bt
Menu

Membuat Kopi Luwak Sendiri Ternyata Mudah dan Simpel, Sob…!

16/11/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Kopi luwak awalnya terbentuk secara alami yakni dari biji kopi yang sudah masak dimakan oleh luwak atau musang. Luwak dikenal punya kemampuan mencium buah kopi terutama yang aromanya harum.

Nah, kisahnya berawal di suatu hari ternyata dari kotoran luwak yang tercecer di kebun kopi ditemukan biji kopi utuh. Ternyata hanya kulit saja yang dimakan, sedang biji kopinya masih utuh dan jika ditanam masih bisa tumbuh.

Lalu iseng-iseng diolah, diproses dan disajikan kopi yang ditemukan di kotoran dan feses luwak tadi. Tak disangka-sangka, rupanya rasa kopi tadi luar biasa nikmat.

Baca juga : 20 Fakta Kopi Luwak Indonesia [Pecinta Kopi Masuk]

Akhirnya banyak pekebun yang kemudian mencari di setiap sudut kebun kopi, barangkali ditemukan kopi semacam tadi. Sapa tau bisa temukan lebih banyak lagi kopi nikmat dari bekas kotoran luwak. Begitu pikir mereka.

Mengambil kopi luwak alami. image source : omahkopiluwak.com

Kopi yang awalnya diambil dari kotoran luwak nyatanya kini menjadi kopi terbaik, termahal dan ternikmat di dunia, ya begitulah kira-kira awal mula kisah kopi luwak yang mendunia.

Kini dengan semakin banyaknya penggemar kopi luwak, permintaan kopi luwak meningkat tajam…! Walau harganya mahal, namun itu bukanlah masalah bagi pecinta kopi luwak sejati.

Lain dulu lain sekarang, kalo kopi luwak dulunya dibuat secara alami. Saat ini kopi luwak dibuat dengan cara penangkaran kopi luwak. Penasaran kan bagaimana cara membuat kopi luwak sendiri secara mudah dan sederhana?

Yuk sob, simak langkah-langkah pembuatan kopi luwak berikut, sapa tau anda nati berminat menekuni bisnis kopi luwak ini…!

Syarat pertama yang harus anda miliki adalah anda punya luwak atau musang plus kandangnya, lo yaa hehe.  

Membuat kopi luwak sendiri. image source: shutterstock.com

Saat ini, kalo tidak salah, untuk memelihara hewan langka anda harus punya izin semacam surat izin gitu, biar nanti tidak ditangkap polisi hehe

Kedua adalah anda mempunyai buah kopi masak (bewarna merah), syukur-syukur anda juga sudah punya kebun kopinya juga (Aaaamiiin ya Allah…)

Oke, sekarang syarat-syaratnya sudah lengkap (kayak mau ngurus dokumen di kelurahan saja…hahaha). Kita lanjut ke teknis pembuatan kopi luwaknya.

#1. Petik kopi yang sudah benar-benar masak/matang (bewarna merah).

#2. Berikan buah kopi tadi ke musang yang dipelihara dalam kandang. Pemberian buah kopi dilakukan pada malam hari. Musang akan memakan buah kopi dan hanya bagian daging buah kopi saja yang dicerna.

Pada siang hari, berikan makanan tambahan dan suplemen pada musang berupa ayam, buah-buahan atau sayur-sayuran. 

Musang lalu mengeluarkan feces biji kopi dalam keadaan utuh, yang aroma dan warna biji kopinya secara fisik beda dengan kopi lain, yakni bewarna kuning dan harum baunya.

Gambar luwak mengeluarkan feses yang telah terfermentasi. image source : belgeselciweb.com

#3. Selanjutnya biji kopi yang tercampur feses tadi, pisahkan dan bersihkan, kemudian jemur hingga kering.

#4. Kemudian proses sebagaimana kopi lainnya, dan jadilah kopi luwak yang mahal harganya, terbaik dan ternikmat rasanya.

Bagikan ke teman anda :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥