Menu

4 Jenis Pewiwilan Pada Tanaman Cabai

25/11/2018 | Holtikultura

Belajartani.com – Pewiwilan itu apa sih? Beda nggak dengan pruning atau pemangkasan? Pada artikel 4 jenis pewiwilan pada tanaman cabai ini akan kita bahas perbedaan keduanya.

Pewiwilan/perempelan berarti pembuangan tunas, bunga, buah serta daun pada tanaman. Sedang istilah pruning berarti pemangkasan. Pemangkasan di sini objeknya pun sama, yakni pada bagian tanaman misal pada cabang tanaman yang tidak produktif.

Perbedaannya, istilah pewiwilan lebih akrab di tanaman horti seperti cabai, tomat, timun, melon dan lain-lainnya. Sedangkan pruning atau pemangkasan adalah istilah yang lebih umum pada tanaman buah seperti apel, jeruk, mangga dan lain-lain.

Apapun itu, pewiwilan atau pemangkasan sama-sama berpengaruh positif terhadap pertumbuhan tanaman. Tentang bagaimana pengaruh dan manfaat kegiatan pemangkasan (pruning) ini anda bisa baca pada artikel berikut >> 3 Pengaruh Pemangkasan (Pruning/Wiwil) Terhadap Pertumbuhan Dan Perkembangan Tanaman.

Kembali lagi ke topik bahasan kita, apa saja sih 4 Jenis Pewiwilan Pada Tanaman Cabai? Apa manfaat pewiwilan? Serta kapan sebaiknya dilakukan pewiwilan?

1#. Pewiwilan tunas samping di bawah cabang Y

Pewiwilan tunas samping di bawah cabang Y bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman cabai saat fase vegetatif. Saat fase ini biarkan tanaman cabai membentuk vigor atau bentuk tanaman yang kuat dulu, batang utama serta percabangan yang kuat dulu.

Tunas samping yang tumbuh pada batang utama cabai terbukti menghambat pertumbuhan tanaman cabai, dan vigor tanaman yang terbentuk tidak terlalu bagus. Selain itu, dari segi produktivitas, tunas samping tidaklah terlalu produktif (buah yang dihasilkan sedikit).

Kapan pewiwilan tunas samping dilakukan?

Lakukan sesegera mungkin saat mulai nampak. Lakukan secara berkala, karena pewiwilan akan semakin mudah saat tunas baru tumbuh. Dengan pisau atau gunting? Ya bisa, asal steril, dengan tangan juga bisa.

2#. Pewiwilan bunga pada cabang Y

Pewiwilan bunga pada cabang Y tujuannya sama dengan pewiwilan tunas samping. Pewiwilan bunga pada cabang Y dilakukan segera setelah bunga pertama muncul.

Jadi tidak menunggu sampai bunga tadi jadi buah. Karena kalau sudah jadi buah akan mengganggu pertumbuhan cabang di atasnya, karena aliran nutrisi akan banyak masuk pada buah tadi.

3#. Pewiwilan daun tua di bawah cabang Y

Pewiwilan daun tua cabai biasanya dilakukan saat tanaman sudah mulai berbuah lebat dan kanopi daun sudah melebar. Tujuannya dari peiwilan daun tua adalah untuk mencegah terjadinya iklim mikro, karena daun tua jadi sumber penyebaran hama penyakit.

4#. Pewiwilan cabang atau tunas tidak produktif di atas cabang Y

Cabang atau tunas tidak produktif adalah cabang atau tunas yang tidak ada buahnya. Selain itu lakukan juga pewiwilan pada cabang yang sakit (misal terkeba bercak daun), kering serta yang arah pertumbuhannya ke dalam. Tujuannya aliran nutrisi bisa masuk ke cabang lain yang ada buahnya.

Baca juga : Panduan Lengkap Cara Menanam Cabai [Petani Pemula Masuk]

Demikianlah sobat BT, artikel singkat 4 jenis pewiwilan pada tanaman cabai. Pewiwilan adalah kegiatan sederhana namun berdampak besar pada berhasil tidaknya usahatani cabai anda.

Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]