bt
Menu

5 Hal Yang Hanya Ditemui Di Desa Dan Tidak Ada Di Kota

02/03/2019 | Kolom Opini

Belajartani.com – Hallo sobat BT semua, apa kabar nih? Semoga kita semua dalam keadaan baik-baik saja, sehat jasmani sehat rohani dan terpenting sehat kantongnya juga ya..hehe

Nah sobat BT, kali ini saya akan share artikel tentang 5 hal yang hanya ditemui di desa dan tidak ada di kota. Setelah hampir sebulan ini vakum posting artikel baru.

Sebenarnya bukan vakum sih, karena 1 bulan ini saya sedang membangun website baru, bedanya dengan belajartani.com, website baru saya pake bahasa inggris.

Sebagai seorang yang hobi menulis, tentu banyak yang hal yang bisa ditulis dan kita bagikan untuk orang lain supaya membawa kemanfaatan.

Apa sih yang didapat dari seorang blogger, sampai dibelain repot-repot bikin artikel termasuk admin belajartani.com? Sederhana saja, karena ada semacam rasa bangga saat tulisan kita banyak dibaca orang lain, apalagi sampai di like dan di share.

Nah, jika konten atau isi artikel bisa memberikan manfaat bagi sobat BT, bisa menyelesaikan masalah anda, tentu akan banyak pahala yang admin belajartani.com dapatkan.

Terakhir, ada pemasukan tambahan dari iklan yang meski jumlahnya belum sebanyak penghasilan di dunia nyata, tapi lumayanlah bisa buat beli paketan internet..hehehe.

Kembali ke laptop (pake gaya Tukul Arwana), balik lagi ke topik utama kita tentang hal-hal yang hanya ditemui di desa dan tidak ada di kota.

Pengertian desa dan kota disini saya anggap sobat BT sudah tahu semua, jadi disini saya nggak akan membahas definisi atau arti dari kata desa ataupun kota. Well, inilah 5 hal yang hanya ditemui di desa dan tidak ada di kota, cekidot…!

1. Udara sejuk

Udara di perkotaan penuh dengan polusi asap. Source : pixabay.com

Udara sejuk menjadi barang langka di kota. Banyaknya kendaraan dan pabrik mengakibatkan asap tebal dan mencemari udara. Nah, kalo di desa, udara sejuk, segar dan mengandung banyak oksigen bisa kamu dapatkan setiap hari dan setiap saat.

Itulah mengapa banyak orang kota kalo berlibur di desa karena udara segar di desa bisa menyegarkan pikiran orang kota yang lagi stress karena pekerjaan.

2. Air sungai bersih

Air sungai bersih untuk mandi dan mencuci. Source : pixabay.com

Sungai yang air nya bersih sangat jarang bisa ditemui di perkotaan. Perilaku industri atau pabrik membuah limbah sembarangan membuat air sungai rusak dan tidak bisa dikonsumsi. Jangankan dikonsumsi, saking banyaknya zat kimia jika terkena kulit bisa menyebabkan gatal-gatal.

Beda dengan di desa, air sungai yang bersih, bening dan segar masih bisa ditemukan. Oleh karena itu banyak penduduk desa termasuk gadis desa yang mencuci pakaian, bahkan mandi di sungai.

Makanya jangan heran kalo orang kota kalo ke desa pasti main di sungai. Haha..bukan karena ada gadis desa yang mandi disana loh, tapi karena air sungainya yang masih bersih dan jernih.

3. Pemandangan alam hijau nan indah

Pemandangan hijau sawah di pedesaan Bali. Source : pixabay.com

Di kota untuk mencari ruang hijau segar sangatlah sulit. Tak semua kota memiliki hutan kota atau ruang terbuka hijau. Semuanya kalah dengan proyek gedung bertingkat. Ya, di kota anda akan banyak menemui “hutan beton” yang dulunya adalah kawasan pertanian.

Nah, kalo di desa, hutan produksi ataupun tanaman perkebunan macam karet atau sengon milik Perhutani mudah anda temui. Selain itu hamparan sawah dan tanaman horti yang hijau juga sangat mudah sekali ditemui.

4. Suasana gotong royong

Suasana gotong royong masyarakat pedesaan. Source : pixabay.com

Suasana gotong royong di desa masih sangat kental. Hal ini bisa kita lihat saat ada penduduk desa yang membuat rumah, maka tetangganya akan dengan senang hati membantu mendirikannya. Contoh lain jika di suatu desa penduduknya banyak yang menganggur, maka petani kaya di sana sudah pasti memberdayakan dan mempekerjakan di usaha tani miliknya.

Beda sekali dengan kota, yang penduduknya hidup individulis atau sendiri-sendiri. Tak peduli dengan kondisi tetangganya yang kesusahan. Bahkan di perumahan tak jarang tetangganya meninggal, dia tidak tahu..woahaha.

5. Ketenangan

Suasana tenang di desa. Source : pixabay.com

Saat ini rupanya banyak orang kaya yang invest tanah dan rumah di pedesaan. Kebetulan harga tanah di desa tak bikin jebol kantong haha. Nah, seringkali tuh dalam sebulan, mereka datang mengunjungi rumahnya yang berada di pedesaan.

Rupanya orang kota ini sedang mencari ketenangan. Wajahnya yang kusam dan murung saat datang, berubah begitu ia hendak pulang meninggalkan desa. Wajahnya nampak cerah dan ceria.

Di desa suasananya memang jauh lebih tenang, jauh dari hiruk pikuk lalu lintas yang padat. Di desa pun ada namun intensitasnya tak seramai di kota.

Saat malam tiba, suasana bisa sangat sepi, hanya ada suara kodok dan jangkrik. Namun bagi kebanyakan orang kota, suasana inilah yang sangat sulit ditemukan.

Oleh sebab itu orang kota pergi travelling ke desa untuk mencari suasana tenang, baik untuk merenung instrospeksi diri, ataupun untuk melepas penat dan lelah pikir. Termasuk saya saat ini suka sama suasana desa, dan suka travelling ke agrowisata di pedesaan.

Makanya tak heran saat ini, di desa banyak bermunculan desa wisata, rest area ataupun cafe-cafe di area pedesaan yang sanggup mendatangkan visitor tourist atau backpacker dari kota.

Baca juga : Urban Farming : Siapapun Dimanapun Bisa Jadi Petani

Nah, sobat BT sampai disini bahasan tentang 5 hal yang hanya ditemui di desa dan tidak ada di kota. Semoga bisa jadi inspirasi bagi anda semua.

Jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat dan teman anda yang lain ya. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat
BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]