Ini Nih Mata Kuliah Yang Akan Dipelajari Mahasiswa Pertanian

45815 View

Ini Nih Mata Kuliah Yang Akan Dipelajari Mahasiswa Pertanian – Hallo sobat BT, di artikel kali ini saya akan berbagi informasi untuk anda semua tentang mata kuliah apa saja yang akan dipelajari mahasiswa pertanian di Indonesia.

Walau saya sudah lama lulus dari Fakultas Pertanian, (disingkat FAPERTA atau FP), tapi saya masih ingat materi atau mata kuliah yang dipelajari mahasiswa pertanian.

Tapi sebelum masuk ke bahasan mata kuliah apa saja yang dipelajari mahasiswa pertanian di FP, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan.

1. Di antara anda, anak, saudara, atau teman anda, ada nggak yang sekolah di SMA atau SMK pertanian?

2. Dan di antara mereka ada nggak yang ingin kuliah di Fakultas Pertanian?

3. Terakhir, anda sebagai petani, ingin tidak anaknya kuliah di Fakultas Pertanian? Paling tidak untuk meneruskan tradisi petani, hehe

Baca juga : Fakultas Pertanian Terbaik di Indonesia [Update 2020]

Nah, pertanyaan di atas jawabannya cukup di dalam hati saja ya. Walaupun saya tau kemungkinannya “kecil”. Kenapa kecil, mungkin anda semua sudah tahu, sebab saya pikir minat siswa SMA yang ingin masuk FP sangat sedikit.

Mata Kuliah Mahasiswa Pertanian
Mahasiswa pertanian Tokyo University of Agriculture. Image source : nodai.jp

Kebanyakan menjadi pilihan ke 2, alias sebagai alternatif jika pilihan pertama tidak masuk. Walaupun begitu tidak menutup kemungkinan, kuliah di FP menjadi cita-cita bagi sebagian siswa SMA khususnya SMK Pertanian, SMTA, SMTP atau lain-lain.

Saya sangat salut bagi mereka, siswa SMA (pertanian atau bukan), yang masuk Fakultas Pertanian sebagai pilihan pertama atas keinginannya sendiri.

Bagi anda calon mahasiswa pertanian, mungkin bertanya-tanya “Apasih yang dipelajari kalo nanti saya kuliah di Fakultas Pertanian?”

Mahasiswa Pertanian TUAT (Tokyo University of Agriculture and Technology). Image source: tuat.ac.jp

Di Indonesia ada banyak sekali kampus negeri top yang jadi tujuan utama calon mahasiswa pertanian untuk kuliah disana. Sebut saja IPB (Bogor), UB (Malang), UNEJ (Jember), UNPAD (Bandung), UGM (Yogjakarta) dan lain-lain adalah beberapa kampus yang terkenal bagus kampus pertaniannya.

Selanjutnya tinggal anda pilih, ke kampus mana anda akan belajar. Pertimbangkan dulu matang-matang akan berdomisili sementara dimana, selama proses belajar.

Sebab kota masing-masing kampus tersebut, memiliki biaya hidup yang besarnya berbeda-beda, misalnya biaya kost, atau harga makanan. Pastikan itu semua terjangkau bagi anda.

Fakultas Pertanian (FP) di seluruh universitas di Indonesia berdasarkan SK DIKTI, sejak tahun ajaran 1997/1998 sampai tahun ajaran 2007/2008 memiliki jurusan dan program studi sebagai berikut :

  1. Jurusan Budidaya pertanian (BP), program studi : agronomi, hortikultura, pemuliaan tanaman
  2. Jurusan Hama penyakit tanaman (HPT), program studi : ilmu hama penyakit tanaman
  3. Jurusan Tanah, program studi : ilmu tanah
  4. Jurusan Sosial ekonomi pertanian (SOSEK), program studi : sosial ekonomi pertanian/Agribinis

Namun sejak tahun ajaran 2008/2009, terjadi perubahan program studi (prodi) yakni :

  1. Jurusan Budidaya pertanian (BP), program studi : agroteknologi
  2. Jurusan Hama penyakit tanaman (HPT), program studi :  agroteknologi
  3. Jurusan Tanah, program studi : agroteknologi
  4. Jurusan Sosial ekonomi pertanian (SOSEK), program studi : agribinis

Perubahan nama program studi dari Ilmu Tanah, Budidaya Pertanian atau Ilmu Hama Penyakit menjadi Agroteknologi (agro-technology), atau Sosial Ekonomi menjadi Agribisnis (agri-business) ternyata membawa dampak positif.

Dampak positif yang langsung nampak yakni terjadi “ledakan” mahasiswa pada angkatan pertama Program Studi Agroteknologi/Agribisnis.

Temen saya rata-rata bilang mau masuk agroteknologi/agribisnis karena tertarik dengan namanya yang terdengar “keren”. Ya karena ada Embel-embel “teknologi” dan “bisnis” di 2 prodi tersebut. ahaha

Mahasiswa pertanian Tokyo University of Agriculture. Image source : nodai.jp

Beda sekali jika masih bernama Ilmu Tanah misalnya, jumlah mahasiswa satu angkatan jumlahnya hanya puluhan. Belum lagi jika terjadi eksodus, banyak yang ikut UMPTN/SNMPTN lagi,,bisa diitung jari itu…hihihi

Bact to topic, jadi untuk mahasiswa baru (maba) FP, ada 2 pilihan program studi (prodi) yakni Agroteknologi dan Agribisnis. Nanti semester 5 baru ambil peminatan jurusan.

Untuk mahasiswa agroteknologi memilih peminatan (spesialisasi) jurusan budidaya pertanian, hama penyakit tanaman, atau jurusan tanah, sedangkan mahasiswa agribisnis secara otomatis masuk jurusan sosial ekonomi pertanian (sosek).

Mata kuliah yang dipelajari di Prodi Agroteknologi

Mata kuliah Umum Prodi Agroteknologi

  1. Agriculture sains (agriculture science)
  2. Agronomi-klimatologi (agronomy-climatology)
  3. Pancasila dan kewarganegaraan (pancasila and citizenship)
  4. Agama (religion)
  5. Statistika (statistics)
  6. Dasar ilmu tanaman (basic of plant science)
  7. Dasar genetika (basic of genetics)
  8. Dasar ilmu hama penyakit tanaman (HPT)-(basic of pest and disease)
  9. Dasar teknologi produksi tanaman (basic of technology of crop production)
  10. Dasar teknologi benih (basic of seed technology)
    Bagikan Artikel Ini Bosque, Thanks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *