Menu

20 Fakta Kopi Luwak Indonesia [Pecinta Kopi Masuk]

15/11/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Berbicara tentang kopi (coffee), siapa sih yang nggak kenal kopi? Saya pikir hampir setiap orang mengenal dan pernah mengkonsumsinya, termasuk petani Indonesia.

Di Indonesia, budaya ngopi cukup kental.  Kopi sangat lekat dengan aktivitas sehari-hari masyarakat Indonesia,  hampir semua kalangan minum kopi, baik itu di desa maupun di kota. Saking senangnya ngopi sampai-sampai permen pun banyak yang rasa kopi. Hehehe

Di dunia ini ada 3 jenis kopi yang ditanam yaitu Robusta, Liberika dan Arabika. Namun jenis Arabika-lah yang paling banyak digemari karenanya cita rasanya yang khas, yakni seperti ada asam-asamnya gitu.

Indonesia adalah produsen kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan Vietnam, yang penanamannya tersebar di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Kopi Indonesia banyak yang terkenal di berbagai negara di dunia dan masuk kelas premium dan sejajar dengan kopi-kopi kelas premium dari negara lain.

Beberapa diantaranya adalah kopi Gayo Aceh (Gayo coffee), kopi Toraja Sulawesi(Toraja coffee), kopi Java Jawa Timur (Java coffee) serta kopi Luwak (Luwak Coffee).

Nah, kali ini belajartani.com, akan bagikan fakta-fakta seputar kopi luwak Indonesia.

#1. Luwak (civet) istilah lain musang, jadi kopi luwak adalah kopi yang berasal dari biji kopi yang dimakan oleh luwak (musang) yang keluar bersama kotoran, dalam kondisi biji kopi masih terbungkus kulit tanduk serta jika ditanam masih bisa tumbuh kembali.

#2. Fakta walau keluar bersama kotoran luwak, biji kopi luwak memiliki aroma dan cita rasa khas istimewa dan sangat nikmat.

#3. Fakta kopi luwak memiliki banyak keistimewaan yang tidak ada pada jenis kopi lain yaitu low cafein (rendah kafein), low acidity (rendah kandungan kadar asam), low fat (rendah lemak), low bitter (rendah rasa pahit).

#4. Fakta kopi luwak aman untuk kesehatan larena tidak memakai pestisida, pupuk kimia atau pun zat kimia pengatur tumbuh.

#5. Fakta kopi luwak aman dikonsumsi oleh pecinta kopi yang bermasalah dengan jantung dan lambung.

#6. Fakta kopi luwak bermanfaat mencegah penyakit saraf, dengan kandungan antioksidan yang tinggi mencegah tubuh dari kerusakan sel.

#7. Fakta kopi luwak jenisnya ada 2 macam, kopi luwak Robusta dan kopi luwak Arabika.

#8. Fakta kopi luwak Arabika yang ditanam di dataran tinggi 1000-1200 mdpl mempunyai kualitas biji, aroma dan cita rasa yang lebih baik dibandingkan kopi luwak Robusta

#9. Fakta pusat produksi kopi luwak di Indonesia ada di pulau Sumatra dan Jawa, antara lain Gayo Aceh, SUMUT, SUMSEL, LAMPUNG, Jawa Barat dan Jawa Timur.

#10. Fakta kopi luwak adalah kopi termahal di dunia, yang harga 1 kg nya mencapai 1-5 juta rupiah (tergantung brand-nya udah terkenal belum).

#11. Bersama Brazil dan Vietnam, Indonesia merupakan penghasil kopi luwak terbesar dan terbaik dunia.

#12. Fakta kopi luwak adalah kopi terbaik dan termahal nomor 1 di dunia yang tercatat dalam buku Guinness Book of Record sebagai The 1st Excellent & Most Expensive Coffee in the World.

#13. Sebagai salah satu kopi ternikmat di dunia, kopi luwak indonesia pernah tampil pada acara Oprah Winfreh, acara reality show yang paling hits di seluruh dunia.

#14. Cita rasa dan aroma nikmat kopi luwak disebabkan oleh proses fermentasi selama dalam perut luwak atau musang yang ada enzim karboksi peptidase, amino peptidase dan peptidase yang ternyata dapat meningkatkan cita rasa kopi.

#15. Terdapat 2 jenis musang atau luwak yang membantu pembuatan kopi luwak yaitu Musang Bulan (Tilu) dan Musang Binturung (Musang Molen).

#16. Musang bulan atau musang tilu ini berbulu hitam di pipi dan ujung buntutnya berbulu putih. Fakta tentang musang bulan yaitu memiliki kemampuan mencium dan memilih biji kopi masak mulai umur 3 tahun.

#17. Musang Binturung atau musang molen memiliki bulu hitam polos tanpa ada bulu putih di muka/pipinya dan tanpa ada bulu putih di ujung buntutnya, dan kepala kecil. Memiliki kemampuan mencium dan memilik biji kopi masak mulai umur 12 tahun.

#18. Musang atau luwak semakin sedikit populasinya, sebab banyak diburu. Oleh sebab itu musang untuk pembuatan kopi luwak saat ini dipelihara/ditangkar.

#19. Bagaimana hukum konsumsi kopi luwak?  Fakta hukum kopi luwak berdasarkan fatwa MUI adalah halal.

#20. Kopi luwak meskipun keluar bersama kotoran namun ia bukan barang najis, tapi barang terkena najis (mutanajjis), jadi setelah dibersihkan, hukumnya boleh dan halal untuk dikonsumsi.

Wanita Jepang pecinta kopi. Image source: japantimes.co.jp

[Disclaimer: materi dan konten artikel “20 Fakta Kopi Luwak Indonesia” ini banyak mengutip dari Majalah Warta Ekspor, Kemendag]

Baca juga : 9 Komoditas Unggulan Perkebunan Indonesia yang Dikenal Pasar Dunia

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]