bt
Menu

Kunci Utama Agar Buah Melon Besar Dan Berkualitas Tinggi

19/05/2019 | Holtikultura

Belajartani.com – Bagi para petani melon yang berpengalaman tentu tau cara bagaimana mendapatkan buah yang besar dan berkualitas tinggi. Buah melon yang besar dan berkualitas tinggi terbentuk melalui sebuah proses seleksi.

Proses seleksi dilakukan dengan cara memangkas cabang yang tidak dikehendaki dan merawat cabang yang dipelihara buahnya.

Ada 2 tanaman, kita anggap faktor budidaya lain seperti pemupukan, pengendalian hama penyakitnya sama. Namun, salah satu tanamannya tidak dipangkas dengan baik dan benar.

Tanaman melon yang pemangkasannya tepat akan menghasilkan buah melon yang besar, berkualitas tinggi (bernilai jual tinggi tentunya) dibandingkan dengan tanaman melon yang tidak dipangkas dengan benar.

Baca juga :

Jadi itulah sebenarnya kunci utama petani melon berpengalaman yang selama ini telah sukses dan sejahtera dari menanam melon. Nah, anda pun pasti bisa, sekalipun baru pertama kali menanam melon.

1. Lalu bagaimana cara memangkas buah melon yang benar ?

Pemangkasan cabang dilakukan mulai ruas ke 1 sampai ke 8, ruas ke 12 sampai ke 25. Ruas ke 9, 10 dan 11 yang dipelihara.

Anda pasti bertanya, kenapa harus capek-capek membuas ruas 1 sampai ke 8? Bukankah pada ruas tersebut buah melon pun dapat dibuahkan?

Alasannya adalah pada ruas 9 sampai 11 berdasarkan riset (penelitian), adalah ruas terbaik untuk menghasilkan buah melon yang besar dan masak sempurna pada saat panen.

Jika ruas 1 sampai 8 yang dipelihara, buah yang terbentuk biasanya cepat matang, namun kualitasnya kurang baik (karena ukurannya kecil, tidak bisa tercapai potensi buah optimal yang dikehendaki).

Sedangkan jika ruas ke 12 sampai 25 yang dipelihara, walaupun ukurannya besar dikhawatirkan buah melon yang terbentuk tidak masak sempurna, mengingat umur panen melon yang cukup pendek. Takut tidak nutut, sementara sebagian besar daun sudah ngresek.

Selanjutnya setelah tanaman mencapai ruas 26 atau ke 27, potongnya pucuk tanaman (top pinching atau toping). Toping bertujuan agar nutrisi dan pupuk yang diberikan fokus pada buah yang telah kita setting di awal tadi.

2. Selanjutnya bagaimana dengan cabang pada ruas 9, 10 dan 11 yang kita pelihara ?

Proses pemangkasan sebaiknya dilakukan secara serentak pada suatu lokasi tertentu agar proses terbentuknya pembungaan juga bisa serentak. Pada 3 ruas tersebut, bakal buah dibiarkan tumbuh.

Saat buah sudah mencapai ukuran sebesar telur atau bola tenis, lakukan seleksi buah. Dari 3 buah tersebut pilihlah 1 buah yang paling baik.

Buah melon yang baik punya ciri-ciri : bentuk normal, tidak berkerut, ada bercak, atau nampak terserang hama penyakit. Selanjutnya ikatlah pangkal buah yang kita pilih (biasanya pakai rafia) pada lanjaran agar buah bisa tumbuh dengan baik.

KESIMPULAN….

Kegiatan pemangkasan/wiwil pada melon bertujuan untuk membuang cabang yang dikehendaki, dan memelihara ruas yang dipilih (9, 10, 11), untuk membentuk buah melon besar namun masak sempurna (sehingga manis optimal).

Pemangkasan cabang meningkatkan efektifitas distribusi nutrisi atau pupuk, karena nutrisi hanya terfokus pada cabang yang dipelihara buahnya saja.

Selain itu, dengan pemangkasan di ruas bawah tanaman melon akan nampak lebih rapi, dan dapat meminimalisir terbentuknya iklim mikro (tempat hama penyakit berkembang).

Baca juga : 10 Jenis/Tipe Melon yang Paling Banyak Ditanam Di Dunia

Nah, sobat BT demikian uraian tentang pentingnya kegiatan pemangkasan sebagai kunci utama agar terbentuk buah melon besar dan berkualitas tinggi.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat sekaligus sebagai jawaban atas pertanyaan kawan-kawan tani “Ruas berapa buah melon sebaiknya dipelihara?”.

Jika dirasa artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain ya sobat BT. Sekian terimakasih^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥