Menu

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Me-Roasting (Sangrai) Kopi

29/11/2018 | Holtikultura

Belajartani.com – Hallo sobat BT, di sini akan saya bagikan tips bagaimana cara me-roasting (sangrai) kopi dengan baik. Bukan berarti disini saya sudah jago, karena yang saya bagikan hanya sekedar pengetahuan dan informasi berdasarkan infomasi dari majalah atau koran yang saya baca.

Dari segi pengalaman, saya tidak lah seberapa. Jadi namanya pengetahuan sapa tahu bermanfaat buat sobat BT semua. Jadi saya tidak akan memaksa sobat BT semua untuk membaca terus artikel ini atau memutuskan berhenti.

Saya tidak ingin berdebat dengan anda tentang apakah saya sudah berpengalaman dalam merosting kopi ini. Jadi sekali lagi saya bukanlah profesional di perkopian, namun saya bisa sedikit saja.

Baca juga : Tertarik Bisnis Kopi ? Inilah Mesin atau Alat Kopi Yang Perlu Anda Siapkan

Sebetulnya dengan kemajuan teknologi alat dan mesin roasting kopi terutama yang elektronic atau automatic, siapapun bisa jadi calon barista hebat, dan menciptakan biji kopi hasil roasting dengan baik.

Untuk menghasilkan kopi roasting yang baik yakni yang beraroma nikmat dan rasa yang khas, ada hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :

Waktu sangrai, waktu sangrai umumnya berkisar antara 10-15 menit tergantung tingkat sangrai sangrai yang diinginkan serta kadar air biji kopi.

Suhu, kisaran suhu ideal untuk penyangraian adalah 195-205 derajat celsius. Suhu 190-195 derajat celsius untuk tingkat sangrai ringan (biji kopi bewarna coklat muda), suhu 200-205 derajat celsius untuk tingkat sangrai sedang (biji kopi coklat tua) serta suhu di atas 205 derajat celsius untuk tingkat sangrai maksimum (biji kopi coklat tua kehitaman).

Penggunaan alat bantu, gunakan sendok atau alat bantu sangrai yang tujuannya agar biji kopi tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Sehingga dapat menghindari kontaminasi bakteri atau jamur. Kontaminasi mikroorganisme dapat menurunkan kualitas kopi yang telah disangrai (roasted coffee beans).

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan saat me-roasting atau menyangrai kopi. Tahap sangrai atau roasting adalah tahap paling penting dalam proses pengolahan biji kopi.

Semoga informasi singkat ini bermanfat untuk anda semua. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]