Menu

Cara dan Kunci Menjadi Barista Hebat

08/12/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Hallo sobat BT, pernah dengar istilah barista? Ya mungkin bagi sebagian anda tidak lah asing dengan istilah ini. Ya kali ini kita akan bahas sedikit tentang salah satu profesi yang lagi ngehit yaitu barista.

Saat ini perkembangan bisnis kopi semakin menjamur saja. Masing-masing cafe, restoran atau kedai kopi berusaha menawarkan sajian kopi terbaiknya. Di balik sajian kopi nikmat itu, ada sosok penting barista.

Ya barista menjadi salah satu kunci suksesnya sebuah bisnis kopi. Profesi barista kini dianggap sebagai alternatif profesi yang kian menjanjikan. Gimana cara dan kunci menjadi barista sukses?

Baca juga : Tertarik Bisnis Kopi ? Inilah Mesin atau Alat Kopi Yang Perlu Anda Siapkan

Menjadi seorang penyaji kopi yang handal sebenarnya cukup mudah, tidaklah harus sekolah atau kursus kebaristaan, namun lebih kepada banyaknya jam terbang praktek.

Sebelum tampil secara profesional di industri kopi, seorang barista sebaiknya harus mempunyai pengetahuan mendalam tentang per-kopian, seperti jenis kopi, bagaimana proses pengolahannya, mesin dan alat seduh kopi (coffee brewer) serta jenis-jenis produk olahan kopi yang diminati pasar.

Tentang pengetahuan tersebut, saat ini bisa sangat mudah kita dapatkan gratis via akses internet, yutub, blog atau forum-forum diskusi online.

Baru setelah pengetahuan tentang kopi sudah anda miliki, barulah anda bisa belajar menyeduh (brewing) kopi sendiri.

Baca juga : Perbedaan Kopi Arabika Dengan Robusta Apa Saja Sih?

Praktice make perfect ! Ya proses latihan membuat anda semakin profesional. Semakin banyak jam terbang maka kemampuan dan keterampilan dalam menyajikan kopi akan semakin terasah. Ya, kualitas teruji waktu..!

Dengan bekal pengetahuan dasar dan proses latihan yang anda lakukan, selanjutnya anda bisa mengambil kursus di kelas kebaristaan.

Selanjutnya bagaimana? Jika anda sudah telah mahir dan percaya diri anda bisa menawarkan diri pada cafe-cafe shop atau restoran di kota anda, atau jika perlu anda membuka usaha cafe anda sendiri.

Pastikan dulu kopi hasil racikan anda bisa “diterima” orang lain. Jika anda masih belum pede, anda bisa magang dulu di kafe atau kedai kopi untuk meningkatkan skill barista anda.

Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas barista di kota anda, jika ada event acara ikuti siapa tahu bisa meningkatkan keterampilan anda.

Satu lagi kunci menjadi barista sukses, karena barista adalah industri jasa, maka kepuasan pelanggan adalah yang utama.

Selain menyajikan kopi terbaik untuk pelanggan, barista harus tau bagaimana cara membuat pelanggannya senang. Sikap ramah akan semakin membuat pelanggan kopi anda semakin loyal dengan anda.

Profesi barista akan sangat menyenangkan jika itu sesuai dengan minat atau passion anda. Cepat atau lambat anda pasti akan menjadi barista sukses.

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]