Inilah Irigasi Tetes/Dripper (Sederhana Praktis dan Murah) Tapi Sangat Cocok Untuk Tabulampot

6752 View

Inilah Irigasi Tetes/Dripper (Sederhana Praktis dan Murah) Tapi Sangat Cocok Untuk Tabulampot – Hallo sobat BT, untuk memenuhi kebutuhan air tanaman, hal yang biasa kita lakukan tentu saja melakukan penyiraman pada tanaman tersebut. Teknik penyiraman air beragama jenisnya, ya kita semua tau itu. Tapi biasanya penyiraman dilakukan menggunakan gayung, gelas akua dan lain-lain.

Sayangnya penyiraman tabulampot dengan cara tersebut mempunyai kekurangan yaitu air dengan cepat segera hilang, bahkan sebelum kondisi kelembapan tanah belum optimal.

Terlebih pada saat musim liburan, saat lebaran, tabulampot kesayangan anda bisa jadi tak mendapatkan pasokan air dalam waktu yang cukup lama. Ya jika anda liburan atau pulang kampung 3 hari maka tanaman anda tidak mendapatkan air selama itu.

Bagaimana jika anda berlibur lebih dari itu?

Irigasi Tetes  SederhanaNah kini anda tidak perlu khawatir lagi dengan kondisi tanaman tabulampot anda di rumah, terlebih saat anda pergi berlibur, atau pulang kampung dalam waktu yang agak lama.

Kini ada alat penyiraman irigasi tetes sederhana (dripper) yang bisa anda gunakan pada tanaman tabulampot anda. Keunggulan dari alat ini, meskipun teknologinya terkesan sederhana namun alat ini mampu menyelesaikan masalah air pada tabulampot kesayangan anda.

Berikut ini gambar perangkat dari irigasi tetes (dripper) untuk tabulampot

Irigasi Tetes  Sederhana

Penggunaan alat irigasi tetes (dripper) otomatis pada tabulampot

Irigasi Tetes  Sederhana

Lihatnya air bisa menetes dan membasahi tanah hingga tingkat kelembapan yang optimal. Ya, memang itulah salah satu kelebihan daripada sistem irigasi tetes, air menetes secara merata pada zona perakaran tanaman.

Walaupun alat tersebut nampak sederhana namun di banyak negara, termasuk Eropa alat tersebut banyak digunakan, hal yang terpenting adalah penyiraman air berjalan efektif.

Alat irigasi tetes ini bekerja otomatis untuk menyalurkan air pada tanaman, tanpa timer (pengatur waktu) sehingga anda tak perlu khawatir karena tak ada perangkat elektronik yang menyala saat anda pergi.

Cara instalasi atau pemasangan dripper

Cara instalasi atau pemasangan dripper ini sangat mudah, langkah-langkahnya :

#1. Pertama carilah botol bekas minuman, mulai dari kapasitas 250 ml, 500 ml dan 1 liter. Yang terpenting cari botol yang cocok dipasang pada stick dripper di atas. Kebetulan yang saya pasang adalah botol bekas minuman Coc* C*la (maaf sensor hehe).

#2. Oiya jangan lupa potong bagian bawah botol tersebut tujuan nya air tetesan air berjalan lancar.

#3. Setelah itu, tinggal anda isi air pada bagian yang anda potong tadi

#4. Langkah terakhir, anda atur kecepatan tetesan pada valve

#5. Setelah dirasa cukup, dan dripper telah bekerja dengan baik, maka saatnya untuk anda pergi berlibur

Sampai disini, apakah alat ini, alat yang selama ini anda cari untuk melengkapi hobi berkebun anda? Apakah alat ini cocok untuk tanaman apapun?

Tentu saja alat irigasi tetes (dripper) ini menjadi pilihan yang tepat untuk menyiram jenis tanaman apapun, tabulampot atau bukan (untuk yang ditanam di tanah langsung juga oke). Hebatnya lagi alat ini bisa digunakan untuk sekaligus pemupukan. Sangat praktis sekali bukan?

Pupuk jenis apapun bisa anda gunakan, tapi ingat perlu anda larutkan dulu pupuknya kemudian barulah anda masukkan ke botol yang hendak anda gunakan.

Apakah anda punya tabulampot sudah cukup usia namun tak kunjung berbuah? Anda bisa menambahkan pupuk Growmore 10-55-10 yang berfungsi untuk merangsang dan mempercepat proses pembungaan.

Sekali lagi, alat dripper ini cocok untuk siapapun pecinta tanaman atau anda yang hobi berkebun yang ingin memastikan tanamannya disiram dengan benar pada saat ditinggal berlibur atau berdinas ke luar kota.

Kini anda tak terlalu khawatir lagi dengan kondisi tanaman anda, ingin memiliki alat dripper ini? Segera dapatkan alat irigasi tetes ini (dripper) di link berikut >> PRODUK KAMI, Semoga bermanfaaat…!

Bagikan Artikel Ini. Trims !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *