BelajarTani.com Holtikultura Tips dan Panduan Cara Menanam/Budidaya Semangka Tanpa Biji (Seedless)

Tips dan Panduan Cara Menanam/Budidaya Semangka Tanpa Biji (Seedless)

Tips dan Panduan Cara Menanam/Budidaya Semangka Tanpa Biji (Seedless) – Untuk memenuhi kebutuhan pasar yang semakin bermacam-macam aja permintaannya, diperlukan sebuah inovasi teknologi yang mampu menjawab tantangan tersebut. Termasuk kebutuhan pasar akan supply semangka tanpa biji (semangka seedless).

Semangka tanpa biji, sangat digemari konsumen karena kegiatan makan semangka jadi lebih mudah. Tak dipungkiri memang lebih asik makan semangka langsung ditelan dagingnya tanpa terganggu biji semangka yang jumlahnya banyak.

Keunggulan semangka tanpa biji (seedless), jelas konsumen semangka tidak perlu khawatir lagi menelan biji semangka. Terlepas dari kelebihannya itu, nyatanya menanam semangka tanpa biji tak sesimpel menanam semangka berbiji.

Teknologi semangka tanpa biji (seedless) sebenarnya bukanlah hal yang baru. Kira-kira hampir 100 tahun yang lalu tepatnya tahun 1939, Jepang menjadi penemu sekaligus pelopor pertama teknologi semangka tanpa biji.Menanam semangka tanpa biji

Bagaimana asal mula semangka tanpa biji?

Bagaimana asal mula semangka biji? Nah ini pertanyaan yang menarik. Semangka tanpa biji, secara genetik adalah semangka yang mempunyai 3 set kromosom atau triploid yang kemudian lebih dikenal dengan 3N.

Pertanyaannya sekarang adalah bukankah semangka 3N itu tidak mempunyai biji, lalu bagaimana cara memperoleh benihnya?

Untuk memperoleh atau memproduksi benih semangka tanpa biji atau 3N adalah dengan cara menyilangkan semangka berkromosom 4 set atau 4N (tetraploid) dengan semangka berbiji biasa (seeded) yaitu jumlah kromosomnya 2N (diploid).

Jadi rumus untuk dapat semangka 3N = semangka 4N x semangka 2N

Teknik Cara dan Langkah-langkah Mendapatkan Semangka 4N

Kunci utama untuk dapat semangka 3N adalah dengan memperoleh semangka 4N lebih dulu. Langkah-langkah mendapatkan semangka 4N yaitu :

  1. Pilihlah benih semangka 2N/diploid yang akan dijadikan semangka 4N yakni benih yang bernas dari buah yang karakternya bagus dan sesuai dengan keinginan konsumen/pasar.
  2. Kemudian rendamlah benih semangka 2N yang sudah diseleksi tadi dalam larutan kimia kolkisin selama 24 jam. Pada saat benih semangka 2N direndam pada larutan kolkisin, dinding sel baru pada kromosom menjadi tidak terbentuk, namun justru 2 set kromosom membelah menjadi 4 set kromosom.
  3. Setelah itu baru kemudian benih semangka hasil perendaman kolkisin disemai. Maka benih yang tumbuh tadi jadilah dia benih semangka 4N.
  4. Namun tak semua benih semangka 2N yang direndam kolkisin tadi jadi semangka 4N semua, prosentase yang jadi mungkin hanya 10%-an saja.
  5. Selanjutnya tinggal memperbanyak tanaman semangka yang berhasil jadi 4N untuk dijadikan benih induk.

Teknik Cara dan Langkah-langkah Membuat Semangka 3N

Benih induk semangka 4N sudah kita dapatkan. Sekarang waktunya membuat semangka 3N. Ingat rumus 3N yaitu 4N disilangkan dengan 2N melalui penyerbukan.

Langkah-langkah cara membuat semangka 3N yaitu :

  1. Tanam semangka 4N bersamaan dengan semangka 2N (Semangka 2N hanya diambil bunga jantannya saja)
  2. Sebelum bunga betina mekar pada semangka 4N, tutuplah dengan kertas selfing.
  3. Di hari yang sama, ambil bunga jantan pada semangka 2N untuk digunakan polinasi atau penyerbukan di esok harinya.
  4. Polinasi atau penyerbukan dilakukan pada pagi hari, cara polinasi yaitu dengan cara menempelkan bunga jantan semangka 2N pada bunga betina semangka 4N
  5. Setelah polinasi selesai, tutup bunga betina semangka 4N dengan kertas selfing, kemudian berikan tanda berupa benang
  6. Buah hasil polinasi tadi akan menghasilkan benih semangka 3N atau semangka tanpa biji yang kalau kita beli di toko pertanian sudah di labeli dengan benih F1.

Nah sobat BT, itulah sekilas cara membuat benih semangka tanpa biji (semangka non biji). Mungkin bagi para petani langkah di atas dirasa sangatlah rumit.

Bagi anda yang mau menanam semangka tanpa biji atau non biji, anda cukup membeli benih F1 semangka tanpa biji atau 3N di toko pertanian favorit anda.

Oke, anggap saja benih semangka tanpa biji sudah di tangan. Bagaimana cara menanam benih semangka tanpa biji tersebut? Apa bedanya dengan cara tanam semangka berbiji?

Teknik Budidaya atau Cara Menanam Semangka Tanpa Biji

Semangka tanpa biji atau semangka non biji, secara teknik budidaya tidak ada bedanya dengan semangka berbiji pada umumnya.

  • Persiapan lahan juga sama perlu olah tanah, pupuk dasar, dengan ataupun tanpa mulsa.
  • Agar buah semangka non biji bisa besar teknik perawatan hampir sama dengan semangka berbiji, perlu pemberian air yang cukup dan pemupukan yang tepat berimbang.
  • Perlakuan-perlakuannya juga sama seperti pemangkasan cabang, seleksi buah agar buah optimal, agar buah masuk grade A.
  • Pengendalian hama penyakit juga mutlak dilakukan agar buah semangka bisa panen dengan selamat.
  • Nah, untuk uraian yang lebih jelas dan mendetil anda bisa membaca di artikel berikut >> Rahasia Sukses Menanam (Budidaya) Semangka (Watermelon) Agar Berbuah Besar Hasil Maksimal.

Yang membedakan adalah….Sistem tanamnya…!

Dalam menanam semangka tanpa biji (3N) juga perlu dilakukan penanaman semangka berbiji (2N), hal ini dikarenakan pada walaupun semangka 3N memiliki bunga betina dan jantan, namun bunga jantannya steril atau mandul.

Jadi agar dapat menghasilkan buah, bunga betina semangka 3N tetap perlu diserbuki atau dibuahi oleh polen atau tepung sari dari tanaman semangka lain yang fertil yakni dari bunga jantan 2N.

Perbandingan jumlah tanaman antara 3N dengan 2N yaitu bisa 5 : 1, dimana bibit semangka 2N (yang diambil bunga jantannya) ditanam lebih dulu seminggu sebelum penanaman bibit semangka 3N.

Proses polinasi atau penyerbukan terjadi dengan 2 cara yaitu penyerbukan secara alami dengan bantuan lebah, atau polinasi secara manual yang dilakukan oleh petani. Populasi secara manual dilakukan apabila di areal penanaman tidak ditemukan lebah atau serangga polinator.

Pro kontra teknologi benih semangka tanpa biji

Munculnya teknologi semangka tanpa biji dari awal menimbulkan pro (mendukung) dan kontra (menolak). Yang mendukung menilai bahwa teknologi semangka biji mempunyai manfaat positif yakni menghasilkan buah semangka yang mudah dikonsumsi tanpa terganggung adanya biji.

Yang menolak menilai bahwa adanya semangka tanpa biji dilalui dengan proses mutasi gen indukan, hal ini dianggap merubah kodrat Tuhan. Sehingga tanaman tanpa biji (triploid) menjadi mandul dan tidak bisa lagi berkembang biak secara generatif (biji).

Harga benih semangka tanpa biji F1

Mengingat rumitnya proses produksi benih semangka tanpa biji, maka harga benih semangka tanpa biji (seedless) lebih mahal daripada benih semangka berbiji (seeded). Sebagai contoh harga benih semangka tanpa biji di toko online (Februari 2020) 180.000/10 gram, sedang harga benih semangka berbiji hanya 80.000/10 gramnya.

Bagikan Artikel Ini Ya Boskuh ! Trims.
9 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *