BelajarTani.com Uncategorized Tips Dan Cara Membuat ZPT Sendiri dari Air Kelapa, Mudah Dan Murah…!

Tips Dan Cara Membuat ZPT Sendiri dari Air Kelapa, Mudah Dan Murah…!

Tips Dan Cara Membuat ZPT Sendiri dari Air Kelapa, Mudah Dan Murah…! – Hallo sobat BT, salah satu bahan yang bisa dijadikan Zat Pengatur Tumbuh atau ZPT sendiri yaitu air kelapa. Nah, Kali ini kita akan membahas tips dan cara membuat ZPT sendiri dari air kelapa secara mudah dan murah.

Dikatakan mudah dan murah kenapa? Mudah karena langkah pembuatannya sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun termasuk kita para petani. Sedang dikatakan murah, karena harga alat dan bahannya juga terjangkau.

Kembali ke soal ZPT, ZPT itu banyak sekali jenisnya. Nah ZPT yang berasal dari air kelapa ini adalah sitokinin (cytokinins). Yang salah satu fungsi utamanya adalah untuk merangsang pertumbuhan akar tanaman, serta merangsang pembentukan bunga dan buah.

Terkait jenis dan fungsi masing-masing ZPT atau zat perangsang tumbuh, anda bisa membaca pada artikel terdahulu yaitu >> 5 Jenis Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Dan Perannya Bagi Pertumbuhan Tanaman.

ZPT sitokinin alami bisa dibuat dari air kelapa untuk perakaran tanaman

ZPT dari air kelapa ini sebenarnya tidaklah asing bagi petani, karena sudah banyak petani yang telah mendapatkan informasi dari penyuluh pertanian dan berhasil membuatnya. Berdasarkan pengalaman mereka, ZPT dari air kelapa ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil dan kualitas panen.

Ya kalau dirunut dari fungsi hormon sitokinin sendiri memang masuk akal, tanaman yang mempunyai sistem perakaran yang kuat tentu akan mempunyai pertumbuhan yang baik. Dan tanaman yang pertumbuhannya baik, tentu saja buahnya akan optimal (besar-besar).

Selain itu, karena akar tanaman tadi mampu mencapai titik-titik air dan nutrisi/unsur hara di kedalaman tanah, maka tanaman akan menjadi lebih toleran atau tahan terhadap serangan hama penyakit serta lebih adaptif pada lingkungan.

Jadi tidak ada salahnya untuk anda untuk coba membuatnya. Caranya sederhana, murah dan sangat mudah untuk dipraktekkan oleh siapapun. Pertama-tama siapkan bahan dan alat terlebih dahulu.

Air kelapa untuk ZPT nabati

Bahan dan Alat untuk membuat ZPT air kelapa:

1. Air kelapa 1 liter

2. Gula merah 100 gram

3. Botol air mineral ukuran besar

4. Timba dan pengaduk

Berikut langkah-langkah membuat ZPT sendiri dari air kelapa

1. Siapkan bahan utama yaitu air kelapa dan gula merah (gula aren), 1 liter air kelapa dan 100 gram gula merah

2. Kemudian campurkan bahan tersebut dalam timba kemudian aduk hingga gula merahnya larut

3. Setelah menjadi larutan, masukkan larutan air kelapa dan gula merah tadi ke wadah untuk proses fermentasi, misalnya di taruh di botol air mineral besar

4. Kemudian fermentasikan selama 1 minggu

5. Jangan lupa buka tutup botol apabila botol air mineral nampak membesar karena adanya tekanan gas, lakukan 2 hari sekali saja agar botol tidak meletup

Cara aplikasi ZPT air kelapa untuk memacu pertumbuhan akar tanaman

1. Setelah proses fermentasi selesai, maka ZPT alami buatan sendiri tersebut dapat segera digunakan

2. Gunakan dosis 200 ml per tangki 14 liter, jadi jika anda membuat 1 liter maka itu bisa untuk 5 tangki

3. Aplikasikan pada areal perakaran tanaman dengan cara disemprotkan (spray) atau dikocorkan, dengan interval 10-14 hari sekali

4. Aplikasi bisa dilakukan sejak perlakuan benih sebelum semai, saat di persemaian, setelah pindah tanam/vegetatif hingga setelah tanaman masuk fase generatif.

Nah, sobat BT, demikianlah tips dan cara membuat ZPT sendiri dari air kelapa secara mudah dan murah. Bagaimana menurut anda, benar-benar mudah dan murah kan?

Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain.

13 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comment