bt
Menu

Lihat Apa Saja Yang Bisa Dilakukan Drone Untuk Pertanian

10/11/2018 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Drone atau pesawat tanpa awak adalah salah satu pesawat mini yang mampu terbang, namun bukan seperti pesawat temput atau pesawat penumpang tapi lebih mirip layaknya helikopter.

Cara menerbangkannya persis kayak mainan anak-anak jenis RC seperti mobil-mobilan yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Bedanya drone bisa terbang, ada camera-nya sehingga muncul kesan canggih, hebat dan keren sekali.

Jika anda gamer, di era 2000-an mungkin tak asing lagi, dengan drone. Game-game seperti Red Alert, General Zero Hour terdapat fitur army berbentuk pesawat tanpa awak yang biasa digunakan untuk penyadapan (radar) dan pemboman.

Di dunia nyata (bukan game), awal penggunaan drone ini untuk kebutuhan militer baik untuk pengintai (mata-mata) atau juga pesawat pembom, seperti yang pernah Amerika pakai saat agresi ke Irak dulu.

Kini penggunaan drone sudah meluas ke berbagai bidang, termasuk bidang pertanian. Sobat BT, mari lihat apa saja yang bisa dilakukan drone untuk pertanian.

Untuk pemetaan lahan pertanian

Dengan teknologi drone, pemetaan lahan pertanian akan jauh lebih mudah dan murah. Dulunya untuk mendapatkan peta yang bagus dan ber-resolusi tinggi, biasanya membeli citra satelite yang harganya jangan ditanya lagi..hehe

Kini dengan drone, anda bisa memetakan lahan anda dengan baik, dan mengetahui kondisi tanaman sekeliling lahan anda, sehingga berguna untuk rencana usahatani anda kedepannya.

Untuk mem-foto kondisi tanaman

Selain membuat peta blok lahan anda dan lahan sekeliling anda, drone juga bisa digunakan untuk mengetahui kondisi tanaman terkini, apakah tanaman anda sehat, gejala hama penyakit apa yang muncul bisa anda ketahui tanpa anda perlu pergi ke lahan atau sawah.

Drone akan meng-efisienkan pekerjaan anda terutama jika anda memiliki lahan yang cukup luas. Anda bisa tau seberapa banyak hama tikus atau burung yang makan padi anda, misalnya.

Untuk pengawasan tenaga kerja

Anda mempunyai banyak tenaga kerja banyak dan ingin tau bagaimana kinerja mereka? Salah satunya gunakan drone ini. Kalo di pabrik umumnya menggunakan camera CCTV untuk mengawasi pekerjaan tenaga kerja, tentu anda tak perlu melakukan hal yang sama untuk lahan anda.

Melakukan kegiatan perawatan tanaman

Kegiatan perawatan tanaman nantinya cepat atau lambat akan menggunakan drone. Di negara barat sudah dilakukan, terutama karena disana areal penanamannya sangat luas.

Di negara Barat, Eropa dan Amerika, drone digunakan untuk kegiatan perawatan seperti penyiraman dan penyemprotan (spray) pestisida. Di tengah sulitnya mencari tenaga kerja pertanian, maka teknologi drone sangat membantu sekali para petani Indonesia.

Baca jugaTeknologi Pertanian Modern, Jawaban untuk Krisis Pangan Dunia

Nah, sobat BT itulah sekilas hal-hal apa saja yang bisa dilakukan drone untuk pertanian, saat ini. Kita tidak tau ke depan akan seperti apa.

Pastinya teknologi drone atau pesawat tanpa awak akan semakin canggih lagi. Jadi, penggunaanya juga akan semakin berkembang.

Bisa jadi suatu saat nanti, pengiriman panen dilakukan dengan drone, pengiriman barang online store (toko online) atau pengiriman bantuan benih dari pemerintah dilakukan juga dengan drone. Siapa yang tahu?

Bagikan ke teman anda :
  • 17
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    17
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]