bt
Menu

7 Jenis Jeruk yang Paling Banyak Ditanam Di Indonesia (Plus Gambar)

21/10/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Di antara banyak buah favorit di Indonesia, jeruk (oranges) adalah salah satu favorit saya. Dan mungkin juga jeruk buah favorit sobat BT juga.

Ya, seperti kita semua tahu, buah jeruk itu mengandung banyak Vitamin C sehingga baik untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh.

Posting kali ini, kita akan mengenal 7 jenis jeruk yang paling banyak ditanam di Indonesia. 7 jenis atau spesies jeruk tersebut banyak ditanam/dibudidayakan karena secara komersial memiliki nilai ekonomis yang tinggi.

Sebetulnya jeruk memiliki banyak genus atau kelompok. Ada 6 genus jeruk yaitu 1) Citrus 2) Microcitrus 3) Fortunella  4) Poncirus 5) Cymenia dan 6) Eremocitrus. Namun, genus jeruk yang paling banyak ditanam adalah dari genus Citrus.

Dikutip dari jurnal Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro, 2017), inilah 7 jenis jeruk yang paling banyak ditanam di Indonesia.

1. Citrus sinensis Osbeck (jeruk manis)

Jeruk manis. image source : balitjestro

Karakter dari jeruk manis antara lain memiliki ukuran bunga kecil. Ukuran buahnya sedang, sukar dikupas, juring sukar dilepas dan dasar buah terkadang memiliki navel. Untuk biji memiliki ukuran besar.

2. Citrus reticulata Blanco (jeruk keprok)

Jeruk keprok. image source : balitjestro

Karakter jeruk keprok antara lain ukuran bunganya kecil. Ukuran buah sedang, mudah dikupas, juring mudah dilepas, ujung buah terkadang memiliki konde. Untuk biji ukurannya kecil.

3. Citrus maxima Merr (jeruk besar/Pamelo)

Jeruk besar/Bali/Pamelo. image source : tribunnews.com

Karakter jeruk besar antara lain ukuran bunganya besar. Ukuran buahnya besar diameter 11-17 cm. Untuk biji ukurannya cenderung besar.

4. Citrus limon (jeruk Lemon)

Jeruk Lemon. image source : pixabay.com

Karakter jeruk lemon antara lain ukuran bunganya kecil dan bewarna merah. Ukuran buahnya kecil sampai sedang, sukar dikupas, rasa asam dan juring melekat erat. Untuk biji ukurannya kecil.

5. Citrus aurantifolia (jeruk nipis)

Jeruk Nipis. image source : pixabay.com

Karakter jeruk nipis antara lain ukuran bunganya kecil. Ukuran buahnya kecil diameter 4-6 cm, rasa kebanyakan asam. Untuk biji ukurannya cenderung kecil.

Baca juga : Mengenal Nimas Agrihorti, Si Jeruk Nipis Rasa Manis

6. Citrus medica (sitrun)

Jeruk Sitrun. image source : bukalapak.com

Karakter jeruk sitrun antara lain ukuran bunganya kecil. Ukuran buahnya besar. Untuk biji ukurannya kecil.

7. Citrus paradisi (grape fruit)

Jeruk Grape. image source : pixabay.com

Karakter jeruk grape fruit antara lain ukuran bunganya besar. Ukuran buahnya besar diameter 9-13 cm. Untuk biji ukurannya besar.

Nah, sobat BT itulah 7 jenis jeruk yang paling banyak ditanam di Indonesia, yang belajartani.com kutip dan rangkum dari jurnal Balitjetsro. Untuk lebih lengkap dan detilnya, anda bisa mengunjungi website resmi Balitjestro.

Semoga bermanfaat khususnya untuk anda yang ingin mengembangkan usahatani jeruk. Jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat dan teman anda yang lain. Sekian terimakash ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 11
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    11
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥