Menu

Kapan Waktu Tanam Cabai Yang Tepat ?

11/11/2018 | Holtikultura

Belajartani.com – Kapan waktu tanam cabai yang tepat? Inilah pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh petani cabai. Pasalnya waktu tanam cabai petani berbeda-beda satu sama lain.

Pemilihan waktu tanam cabai adalah sesuatu yang sangat penting. Sukses tidaknya budidaya atau usahatani cabai seringkali ditentukan juga oleh pemilihan waktu tanam yang tepat.

Pertimbangan dalam memilih waktu tanam ada kaitannya dengan ketersediaan air, serangan hama penyakit serta kondisi pasar (harga).

Secara umum waktu tanam cabai adalah berdasarkan musim, yaitu musim hujan atau musim kemarau. Tentunya masing-masing musim tanam memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

TANAM CABAI DI MUSIM HUJAN

Pada beberapa daerah atau lokasi ada yang memulai menanam cabai di awal musim hujan. Hal ini dikarenakan lokasi lahan tersebut susah air atau bahkan tidak memiliki sumber air.

Jenis lahan yang biasa mulai tanam cabai di musim hujan adalah lahan tegalan. Biasanya menjelang musim hujan, persiapan tanam berupa olah tanah sudah dilakukan. Selanjutnya tinggal menunggu datangnya hujan baru dilakukan penanaman.

Menanam di musim hujan, sebenarnya bukan tanpa resiko. Hal ini disebabkan akan terdapat kendala-kendala seperti serangan penyakit terutama layu, angin kencang yang berpotensi merusak tanaman serta potensi gagalnya penyerbukan.

Namun, anda jangan kawatir, anda bisa membaca artikel berikut ini untuk mnegantisipasi potensi yang timbul saat menanam cabai di musim hujan.

Baca juga :

TANAM CABAI DI MUSIM KEMARAU

Sama hal-nya menanam cabai di musim hujan, menanam cabai di musim kemarau juga terdapat beberapa kendala antara lain kendala kekeringan, ledakan hama serta serangan virus yang dahsyat.

Terdengar seperti mengerikan memang, namun ini adalah fakta. Terutama saat ini hama sudah semakin kebal dan susah dikendalikan.

Menanam cabai di musim kemarau biasanya dilakukan pada sawah dengan irigasi teknis. Jadi walaupun nantinya kondisi cuaca panas, namun tanaman cabai masih memperoleh supai air yang cukup.

Baca juga : 

Jadi, sebelum memutuskan akan tanam cabai di musim kemarau atau musim hujan, coba lihat apakah sudah sesuai kondisi lahan anda agar tanaman cabai bisa tumbuh baik kemudian bisa panen optimal/maksimal.

Terakhir, jangan lupa berdoa semoga harga cabai baik dan stabil saat panen nanti, dengan demikian anda mendapatkan keuntungan besar.

Baca juga : Plis Jangan Sekedar Tanam, Jika Ingin Panen Optimal

Bagikan ke teman anda :
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]