bt
Menu

Mudahnya Mengukur Luas Lahan Pertanian Hanya dari Handphone Anda

20/09/2018 | Review

Belajartani.com Dulu saat lahan masih luas, ukuran luas lahan umumnya masih menggunakan satuan hektar. Jual beli menggunakan satuan hektar. “Per hektarnya berapa pak? Saya minat sama tanah anda…!”

Saat ini seperti yang kita tahu, di Indonesia ukuran lahan atau tanah pertanian cenderung lebih sempit. Maka dari itu dikonversi menjadi ukuran meter persegi/m2. (Koreksinya kalo salah ya…)

Dalam jual beli tanah, sawah atau rumah-pun ukuran meter persegi lebih banyak digunakan. Yap, saat ini masyarakat lebih familiar dengan ukuran meter persegi..!

Saat ada tanah atau lahan atau sawah yang hendak dijual biasa yang ditanya “Berapa meter luas nya, Bang?”.

Membicarakan ukuran tanah dan lahan adalah hal umum yang biasa petani bicarakan. Dalam pertanian, mengetahui ukuran atau luasan tanah sangatlah penting dan vital.

Jenis tanaman, jumlah bedengan, jumlah tanaman bisa diketahui kalo kita tahu ukuran tanahnya. Tak sampai disitu, jumlah atau kebutuhan sarana produksi seperti pupuk, agrochem/pestisida plus air irigasi yang akan digunakan, juga dengan mudah dihitung.

Baca juga :

Ukuran atau luasan lahan pertanian, misal 1000 m2, tidaklah menggambarkan bidang tanahnya, apakah bujur sangkar, persegi panjang, trapesium atau lainnya.

Hanya saja luas lahan umumnya berdimensi panjang x lebar atau bentuk bidangnya persegi panjang.

1 hektar berapa meter persegi?

1 hektar (ha) =10.000 meter persegi, ukuran panjang lebarnya bisa bermacam-macam tergantung bidangnya.

  • Jika dimensinya persegi (bujung sangkar), ukurannya 100 m x 100 m
  • Jika dimensinya persegi panjang, ukurannya bisa 200 m x 50 m, 250 m x 40 meter atau lainnya.

Jadi kalo ada lahan diketahui ukurannya hektar, misal 0,25 hektar, berapa meter itu? Ya tinggal kita kalikan 0,25 hektar x10.000, sama dengan 2500 meter persegi…!

Sebaliknya kalo diketahui ukuran luas meter persegi, untuk mengkonversinya tinggal bagi saja dengan 10.000. Misal ada lahan luasan 4000 m2, berapa hektar?? Caranya 4000 m2/10.000 m2, sama dengan 0,4 hektar…! Mudah dipahami, kan?

Selain menggunakan hektar, atau meter persegi dalam menentukan luasan lahan, ada banyak satuan luas yang digunakan di masyarakat Indonesia.

Contohnya rhu (14 m2), pancen, paron, bau (0,8 hektar), ubin dan lainnya. Tapi pada akhirnya satuan luas ini tetap dikonversi ke meter persegi.

Itulah sekilas manfaat mengetahui ukuran luas lahan bagi dunia pertanian. Beberapa artikel yang topiknya berkaitan dengan ukuran atau luas lahan yakni :

Bagaimana cara mengukur luas tanah atau lahan pertanian?

Mengukur luas lahan pertanian umumnya masih menggunakan dengan cara manual yakni dengan meteran. Tidak masalah kalo lahannya sempit. Bagaimana kalo hektaran?

Saat ini teknologi informasi sudah sangat canggih, mengukur lahan hektaran luasnya sudah jadi sangat mudah dan akurat.

Aplikasi ArcPad GIS. Image source : lhnav.com

Salah satunya dengan aplikasi teknologi Geographic Information System (GIS). GIS mungkin masih terdengar asing bagi kita.

GIS itu suatu teknologi sistem informasi yang berfungsi untuk mengambil data, serta mengelolanya berdasarkan keruangan (spasial) atau geografis

Jadi dengan GIS ini, anda bisa memetakan dan menghitung area, mengukur ketinggian, jarak, azimut, kemiringan, dan koordinat referensi, hanya dalam hitungan detik.

Walau dalam hitungan detik, tentu hasilnya akan sangat akurat. Selain dengan GIS, di era android saat ini anda bisa juga dengan mudahnya mengukur (measure) luas lahan pertanian dengan handphone anda.

Caranya dengan aplikasi Field Area Measure, yakni aplikasi berbasis android yang bisa digunakan untuk mengukur jarak (distance) atau luasan (area).

Hasilnya lumayan juga, asal anda teliti tentu hasilnya bisa mendekati akurat. Sudah install? Kalo belum anda bisa mencarinya di play store untuk versi gratisnya.

Untuk versi berbayarnya (versi pro), jika anda berminat bisa menghubungi saya via kontak, bisa saya emailkan.

Mengukur luas lokasi dengan aplikasi Field Area Measure

Setelah download aplikasi tersebut di play store,  buka aplikasi Field Area Measure

Langkah 1. Klik tanda “+ (plus)” di sebelah kiri bawah layar hp anda

Langkah 2. Kemudian pilih menu “area”

Langkah 3. Lalu pilih mode “manual measuring”, yakni untuk menyeleksi area yang akan diukur luasanya, misalnya kita mau ukur luas area Monas di Jakarta

Langkah 4. Setelah semua terseleksi, maka akan nampak hasilnya luasan Monas kira2 80 hektar jika diukur dengan aplikasi Field Area Measure (lihat gambar di atas).

Sampai disini artikel tentang Mudahnya Mengukur Luas Lahan Pertanian Hanya dari Handphone Anda. Semoga bermanfaat ya…!

Jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Saya doakan anda memperoleh pahala kebaikan juga. Aaamiiin

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥