Inilah 9 Famili/Suku Tanaman Pangan Dan Sayur Bernilai Ekonomi Tinggi Paling Banyak Ditanam Petani

4033 View

9 Famili/Suku Tanaman Pangan Dan Sayur Bernilai Ekonomi Tinggi Paling Banyak Ditanam Petani – Hallo sobat BT, di pelajaran ilmu pengetahuan Alam (IPA) dulu kita pernah mempelajari ilmu taksonomi atau klasifikasi makhluk hidup. Masih ingat? Salah satunya klasifikasi tanaman. Tanaman juga diklasifikasikan berdasarkan persamaan-persamaannya.

Tujuan daripada klasifikasi tanaman yaitu untuk mempermudah mengenali atau mempelajari suatu tanaman, oleh karena itu tanaman dikelompokkan berdasarkan persamaan ciri khasnya.

Nah, sobat BT, sebagaimana judul kita akan mengulas 9 famili/suku tanaman pangan dan sayur yang bernilai ekonomi tinggi dan tentunya paling banyak ditanam petani di seluruh dunia.

Pada pengelompokkan famili, nama famili atau suku di akhiri dengan akhiran “ae”. Kok bisa gitu? Ya mungkin sudah kesepakatan ahli biologi, intinya biar kita mudah dalam mengingatnya.

Jadi, setelah membaca artikel ini anda akan tahu tanaman pangan atau sayur yang selama ini anda tanam/budidayakan itu masuk kelompok famili atau suku apa. Ya, pengkategorian tanaman pangan dan sayur pada level famili/suku adalah berdasarkan persamaan ciri khas tertentu pada tanaman.Famili Tanaman Pangan Sayur

Well, inilah 9 famili/suku tanaman pangan dan sayur yang bernilai ekonomi tinggi dan tentunya paling banyak ditanam petani.

#1. Famili Graminae

Famili Tanaman Pangan SayurFamili graminae merupakan tanaman dari famili rumput-rumputan. Ciri khas dari tanaman graminae yaitu memiliki daun berbentuk pita, tulang daunnya sejajar melekat langsung pada batang, serta terdapat susunan bunga pada ujung batang yang membentuk malai (bulir majemuk).

Contoh tanaman anggota graminae yang banyak ditanam petani : padi, jagung, gandum, tebu.

#2. Famili Solanaceae

Famili Tanaman Pangan SayurFamili solanacea merupakan tanaman dari famili atau suku terong-terongan. Ciri-ciri dari famili ini adalah bentuk bunganya yang khas yaitu mirip bentuk terompet.

Contoh tanaman anggota solanaceae yang banyak ditanam petani : tomat, terong, kentang, cabai, tembakau, paprika.

#3. Famili Cucurbitacea

Famili Tanaman Pangan SayurFamili cucurbitacea merupakan tanaman dari famili labu-labuan. Ciri khas dari tanaman cucurbitaceae yaitu memiliki bulu halus di bagian daunnya, dan memiliki sulur spiral untuk merambatkan diri pada benda di sekitarnya.

Contoh tanaman anggota cucurbitacea yang banyak ditanam petani : semangka, melon, timun, pare, labu, kabocha, zukini, gambas, labu siam, labu putih (blonceng).

#4. Famili Leguminoceae

Famili leguminoceae merupakan tanaman dari famili kacang-kacangan. Ciri khas dari tanaman leguminoceae yaitu bentuk buah polong memanjang (banyak bijinya), daun majemuk berpasangan (mirip kupu-kupu).

Contoh tanaman anggota leguminoceae yang banyak ditanam petani : kedelai, kapri, lentil, buncis, kacang tanah, kacang hijau, petai, lamtoro, kecipir, kacang panjang.

#5. Famili Brassicaceae

Famili Brassicaceae merupakan tanaman dari famili kubis-kubisan. Ciri khas dari tanaman Brassicaceae yaitu memiliki batang yang pendek dan tumbuh tegak, dan daun yang tumbuh berselang seling membentuk krop.

Contoh tanaman anggota brassicaceae yang banyak ditanam petani : kubis, brokoli, kembang kol, kailan, sawi pak choy, lobak, sawi putih.

#6. Famili Amaryllidaceae

Famili Amaryllidaceae merupakan tanaman dari famili bakung-bakungan. Ciri khas dari tanaman Amaryllidaceae yaitu memiliki daun bulat panjang dan berongga, tipe bunga majemuk membentuk payung dan memiliki umbi.

Contoh tanaman anggota Amaryllidaceae yang banyak ditanam petani : bawang merah, bawang putih, bawang daun (prei), bawang bombai.

#7. Famili Apiaceae

Famili Apiaceae merupakan tanaman dari famili adas-adasan. Ciri khas dari tanaman Apiaceae yaitu memiliki batang berongga, daun majemuk, bunga majemuk berbentuk payung

Contoh tanaman anggota Apiaceae yang banyak ditanam petani : seledri, wortel, ketumbar, adas, jintan.

#8. Famili Palmae

Famili palmae merupakan tanaman dari famili pinang-pinangan. Ciri khas dari tanaman palmae yaitu memiliki daun menyirip mirip kipas, batang tidak bercabang dan buah majemuk berumpun/bertandan.

Contoh tanaman anggota palmae yang banyak ditanam petani : kelapa, kelapa sawit, kurma.

#9. Famili Euphorbiaceae

Famili euphorbiaceae  merupakan tanaman dari famili jarak-jarakan. Ciri khas dari tanaman euphorbiaceae  yaitu memiliki daun berbentuk menjari, batang bergetah putih.

Contoh tanaman anggota euphorbiaceae  yang banyak ditanam petani : singkong/ketela pohon, karet dan jarak.

Baca juga : 9 Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Bisa Dimakan

Nah sobat BT, itulah 9 famili/suku tanaman pangan dan sayur yang bernilai ekonomi tinggi dan tentunya paling banyak ditanam petani di seluruh dunia.

Semoga bermanfaat ya…!

Bagikan Artikel Ini. Trims !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *