bt
Menu

Inilah Beberapa Mesin Untuk Usaha Sampingan Petani

19/01/2019 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Halo sobat BT, Apakah anda salah satu orang yang ingin punya bisnis atau usaha sendiri dan sedang membangunnya? Atau apakah anda justru orang yang sedang bingung mau bisnis/usaha apa?

Mempunyai bisnis atau usaha sendiri sangatlah penting, terutama untuk persiapan masa tua anda. Masa dimana energi anda sudah berkurang jauh.

Untuk jangka pendek paling tidak saat usahatani anda sedang tidak menguntungkan, anda tidak perlu khawatir lagi karena anda mempunyai sumber penghasilan lain yang bisa membantu menyeimbangkan keuangan anda.

Topik artikel ini sengaja saya angkat karena mempunyai usaha sendiri sangatlah penting. Syukur-syukur bisa menginspirasi anda, sehingga setelah anda membaca artikel ini anda bertekad mewujudkan usaha anda.

Ada salah seorang teman pernah bilang ke saya, “kalo semua orang jadi pebisnis atau penjual, terus siapa yang beli?”

Mengutip jawaban seorang pengusaha muda, salah lupa namanya, saat ditanya pertanyaan yang sama, dia jawab “yang penting bukan kita..!”

Peluang usaha disamping bertani sangatlah banyak. Kegiatan membangun bisnis anda bisa anda lakukan tanpa mengganggu usahatani anda.

Salah satu syarat untuk punya bisnis atau usaha sampingan adalah memiliki modal mesin atau alat. Nah sobat BT, inilah beberapa mesin untuk usaha sampingan petani.

1. Mesin sangrai kopi (coffee roaster)
Mesin sangrai kopi ini wajib anda miliki jika anda ingin mempunyai usaha pemerosesan kopi sendiri. Dengan alat ini anda bisa membuat brand kopi anda sendiri.

2. Mesin pembuat mie
Mie adalah salah satu makanan favorit masyarakat, baik itu perkotaan maupun pedesaan. Mesin pembuat mie membantu anda membuat mie instan yang enak mulai dari pengadukan sampai pengeriangan.

3. Mesin mixer (pengadukan)
Mesin mixer biasa digunakan untuk membuat adonan kue. Bahan kue bisa anda buat dari singkong, ketela ataupun bahan yang belum termanfaatkan di sekitar anda.

4. Mesin peras santan
Mesin ini bisa anda gunakan untuk membuat santan. Untuk kemudian anda jual dengan kemasan tertentu.

5. Mesin pengiris singkong/pisang
Mesin pengiris singkong digunakan untuk membuat kripik. Bahan baku kripik seperti singkong atau pisang sangat mudah ditemui di daerah pedesaan.

6. Mesin giling daging
Mesin giling daging berguna untuk membuat adonan bakso, sosis atau makanan lain.

7. Mesin vacuum frying
Membuat kripik buah tapi tidak merusak kualitas buah? Bisa, yakni dengan mesin vacuum frying.

8. Mesin presto
Mesin presto berguna untuk melunakkan daging. Berguna bagi anda yang mempunyai bisnis rumah makan. Bisa digunakan untuk melunakkan ayam, daing sapi ataupun ikan.

9. Mesin blender/juicer
Mesin blender adalah mesin wajib untuk pengusaha jus buah. Digunakan untuk membuat jus buah.

10. Mesin oven
Mesin oven digunakan untuk pemanggang atau pengering makanan seperti kue kering atau berbagai jenis makanan ringan lain.

11. Mesin pencetak bakso
Digunakan untuk mencetak bakso secara otomatis secara cepat dalam jumlah yang banyak.

12. Mesin peniris minyak (spinner)
Mesin spinner digunakan untuk mengurangi kadar minyak secara maksimal pada makanan yang digoreng seperti pada kripik buah, kripik tempe, kripik pisang dan lain-lain.

13. Mesin pencetak tahu bulat
Digunakan untuk mencetak tahu berbentuk bulat. Tahu bulat akhir-akhir ini makin digemari oleh banyak kalangan karena bentuk dan rasanya yang enak.

14. Mesin siler
Digunakan untuk merekatkan kemasan produk anda. Mesin siler biasanya digunakan untuk produk yang kemasannya dari bahan plastik UV atau aluminium foil.

15. Mesin pembuat pupuk organik (composter)
Mesin ini digunakan untuk mencacah berbagai macam bahan oganik seperti rumput, daun, sampah organik menjadi bahan yang halus yang kemudian tinggal difermentasi untuk menjadi pupuk organik siap pakai. Mesin ini cocok untuk petani, sebagian pupuknya dipakai sendiri, selebihnya dijual, lumayan kan dapat uang…hehe.

Baca juga : 28 Inspirasi Ide Bisnis Pertanian Awet Sepanjang Masa

Nah sobat BT, itulah beberapa mesin untuk usaha sampingan anda versi belajartani.com. Saya doakan semoga rencana usaha anda jadi kenyataan. Asal ditekuni usaha anda kelak pasti akan sukses…!

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]