bt
Menu

Plis Jangan Sekedar Tanam, Jika Ingin Panen Optimal

04/11/2018 | Holtikultura, Kolom Opini

Belajartani.com – Barang siapa menanam pasti panen. Pernah dengar pepatah ini sob? Ya saya kira hampir semua orang banyak tahu pepatah ini, mungkin juga dengan anda. Yap, salah satu syarat untuk panen ya tanam.

Dalam ilmu budidaya pertanian kita belajar bahwa ada syarat-syarat tertentu bagi tanaman untuk bisa panen seperti kebutuhan air, pupuk dan media tumbuh yang tepat.

Pada intinya, kasi apapun yang tanaman inginkan niscaya akan panen. Terkadang untuk tahu apa yang tanaman butuhkan, kita harus belajar tentang bahasa tanaman. Belajar berkomunikasi dengan nya.

Berkomunikasi seperti apa?

Berkomunikasi disini bukan seperti ngobrol dengan orang lain “What do you want? Kamu mau apa sih tanaman?”.

Jadi bisa lihat dari gejalanya ! Kalo tanaman enggan tumbuh, barangkali air dan pupuknya kurang. Jika tanaman mengalami layu barangkali kurang air atau medianya mengandung patogen penyebab layu.

Menanam adalah sebuah proses yang panjang yang harus dilalui. Jika proses dan usaha sudah benar maka kemungkinan besar akan panen. Hasil tidak akan mengkhianati usaha. InsyaAllah.

Proses budidaya bukan sekedar pindah tanam lantas tinggal menunggu panen. Akan tetapi banyak yang musti dilakukan seperti pengendalian hama penyakit, pengairan yang cukup, pemupukan, penyiangan dan lainnya.

Jadi jika ingin panen optimal, hasil tinggi. Jangan hanya sekedar tanam ya, selepas pindah tanam dibiarkan.

Saat ada hama dibiarkan dan tidak dikendalikan. Tanaman dipupuk ala kadarnya, tidak berbasis pada kebutuhan tanaman itu sendiri.

Air tanaman dibiarkan begitu saja, lantas saat tanaman enggan berbuah, anda bilang “kok panen saya sedikit ya?”. Alangkah lucunya..hehehe

Pada dasarnya saat kebutuhan dasar tanaman sudah anda cukupi, tanpa anda minta pun tanaman pasti akan memberikan hasil yang cukup baik pula.

Dan percayalah bahwa tanaman akan memberi apa yang yang telah anda berikan, dengan izin Allah tentunya.

Demikian artikel yang sedikit berbau curhat ini, artikel ini saya buat lantaran banyak petani di berbagai forum di medsos yang bertanya “kenapa tanaman saya rusak, kenapa tanaman saya buahnya kecil dan lain-lain”.

Setelah ditelusuri, ternyata syarat dasar tanaman tumbuh sehat dan berbuah lebat belum terpenuhi. Jadi jangan sekedar tanam ya sob. Sayangi tanaman anda seperti menyayangi istri anda…hehehe. #bercanda

Baca juga : 

Bagikan ke teman anda :
  • 4
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    4
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]