bt
Menu

Hal-hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Tanam Cabai

23/01/2019 | Holtikultura

Belajartani.com – Hallo sobat BT, bagi anda petani cabai tentu pernah mengalami kegagalan saat pertama kali menanam cabai. Hal tersebut sangatlah wajar mengingat menanam cabai cukup komplek tantangan yang dihadapi.

Menanam cabai tak seperti menanam sayuran daun yang umur 1 bulan sudah bisa dipanen. Jadi untuk memperkecil potensi gagal, anda perlu mempersiapkan dengan baik segala hal sebelum menanam cabai.

Hal-hal apa yang perlu dipersiapkan sebelum menanam cabai?

Artikel tentang cara menanam cabai dari tahapan awal sampai panen sudah pernah kami posting dan bisa anda cari di blog ini. Anda bisa cari di kolom search. Atau juga gooling dengan ketik “panduan lengkap cara menanam cabai, belajartani”.

Nah bagi anda yang baru akan menanam cabai, belajartani.com, kali ini akan berikan sedikit gambaran mengenai hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum anda menanam cabai.

#1. Modal
Modal, digunakan untuk membiayai usahatani antara lain membeli Sarana Produksi (SAPRODI) dan Alat Mesin Pertanian (ALSINTAN) mulai dari benih, pupuk, mulsa dan pestisida, serta untuk membayar upah tenaga kerja seperti upah tenaga olah tanah, penyiangan, irigasi, penyemprotan dan lain-lain.

#2. Lahan yang baik
Seperti apa itu lahan yang baik untuk tanaman cabai? Lahan baik adalah lahan yang bukan bekas tanaman famili terong-terongan (solanaceae) seperti terong, tomat. Lahan tidak endemik penyakit seperti layu, memiliki akses sinar matahari langsung, serta memiliki sumber air yang mudah.

#3. Benih unggul
Carilah benih cabai unggul yang secara genetik toleran terhadap layu, virus, mempunyai produktivitas tinggi serta sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pasar. Jangan menanam jenis cabai yang tidak diminati pasar, karena panenan cabai anda tidak laku nanti.

#4. Pupuk dasar
Pupuk dasar seperti kompos perlu dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Untuk dasaran perlu ditambahkan kapur pertanian atau dolomit yang tujuannya agar pH tanah tidak terlalu asam, dan bisa mencapai pH optimum cabai yakni 5,5-6,5.

#5. Pupuk Susulan
Pupuk susulan cabai digunakan untuk membantu pertumbuhan cabai, serta meningkatkan kualitas hasil panen. Pupuk susulan cabai yang biasa digunakan pupuk ZA, NPK, SP36, ZK, KNO3, MKP dan lain-lain.

#6. Agrochem (Pestisida)
Siapkan pestisida untuk pengendalian hama penyakit utama cabai, insektisida untuk pengendalian hama trips, kutu kebul, lalat buah dan lain-lain. Fungisida untuk pengendalian penyakit seperti antraknosa, penyakit embun tepung, bercak daun. Serta herbisida jika diperlukan untuk penyiangan.

#7. Lain-lain
Selain poin-poin di atas, hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah lanjaran, mulsa serta alat semprot (knapsack) jika memang belum punya.

Demikianlah sobat BT, hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum anda tanam cabai. Menanam cabai itu gampang-gampang susah kok. Akan menjadi gampang jika teknik budidaya-nya anda kuasai dan anda praktekkan sendiri.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai [Petani Pemula Masuk]

Semoga artikel ini bermanfaat. Jika dirasa bermanfaat, jangan lupa bantu bagikan (share) via fb, wa ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian dan terimakasih^^

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥