10+ Pertanyaan Mengenai Pertanian Arab Saudi yang Sering Ditanyakan ke Mbah Google

Arab Saudi – atau dikenal dengan Kingdom of Saudi Arabia disingkat KSA, merupakan salah satu negara yang berada di Kawasan Timur Tengah.

Nama Arab Saudi akhir-akhir ini semakin trending di banyak sosial media seperti Instagram dan Twitter serta di Google Trend, sejak kedatangan legenda sepak bola dunia Cristiano Ronaldo ke salah satu klub bola yaitu Al-Nasr FC.

Hebatnya lagi, banyak pemain liga top Eropa seperti Karim Benzema, Sadio Mane, Neymar Jr dan puluhan lainnya mengikuti jejak CR7 yang baru saja membawa Al-Nasr juara Liga Champions Arab untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Tentu semakin menarik untuk disimak, karena banyak yang memprediksi liga Arab akan masuk 5 besar liga dunia dan bisa menyaingi klub-klub Eropa.

Bukan tanpa alasan, karena diprediksi gelombang perpindahan pemain dari Eropa ke liga Arab akan terus berlanjut.

Nah, selain soal sepak bola Arab yang trending, pertanian di Arab Saudi juga tak kalah trending loh.

Rekomendasi :  Inilah Peralatan Usaha Kopi, Siapkan Jika Mau Bisnis Kopi !

Oke, sebagaimana judul kali ini kita bahas pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai pertanian Arab Saudi. CEkidot… !

Apa tanaman pertanian utama di KSA ?

Panen tomat di lahan Al Faw, KSA. Image source : IG geosteinmetz

Tanaman pertanian utama yang dibudidayakan di KSA yaitu kurma, gandum, sorgum, barley, millet, terong, kentang, tomat, semangka, mentimun, bawang Bombay, jeruk, anggur dan alfalfa (mordorintelligence.com).

Di daerah mana di KSA yang cocok untuk lahan pertanian ?

Sebagian besar lahan pertanian di KSA di tanam di wilayah barat daya negara karena memiliki curah hujan yang cukup, serta di sekitar oasis yang memiliki cukup air untuk irigasi (nationsencyclopedia.com).

Saat musim dingin yang basah biasanya ditanam tanaman tadah hujan seperti gandum, barley, polong-polongan, zaitun, anggur, buah-buahan dan sayuran.

Sementara saat musim panas, berbagai jenis tanaman subtropis termasuk buah dan sayuran ditanam di daerah dengan irigasi yang memadai (fao.org).

Teknologi pertanian apa yang digunakan di KSA ?

Arab Saudi diketahui telah mengembangkan berbagai jenis teknologi pertanian modern untuk meningkatkan hasil panen mereka.

Teknologi pertanian modern yang digunakan antara lain drone pertanian, robot pertanian dalam greenhouse modern, serta teknologi sensor dan perangkat lunak untuk mengontrol pertanian agar semakin presisi dan efisien (saudi-agriculture.com).

Apakah padi tumbuh di KSA ?

Rekomendasi :  Dengan Teknologi Irigasi Poros Tengah, Gurun Disulap Jadi Produktif
Tanam padi di oasis Al Ahsa, Arab Saudi. Image source : alarabiya.net

Tidak hanya sekedar tumbuh, bahkan pada tahun 2021 KSA berhasil memanen sebanyak 814 ton beras (knoema.com). Padi ditanam di Oasis Al-Ahsa, yang merupakan oasis terbesar di dunia (wikipedia.org).

Apakah KSA memiliki sungai ?

Bersama dengan 19 negara lain di dunia, Arab Saudi tidak memilki Sungai permanen, namun lembah yang teraliri air saat musim hujan.

Dari mana sumber air pertanian di KSA ?

Sumber air Arab Saudi yaitu air tanah, air permukaan, air daur ulang, desalinasi air laut dan teknologi cloud seeding.

Dari atas ketinggian, nampak crop circle apakah itu ?

Irigasi poros tengah di Saudi Arabia dilihat dari satelit Landsat. Image source : nasa.gov

Lingkaran yang merupakan salah satu bentuk crop circle tersebut sebenarnya adalah lingkaran berbagai jenis vegetasi atau komoditas pertanian antara lain kentang, alfalfa, gandum dan lain-lain, memiliki diameter antara 300-500 meter.

Apa sistem pengairan pada lahan berbentuk lingkaran tersebut?

Panen tomat di lahan Al Faw, KSA. Image source : IG geosteinmetz

Sistem pengairan yang digunakan di areal berbentuk lingkaran tersebut yaitu menggunakan sistem irigasi poros tengah (center pivot irrigation system), yang menggunakan air bawah tanah sebagai sumber airnya.

Apakah dampak penggunaan air tanah berlebihan di KSA ?

Ya, akibat hal tersebut menyebabkan penipisan air bawah tanahnya, yang diperkirakan cadangan airnya hanya bertahan 50 tahun saja.

Sehingga KSA membeli lahan pertanian di luar negeri seperti di Amerika Serikat, Argentina, Indonesia, Afrika dan Thailand (wikipedia.org).

Rekomendasi :  Inilah Sebabnya Kenapa Perangkap Hama Trips Dan Kutu-Kutuan Pakai Warna Kuning !

Apakah KSA sudah mampu swasembada pangan ?

Arab Saudi sebagai negara gurun tapi mampu swasembada beberapa jenis sayuran dan buah antara lain kurma, tin, kacang-kacangan dan terong.

Apakah KSA merupakan eksportir kurma dunia ?

Arab Saudi menjadi eksportir kurma nomor 2 terbesar dunia setelah negara Mesir.

Buah apa yang paling mahal di KSA ?

Kurma Ajwa merupakan varietas buah kurma termahal di dunia, dan dibudidayakan dalam jumlah terbatas secara ekslusif di Madinah (bateel.com).

Apa masalah pertanian di KSA ?

Berkurangnya lahan subur, menipisnya cadangan air tanah, cuaca yang sangat ekstrim, serta memburuknya kondisi lingkungan sebagai akibat penggunaan pupuk dan pestisida kimia yang tinggi (globalmonitor.us).

Apa masalah pangan di KSA ?

Sebagai negara yang memiliki lahan subur yang terbatas serta sumber daya air yang langka, ironisnya Arab Saudi masuk sebagai peringkat atas negara pemboros makanan yaitu 427 kg makanan terbuang per kapita per tahun (ncbi.nlm.nih.gov).

Apa nama kementerian yang menangani pertanian di KSA ?

Kementerian Pertanian KSA. Image source : nearme.sa

Sektor pertanian dan peternakan di KSA ditangani oleh Kementerian Lingkungan, Air dan Pertanian Arab Saudi.

Dalam Bahasa Inggris : Ministry of Environment, Water and Agriculture, serta dalam Bahasa Arab : Wuzarah al-Bi’ah wal-Ma’ waz-Zira’ah as-Su’udiyyah.

Share, jika konten ini bermanfaat !

Artikel Terkait

About the Author: Insan Cita

Insan Cita, founder & owner BelajarTani.com - Alumnus FP - Bekerja di agriculture corp - Hobi ngeblog & berkebun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *