bt
Menu

10 Jenis/Tipe Melon yang Paling Banyak Ditanam Di Dunia

Belajartani.com – Melon, Cucumis melo adalah salah satu tanaman buah yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Melon adalah salah satu anggota family cucurbitaceae (labu-labuhan).

Konon kabarnya tanaman ini berasal dari Persia atau dataran Mediterania, perbatasan Asia Barat dengan Eropa dan Afrika. Kemuadian menyebar luar ke Eropa, Amerika, Asia hingga menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Melon memiliki banyak jenis dan tipe. Keberagaman jenis melon disebabkan oleh modifikasi gen dan perubahan aspek geografis maupun agronomis.

Ada banyak jenis melon yang tersebar di seluruh dunia. Namun ada beberapa jenis atau tipe yang paling banyak ditanam dan dikembangkan di dunia. Permintaan pasar yang tinggi tentu menjadi penyebabnya.

Apa saja jenis/tipe melon yang paling banyak di tanam di dunia? Dirangkum dari banyak sumber, baik itu buku maupun artikel, inilah 10 jenis/tipe melon yang paling banyak ditanam di dunia versi belajartani.com.

1. Honeydew : Merupakan salah satu jenis melon terbaik dan paling manis rasanya saat masak. Di Amerika Utara (North America) dikenal dengan Bailan. Memiliki bentuk oval (lonjong), kulit buah mulus tanpa net bewarna putih krem atau kuning kehijauan, namun jika masak akan berubah menjadi kekuningan. Daging buahnya bewarna hijau pucat, putih sampai orange.

Tipe melon Honeydew. Image source : wikipedia.org

2. Cantaloupe : Adalah jenis melon yang awalnya muncul di Desa Cantalupo, Italia tahun 1700-an. Saat ini merupakan jenis melon yang sangat laris di pasaran Amerika Serikat (USA). Jenis melon cantaloupe memiliki ciri antara lain memiliki kulit buah ber-net agak jarang namun tebal. Daging buahnya bewarna jingga (orange), memiliki rasa yang sangat manis dan bau yang harum saat masak.

Tipe melon Cantaloupe. Image source : wikipedia.org

3. Cavaillon : Melon Cavaillon merupakan jenis dari tipe Cantaloupe, namun ukurannya lebih kecil. Berasal dari Italia kemudian menyebar luar ke daerah Provence, Prancis. Selain itu banyak ditanam di Amerika Utara.

Tipe melon Cavaillon. Image source : specialtyproduce.com

Cavaillon memiliki ciri-ciri, kulit bewarna emas pucat saat masak, memiliki garis hijau kebiru-biruan dari ujung ke ujung. Daging buahnya bewarna orange sebagaimana umumnya Cantaloupe, dan rasanya tentu manis sekali.

4. Japanese Cantalopue: Melon type Japanese merupakan melon favorit di Indonesia. Banyak ditanam di wilayah Asia Timur dan Tenggara. Ciri-cirinya memiliki net tipis rapat, daging bewarna putih, rasa renyah, dan sangat manis sekali saat masak.

Tipe melon Japanese. Image source : jpninfo.com

5. Canary : Disebut melon Canary karena memiliki kulit kuning kenari. Melon Canary dikenal juga dengan nama melon Spanyol atau melon Golden. Melon Canary menurut beberapa sumber berasal dari Persia, namun saat ini lebih banyak di Amerika Serikat.

Tipe melon Canary. Image source : specialtyproduce.com

Ciri-ciri melon Canary antara lain bentuk buahnya lonjong, kulit buahnya mulus tanpa net. Daging buahnya bewarna putih. Rasanya manis seperti terasa rasa pisang. Melon ini memiliki daya simpan yang lama. Kelemahannya kurang tahan terhadap hama penyakit.

loading...

6. Persian : Tipe jenis melon Persian, menyerupai tipe Cantaloupe namun ukurannya lebih besar. Ciri-ciri lain kulitnya bewarna hijau dengan net/jaring yang lebih halus, warna daging buahnya orange dengan rasa yang manis.

Tipe melon Persian. Image source : specialtyproduce.com

7.Casaba : Melon Casaba merupakan tipe melon yang berasal dari daerak Kasaba, Turkey, kemudian menyebar ke Amerika Serikat. Ciri-cri melon Casaba, kulitnya bewarna kuning pucat saat masak, dagingnya bewarna putih, dengan rasa yang manis.

Tipe melon Casaba. Image source : specialtyproduce.com

8. Crenshaw : Tipe melon Crenshaw merupakan hasil persilangan antara melon Persian dan Casaba, ciri-cirinya kulit bewarna kuning, dagingnya tebal serta rasanya manis.

Tipe melon Crenshaw. Image source : specialtyproduce.com

9. Ananas : “Ananas” merupakan istilah bahasa Prancis (French) yang berarti nanas. Hal ini dikarenakan tipe melon ini memilki rasa dan aroma buah nanas manis. Tipe melon ini berasal dari Afrika dan banyak ditanam di Prancis, Amerika Serikat dan hampir di seluruh Timur Tengah (Middle East). Ciri-ciri buahnya, kulit bewarna kuning dan ber-net, bentuk lonjong, daging buah putih dan kehijauan.

Tipe melon Ananas. Image source : specialtyproduce.com

10. Korean : Melon tipe korean disebut juga melon oriental. Kabarnya melon ini berasal dari India, kemudian menhyebar di daratan China, Jepang dan Korea. Di Korea melon tipe ini disebut Chamoe, di Jepang disebut Makuwa dan China disebut Tian Gua.

Tipe melon Korean. Image source : specialtyproduce.com

Ciri-ciri melon tipe Korean antara lain bentuk buahnya lonjong (oval), kulit bewarna kuning keemasan, dengan garis putih memanjang dari ujung ke ujung buah. Daging buahnya bewarna putih, saat masak rasanya akan sangat manis, dengan tekstur renyah mirip buah pir.

Baca juga : Mengenal 3 Jenis/Tipe Tomat yang Sering Dibudidayakan Petani

Nah sobat, demikianlah artikel tentang 10 jenis/tipe melon yang paling banyak ditanam di dunia versi belajartani.com. Buah melon dengan bentuk dan warna-warna yang menarik, sangat mengagumkan bukan? Semoga bermanfaat, bisa menambah pengetahuan sobat BT.

Jangan lupa, bagikan pada saudara, sahabat atau teman anda yang lain ya sob. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Tambahkan sebagai teman

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]