Menu

Tertarik Bisnis Kopi ? Inilah Mesin atau Alat Kopi Yang Perlu Anda Siapkan

24/11/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Hallo sobat, apakah anda penggemar kopi? Tertarik Bisnis Kopi nggak? Jika iya maka anda membaca artikel yang tepat. Ya di artikel kali ini akan di bahas mesin atau alat kopi yang perlu anda siapkan jika terjun di bisnis kopi.

Saat ini industri dan bisnis kopi masih terkonsentrasi pada pengolahan biji kopi antara lain menjadi produk kopi sangrai (roasted coffee), kopi bubuk, kopi ekstrak, dan kopi rendah kafein.

Bisnis kopi dimulai oleh orang yang umumnya pecinta kopi. Mulai dari skala usaha yang masih kecil dan sederhana. Jika awalnya hanya sebagai penambah penghasilan, tak jarang yang pada akhirnya bisa sebagai sumber penghasilan utama.

Baca juga : 20 Fakta Kopi Luwak Indonesia [Pecinta Kopi Masuk]

Nah jika anda tertarik pada bisnis kopi, setidaknya anda perlu mengenal mesin atau alat kopi yang perlu dipersiapkan sebelum terjun di dalamnya. Mesin atau alat bisnis kopi apa saja yang anda perlukan?

#1. Mesin sangrai kopi (coffee roaster)

Mesin sangrai atau coffee roaster adalah mesin yang digunakan untuk me-roasting/membakar atau mengsangrai kopi setelah biji kopi (green bean) sudah dikumpulkan.

Proses sangrai adalah proses paling penting dalam semua jenis bisnis kopi, baik sekedar bisnis pengolahan biji kopi atau sampai turunannya. Roasting atau penyangraian adalah tahap penting dalam membentuk dan menciptakan cita rasa kopi yang nikmat.

Dalam bisnis kopi, mesin sangrai adalah mesin utama, dan membutuhkan investasi modal yang cukup besar untuk membelinya karena harga mesin yang cukup mahal.

Mesin sangrai saat ini sudah banyak jenisnya, dari sisi kecepatan, kapasitas, ataupun tampilan, selain harga tadi. Jika anda masih pemula anda bisa mencoba membeli mesin sangrai kapasitas kecil lebihdulu yakni 1-1,2 kg/batch.

Dengan mesin kapasitas kecil ini daya listrik yang dibutuhkan tak terlalu besar yakni 135 watt, dengan waktu pemanasan sekitar 10 menit dan kisaran waktu roasting 13-20 menit/batch. Seiring berkembangnya bisnis kopi anda, anda bisa membeli mesin dengan kapasitas yang jauh lebih besar lagi.

#2. Mesin penggiling kopi (coffee grinder)

Selanjutnya tahapan pengolahan kopi adalah, biji kopi yang sudah di roasting tadi masuk proses penggilingan atau grinding.

Dalam bisnis kopi, proses giling kopi digunakan mesin cofee grinder yang dalam prosesnya bisa menghasilkan bubuk kopi yang siap dikemas. Setelah dikemas, selanjtunya biji kopi sudah bisa anda pasarkan lewat berbagai media pemasaran, website, blog, atau pun medsos.

Seperti halnya mesin roster, coffee grinder jenis dan harga-nya variatif. Mana yang akan anda beli tergantung dengan kapasitas atau rencana bisnis anda kedepannya. Namun anda bisa mulai investasi mesin coffee grinder dengan kapasitas yang kecil dulu.

#3. Timbangan Digital (digital scale)

Timbangan adalah salah satu alat yang hampir ada dalam setiap jenis bisnis, termasuk bisnis kopi. Setalah biji kopi telah digiling dan menjadi pupuk, selanjutnya adalah ditimbang sebagaimana ukuran kemasan yang dikehendaki.

Dengan timbangan digital maka pengukuran berat bubuk kopi menjadi lebih akurat. Menggunakan sumber daya dari baterai, timbangan digital sudah mempunyai fitur auto zero yang dalam beberapa menit tidak digunakan akan mati sendiri.

#4. Mesin pengemas/packing (sealer)

Bubuk kopi yang sudah ditimbang kemudian masuk tahap pengemasan atau packing. Sebelumnya siapkan terlebih dulu, jenis kemasarn atau kantong yang anda inginkan.

Kemasan bisa dari plastik, aluminium foil, ataupun kertas atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Dan yang terpenting adalah brand anda yakni berupa logo atau gambar yang merepresentasikan bisnis anda.

Pengemasan bubuk kopi dilakukan dengan alat atau mesin yang disebut sealer. Cara kerja mesin ini adalah dengan memanaskan material kemasan sehingga dapat rekat. Maka dari itu mesin sealer ini hanya dapat digunakan hanya pada kemasan berbahan plastik atau aluminium foil.

Nah, bagi anda yang baru menekuni bisnis kopi khususnya dengan kapasitas produksi yang masih kecil, anda bisa membeli mesin sealer yang kecil dulu, yang harganya cukup terjangkau. Dengan kemasan yang menarik dan rapi maka produk bisnis kopi anda akan nampak profesional

Nah, untuk bisnis kopi berbasis pengolahan maka tahap pengemasan adalah tahap terakhir, selanjutnya anda tinggal memasarkan produk kopi bubuk kemasan yang telah anda produksi tadi.

Itulah alat atau mesin pokok yang setidaknya anda perlukan untuk bisnis kopi yang berbasis pada pengolahan biji kopi (green bean) menjadi bubuk kopi (coffee powder), yang selanjutnya berakhir pada pengemasan.

Bagaimana jika anda tak hanya berhenti pada pengolahan, namun pada penyajiannya juga? Nah pada bisnis kopi yang siap diminum ini anda membutuhkan beberapa mesin atau alat seduh kopi baik itu elektik ataupun yang manual.

Bisnis kopi umumnya menyediakan berbagai jenis varian kopi siap minum. Ada banyak jenis antara lain espresso, machiato, latte, cappucino, mocha dan lain-lain.

Dari beberapa jenis di atas, sebuah bisnis kopi paling tidak harus memiliki espresso sebagai menu utama, hal ini karena espresso adalah kopi murni.

Mesin pembuat kopi (espresso maker). Image source : pixabay

Espresso adalah kopi murni yang dibuat dengan cara menyemburkan air bertekanan tinggi (mendidih) sehingga dihasilkan ekstrak kopi yang kental, dan beraroma kuat. Sedang machiato, latte, cappucino, mocha adalah kopi yang sudah di-mix dengan susu.

Mesin atau alat kopi (coffee maker atau espresso maker) yang anda perlukan untuk penyeduhan (brewing) adalah sebagai berikut :

1#. Pour over atau dripper

Untuk menyeduh kopi dengan alat ini dimulai dengan cara menuangkan air panas di atas bubuk kopi yang ada dalam gelas kerucut yang telah diberi kertas filter (saringan).

Kemudian air kopi menetes ke bawah. Agar lebih merata, maka gerakkan ketel secara melingkar saat menuangkan air. Saat silinder penuh biarkan air menetes sampai habis, kemudian isi kembali.

2#. Moka pot

Moka pot, adalah alat seduh kopi manual yang paling populer yang banyak barista gunakan. Selain cara penggunaanya mudah, moka pot harganya juga terjangkau.

Moka pot terdiri dari 3 bagian yaitu bagian dasar untuk pengisian air, bagian filter untuk bubuk kopi serta bagian penyimpan untuk hasil kopi yang siap minum.

Cara kerja moka pot yaitu saat moka pot dipanaskan air akan naik ke atas melalui filter, dari filter inilah kita dapatkan kopi tanpa ampas.

3#. Siphon

Siphon adalah alat seduh manual yang digunakan untuk menghasilkan kopi tanpa ampas, dengan menggunakan dua bagian tabung yang mirip tabung kimia.

Di tengah dua tabung terdapat filter yang berfungsi untuk memisahkan kopi dan ampasnya. Tabung pada bagian bawah, berfungsi untuk menampung air sedang tabung bagian atas berfungsi menampung bubuk kopi.

Cara kerjanya dengan memanaskan tabung bawah sehingga uap air panas akan naik ke tabung atas dan bercampur dengan bubuk kopi, kemudian tinggal di aduk. Kemudian setelah rata, matikan kompor. Air kopi secara otomatis akan turun dari atas ke bawah.

4#. French press

French press adalah alat seduh kopi manual yang menggunakan plunger atau pendorong/penekan. Cara kerja french press cukup sederhana yakni saat bubuk kopi dan air panas bercampur, cukup ditekan ke bawah.

Maka akan dihasilkan kopi tanpa ampas karena pada plunger terdapat filter. Selain banyak dipakai bisnis kopi seperti kedai kopi atau kafe, french press juga  banyak dipakai oleh pecinta kopi rumahan karena harganya yang cukup terjangkau.

5#. Chemex

Chemex, salah satu jenis alat seduh kopi manual  yang berbentuk seperti buah labu. Hampir mirip dengan gelas ukur, namun memiliki “leher” gelas.

Cara kerja Chemex hampir sama dengan pour over atau dripper yakni sama-sama memakai kertas filter. Jadi untuk menggunakanya cukup menaruh bubuk kopi di atas kertas filter.

Di saat yang sama lakukan pemanasan air. Setelah mendidih masukkan ke corong gelas sampai bubuk kopi basah seluruhnya. Lakukan dengan gerakan memutar sehingga air kopi menetes ke bawah.

6#. Alat seduh kopi dingin (cold brewer)

Kopi dingin saat ini lagi jadi tren. Untuk membuatnya diperlukan alat penyeduh yang disebut cold brewer atau cold dripper.

Barista di Jepang. Image source : allabout-japan.com

Cold brewer perlu anda miliki jika anda ingin terjun bisnis kopi dingin. Berdasarkan cara kerjanya Cold brewer ada yang automatic (listrik) dan manual. Harganya bervariasi dari yang murah hingga mahal (jutaan).

Kopi dingin bisa anda sajikan dengan format bisnis kopi cafe, warung kopi, atau pun mobile coffe. Agar sukses di bisnis ini, anda juga perlu membuat kemasan yang menarik namun denga harga yang terjangkau bagi konsumen.

Baca juga : Membuat Kopi Luwak Sendiri Ternyata Mudah dan Simpel, Sob…!

Nah sobat BT, itulah mesin dan alat seduh kopi yang anda perlukan untuk bisnis kopi. Harga dari alat kopi atau mesin kopi di atas bervariasi mulai dari 100 ribuan hingga jutaan, tergantung speknya. Jadi untuk pemula anda bisa mulai membeli yang kapasitasnya sesuai dengan rencana keuangan anda.

Selain alat seduh di atas, maka peralatan dasar lain juga perlu anda lengkapi untuk bisnis kopi anda seperti pengaduk/sendok kayu (wooden spoon), filter kopi, ketel (kettle) serta gelas saji.

Membuka bisnis kopi semacam kedai kopi atau kafe terutama di wilayah pusat kota, sekitaran kampus sangat prospektif. Saat ini cafe menjadi tempat favorit anak muda untuk berkumpul berdiskusi sambil meminum kopi.

Dengan mesin dan alat kopi yang unik dan menarik tadi, bukan tidak mungkin akan semakin banyak orang yang tertarik untuk datang ke kafe atau kedai kopi milik anda.

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]