bt
Menu

Tips Saat Akan Membeli Benih Agar Mendapatkan Benih Kualitas Terbaik

09/11/2018 | Holtikultura, Pangan, Review

Belajartani.com – Hal yang perlu anda dipersiapkan sebelum tanam salah satunya adalah benih. Tentu diharapkan benih dengan kualitas terbaiklah yang akan kita tanam.

Seringkali usahatani kita terkendala karena benih yang kita beli. Ada banyak kendala yang biasanya ditemukan seperti daya tumbuh/kecambah benih yang lambat dan tidak seragam.

Kasus lain bahkan benih yang telah disemai justru tidak tumbuh sama sekali. Nah ini kita beli benih harganya mahal-mahal tapi malah bikin kantong jebol, apa gak nyesek tuh? hikss

Sebagai petani tentu anda sudah pernah merasakannya, ya nggak? Ya, termasuk saya juga. heheee

Oleh karena itu kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara saat akan membeli benih, hal-hal apa yang perlu diperhaatikan agar mendapatkan mendapatkan benih kualitas terbaik.

Deskripsikan benih apa yang anda inginkan

Saat hendak membeli benih, jelaskan benih yang seperti apa yang anda butuhkan serta bagaimana rencana usahatani anda. Misal anda mau tanam tomat, musim hujan di dataran tinggi, maka carilah benih benih yang sesuai dengan kondisi tersebut.

Beli dari toko resmi

Toko resmi biasanya menjual benih-benih hasil produksi dari perusahaan benih yang telah tersertifikasi. Dan biasanya benih-benih yang dijual adalah benih-benih hibrida yang sudah teruji kualitasnya di lapangan.

Jangan membeli benih tanpa kemasan yang jelas atau “putihan”, yang tidak jelas asal muasalnya serta tidak jelas pula kualitasnya.

Tanyakan benih yang paling banyak dicari

Anda bisa menanyakan pada petugas toko, benih yang paling banyak dicari. Misal benih cabai, “benih cabai apa yang saat ini banyak dicari? Bagaimana produktivitasnya juga?”

Bukan bermaksut “lattah”, namun benih yang yang banyak dicari biasanya performanya bagus. Nah, silahkan anda gali informasi dari petugas atau dari petani yang pernah menanam varietas benih yang sama.

Tanyakan prospek pasarnya

Jika anda masih pemula, anda bisa googling atau bertanya benih yang anda beli nantinya punya pasar apa tidak. Jika sudah punya, maka nanti saat panen anda tidak perlu kuatir hasil panen anda bakal laku di pasar apa tidak.

Misal saat anda hendak membeli benih cabai keriting, tanyakan dimana pasarnya? Jika di daerah anda tidak laku, buat apa beli benih tersebut, kecuali anda punya link atau channel di luar kota.

Cek kemasan secara teliti

Dalam kemasan biasanya terdapat keterangan-keterangan yang sangat penting yang menjadi pertimbangan anda memutuskan membeli benih tersebut atau tidak.

Semisal keterangan daya tumbuh/daya kecambah, tingkat kemurnian tanaman serta tanggal kadaluarsanya. Benih yang bagus setidaknya memiliki daya tumbuh minimal 85%, artinya jika anda semai 100 benih, maka minimal yang tumbuh 85.

Dari segi kemurnian, minimal carilah yang di atas 90%. Kemurnian ini maksutnya adalah keseragaman dari buah yang dihasilkan. Misal benih cabai besar kemurnian 98%, maka dari 100 tanaman setidaknya ada 2 tanaman yang menyimpang/tidak seragam, bisa jadi muncul bentuk cabai lain.

Tanyakan apa ada jaminan

Membeli benih unggul, dari toko resmi dan bersertifikasi tentu harganya mahal. Oleh sebab itu, petani harus mendapatkan garansi atau jaminan jika benih tidak sesuai dengan deskripsi kemasan.

Pastikan bahwa jika nanti benih yang anda tanam tidak sesuai dengan “janji” dalam kemasan, bisa atau tidak uang kembali. Misal dalam kemasan kemurnian 98%, namun waktu anda tanam tenyata hanya 30% seragam, nah itu bagaimana.

Jangan terima jika kemasannya rusak atau terbuka

Sebagaimana saat anda membeli makanan atau minuman, maka jangan menerima jika kemasan benih tersebut rusak, atau terbuka, apapun alasannya. Karena kualitas benih tersebut kemungkinan menurun.

Setelah benih terbeli

Begitu benih terbeli, segera gunakan, yakni untuk menghindari penurunan daya tumbuh/kecambah. Atau jika masih menunggu persiapan tanam, simpanlah benih pada temoat yang kering dan sejuk, serta jangan lupa gunakan sebelum masa kadaluarsanya.

Baca juga : Tips Memilih Benih Jagung yang Baik

Nah, sobat BT, demikianlah artikel tentang tips bagaimana cara saat akan membeli benih, hal-hal apa yang perlu diperhatikan agar mendapatkan mendapatkan benih kualitas terbaik.

Semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain ya. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]