuk sob simak daftar inspirasi ide bisnis pertanian di bawah ini siapa tahu ada yang cocok dengan anda.

1. BISNIS KIOS TOKO ALAT MESIN PERTANIAN
Semakin hari permintaan Alat dan Mesin Pertanian (ALSINTAN) semakin meningkat saja. Oleh karena program mekanisasi pertanian kian digalakkan oleh pemerintah. Sehingga bisnis toko alsintan ini menjadi sangat prospektif, apalagi di daerah anda masih belum ada yang menjalankannya, ya makin baguslah peluang anda.

2. BISNIS KIOS TOKO ATAU AGEN PUPUK BERSUBSIDI
Bisnis pupuk bersubsidi juga tak kalah menarik. Permintaan pupuk yang cenderung meningkat adalah salah satu faktornya. Banyak orang menjadi agen atau distributor pupuk bersubsidi karena berpotensi mendapatkan keuntungan yang besar.

3. BISNIS JUAL BENIH UNGGUL TANAMAN
Benih unggul adalah salah satu faktor penunjang keberhasilan usahatani. Benih unggul tanaman selalu diminati petani karena bisa meningkatkan hasil panen. Untuk melakukannya anda bisa bekerja sama dengan perusahaan produsen benih unggul sehingga dapat barang asli dan tercukupi ketersediannya.

4. BISNIS JUAL BENIH EKSOTIS
Benih eksotis adalah benih tanaman yang menarik dan umumnya masih jarang ditemui di pasar lokal. Tentu ini menarik minat masyarakat untuk menanamnya. Misal saja jenis cabai pelangi atau juga cabai terpedas di dunia, carolina reaper.

5. BISNIS TOKO ONLINE
Bisnis toko online saat ini sangat berkembang pesat. Kini apa saja bisa dijual lewat online, seperti via website (blog), instagram, facebook dan lain-lain. Barang pertanian apa saja bisa anda jual, pupuk, benih, alsintan dan itu tak memerlukan tempat besar sebagaimana toko offline.

6. BISNIS BIBIT TANAMAN BUAH
Hobi berkebun? Hobi anda akan jadi uang dengan cara menjual bibit tanaman buah. Lahan pembibitan mutlak harus anda miliki untuk meletakkan koleksi bibit anda. Bibit buah apa yang paling banyak dicari orang, bisa anda jual baik secara online maupun offline.

7. BISNIS BUNGA HIAS
Bunga hias adalah komoditas yang banyak diminati oleh masyarakat perkotaan untuk mempercantik taman di rumah mereka. Bunga hias contoh anggrek punya pecinta atau kolektornya sendiri-sendiri. Manfaatkan peluang ini untuk menciptakan penghasilan anda.

8. BISNIS PUPUK ORGANIK
Pupuk organik adalah pupuk yang dibuat dari bahan organik seperti pupuk kandang, pupuk hijau melalui proses fermentasi atau pengomposan. Pupuk organik saat ini menjadi kebutuhan utama petani untuk dasaran. Itulah mengapa bisnis pupuk organik menjadi bisnis yang sangat-sangat prospektif.

9. BISNIS MEDIA TANAM
Media tanam seperti kokopit, arang sekam atau juga pupuk kandang banyak dibutuhkan untuk usaha pembibitan ataupun untuk menanam di polibag atau pot. Permintaannya selalu ada. Permintaannya yang selalu ada ini tentu menjadi peluang bisnis yang menjanjikan bukan?

10. BISNIS PESTISIDA NABATI
Hal-hal yang berbau organik saat ini makin digemari masyarakat sehingga permintaannya pun meningkat. Termasuk pestisida organik. Anda pernah ikut pelatihan pestisida organik atau nabati? Atau bahkan anda berpengalaman membuat pestisida nabati? Kenapa tidak anda kembangkan sehingga menghasilkan pendapatan besar untuk anda?

11. BISNIS BUDIDAYA SAYURAN ORGANIK
Bisnis budidaya atau produksi sayuran organik saat ini semakin populer terutama banyak sekali peminatnya. Tidak adanya unsur pestisida atau pupuk kimia adalah faktor utama mengapa sayuran organik disukai. Karena itu pulalah harga sayur organik menjadi lebih mahal.

12. BISNIS TERNAK HEWAN PEDAGING
Bisnis hewan pedaging banyak sekali contohnya seperti bisnis ternak ayam kampung, bisnis ternak ayam potong, bisnis ternak bebek. Di mana nanti pasarnya nanti? Komoditas hewan pedaging nanti bisa anda pasarkan di pasar tradisional, supermarket ataupun langsung bermitra dengan restoran atau pelaku usaha rumah makan.

13. BISNIS TERNAK HEWAN PETELUR
Bisnis ternak hewan petelur hasilnya nanti diambil telurnya seperti ayam petelur, bebek, burung puyuh. Untuk memulainya anda bisa membeli indukan yang sudah siap akan bertelur.

14. BISNIS TANAM CABAI-CABAIAN
Cabai adalah salah satu komoditas yang selalu dibutuhkan sepanjang tahun oleh masyarakat Indonesia. Konsumsi rata-rata cabai masyarakat Indonesia cukup tinggi, jadinya permintaannya pun juga tinggi. Jenis cabai yang bisa anda tanam untuk bisnis cabai anda antara lain cabai rawit, besar, keriting atau paprika.

15. BISNIS TANAM SAYUR LALAPAN
Bisnis lalapan di Indonesia saat ini sangat menjamur, baik itu yang konsepnya street food atau ala restoran. Sayuran seperti timun, kubis atau kemangi adalah sayur yang selalu ada di menu lalapan. Nah, bisnis tanam sayur lalapan tentu masih sangat prospektif untuk memenuhi kebutuhan industri lalapan nasional.

16. BISNIS SAYUR HIDROPONIK
Bisnis sayur hidroponik adalah salah satu bisnis yang saat ini lagi tren, terutama di kalangan ibu-ibu di perkotaan. Alasan utama karena tidak memerlukan media tanah atau lahan yang luas untuk memulai berkebun. Di bisnis hidroponik ini anda cukup menyiapkan perangkat tanam hidroponik yang terdiri starter kit hidroponik, alat fertigasi, netpot, rockwool untuk media tanam serta pupuk AB mix.

17. BISNIS BUDIDAYA SAYURAN BERUMUR PENDEK
Sayuran berumur pendek ini diartikan sayuran yang sudah bisa panen saat umur 25-30 hari sejak tanam. Sayuran pendek ini umumnya cukup diambil daunnya untuk dikonsumsi. Contohnya bayam, kangkung, sawi, selada dan lainnya. Sayuran ini bisa anda tanam dengan sistem hidroponik, baik secara kimia atau organik.

18. BISNIS TERNAK IKAN UNTUK RUMAH MAKAN
Bisnis ternak ikan saat ini makin populer seiring meningkatnya konsumsi ikan oleh masyarakat. Bisnis ikan seperti ikan lele, nila, gurami, atau belut rasanya tidak ada matinya. Pasarnya bisa supermarket, pasar tradisional atau juga untuk memasok rumah makan.

19. BISNIS TANAM BUAH FAVORIT
Mempunyai tanah atau kebun yang cukup luas namun tak tertanami sepertinya cocok untuk bisnis tanam buah favorit. Di lahan tersebut bisa anda tanami pohon durian, jambu, mangga serta buah yang permintaannya besar serta mempunyai produktivitas panen yang besar pula.

20. BISNIS RUMAH BUAH DAN RUMAH SAYUR SEGAR
Bisnis rumah buah dan sayur segar ini bisa jadi pilihan anda terutama anda mempunyai lahan atau tempat yang strategis di keramaian. Bangun brand bisnis anda, sehingga anda menjadi pemasok buah dan sayur terkenal di kota anda. Buah dan sayur segar yang bisa anda jual seperti melon, semangka, timun, terong dan lainnnya.

21. BISNIS JUS BUAH SEGAR
Banyak yang meremehkan bisnis jus buah segar ini dan menganggap bisnis recehan. Padahal jika anda tahu omsetnya bisa sangat besar. Dalam bisnis itu tidak ada istilah recehan, selama omsetnya besar pasti untungnya juga besar. Tinggal bagaimana anda mengemas jus buah anda nampak berkelas, dengan harga terjangkau.

22. BISNIS REMPAH-REMPAH
Indonesia adalah penghasil rempah-rempah dunia seperti lada, pala, jahe, loas, kunyit. Produksi rempah untuk bahan obat herbal atau bumbu masakan stail dan cenderung selalu meningkat. Anda bisa jadi petani produsen, pedagang supplier atau pun pengolah rempah menjadi bumbu atau jamu tradisional dalam kemasan. Terserah anda saja.

23. BISNIS AGROWISATA
Bisnis agrowisata atau dengan tema sejenis saat ini makin populer dengan target pengunjung warga perkotaan. Banyak orang kota yang stess yang butuh piknik. Mereka larinya ke agrowisata. Jika anda punya kebun sayur, seperti stroberi atau jeruk bisa anda jadikan agrowisata.

24. BISNIS TOKO SEMBAKO
Bisnis toko sembako yang menyediakan kebutuhan pokok seperti beras (organik), jagung atau hasil pertanian lain saya pikir akan selalu ramai. Hal ini disebabkan kebutuhan makan manusia menyebabkan bisnis sembako ini awet sepanjang masa.

25. BISNIS KOPI KEMASAN, KOPI BUBUK
Punya keahlian mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk siap seduh? Kenapa tidak anda kembangkan menjadi bisnis kopi olahan. Anda bisa mulai mengolah lalu menjualnya dalam kemasan kecil, dengan rasa dan brand menarik tentu tak sulit bagi anda mendapatkan pelanggan setia.

26. BISNIS KOPI KAFE
Selain mengolah (roasting), keahlian lain bisnis kopi adalah menyajikan kopi (brewing) menjadi aneka macam jenis minuman berkelas, mulai dari espresso, capucino, gelato, machiato dan lain-lain. Dengan konsep kafe atau warkop, kaum muda atau pecinta kopi bisa jadi pasar yang potensi untuk bisnis kopi anda.

27. BISNIS AGROINDUSTRI (PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN)
Bisnis agroindustri atau pengolahan hasil pertanian ini, dari segi tingkat kesulitan tidaklah begitu sulit. Pun dari segi modal, untuk memulainya tidaklah membutuhkan modal yang besar. Anda hanya diminta untuk kreatif mengolah hasil pertanian menjadi produk yang bernilai tambah, contoh mengolah talas, singkong menjadi kripik yang enak.

28. BISNIS RUMAH MAKAN KHAS PEDESAAN, SAMBAL ATAU JAJANAN TRADISIONAL
Tak sedikit yang sukses dengan konsep ini, ada yang cuman bisnis jualan sambal tapi omsetnya ratusan juta tiap bulan. Sudah buka puluhan cabang di berbagai kota. Bayangkan berapa lowongan pekerjaan yang dia ciptakan. Keren sekali kan?

Nah sobat BT, itulah 28 inspirasi ide bisnis pertanian yang awet sepanjang masa versi belajartani.com.

Anda bisa memilih di bisnis mana anda akan sukses nanti. Ayo 2019 ganti status gaes, 2019 jadi pengusaha. 2019 sukses, bisa bisa bisa…!

Baca juga : Lowongan Kerja Pertanian yang Dicari Setiap Tahunnya

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥