bt
Menu

Strawberry Putih Itu Ada Sob, Tapi Super Mahal Harganya

Belajartani.com – Berbicara tentang strawberry tentu anda semua setuju bahwa buah ini sangat menarik sekali. Warnanya yang merah menyala, serta rasa dan aroma yang harum membuat banyak orang menyukainya.

Tak terkecuali anak kecil juga menyukai buah ini walaupun dalam bentuk minuman susu atau permen. Saya termasuk orang suka sama strawberry karena warna dan bentuknya yang unik.

Makanya saya menanamnya di depan rumah saya, di polibag dan botol-botol bekas. Walaupun sebenarnya saya tidak terlalu suka mngkonsumsi strawberry secara lansung lantaran rasanya yang dominan asam dibanding manisnya.

Namun menanam strawberry ini asyik sekali, sob. Membuahkannya pun cukup mudah karena memang strawberry bisa berbuah sepanjang tahun. Ditambah tanaman buah ini bikin teras rumah saya nampak indah, dan sesekali dikunjungi oleh tetangga sebelah yang melihat-lihat.

Untuk mengurangi rasa asamnya yang dominan tadi, strawberry yang saya panen biasanya saya olah jadi juz strawberry yang sangat segar dan sehat. Ya, mungkin karena rasa asamnya itu, strawberry lebih banyak diolah menjadi bahan olahan seperti selai atau bahan minuman dalam botol.

Begitulah sobat kira-kira gambaran umum tentang tanaman strawberry yang selama ini kita kenal dan mungkin sebagian dari anda juga menanamnya di pot atau polibag di pekarangan rumah anda, walaupun sekali lagi anda pun tak suka mengkonsumsinya secara langsung.

Baca juga : 4 Jenis Tanaman Hortikultura

Selain strawberrry merah yang biasa kita kenal di atas, ada juga strawberry putih (white strawberry) yang rasanya manis. Strawberry putih berasal dari negara Jepang. Namun konon harganya super mahal.

Dilansir dari web odditycentral.com, dikatakan bahwa strawberry jenis putih ini harganya Rp. 130.000. Itu harga per kg kan? Tidak, itu harga per buah, kawan! Wah ediiyaaaan sekali itu namanya, masak sebiji strawberry aja harganya segitu, gimana sekilonya. Haha

Tapi itulah faktanya…! Strawberry jenis putih seperti White Jewel atau Shiroi Houseki di Jepang ini sudah bertahun-tahun menjadi primadona di pasar buah mewah di Jepang.

Strawberry putih Shiroi Houseki. Image source : odditycentral.com

Di katakan pula bahwa strawberry jenis putih tersebut di kembangkan oleh peneliti jepang bernama Yasuhito Teshima. Keunggulan dari strawberrry putih tersebut antara lain memiliki rasa dan aroma yang sangat manis dibanding strawberrry pada umumnya serta memiliki ukuran yang jauh lebih besaar.

Bagaimana cara membuat strawberry putih ini?

Disebutkan bahwa untuk membuat strawberry putih yang besar, perlu dilakukan cross breeding atau persilangan dengan berbagai jenis strawberry. Untuk memunculkan gen warna putihnya, strawberry ditumbuhkan pada tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. Tujuannya untuk mengurangi kadar pigmen antosianin (pembentuk warna merah, ungu, atau biru).

Strawberry putih Shiroi Houseki. Image source: odditycentral.com

Strawberry putih Shiroi Houseki,  karena haganya yang sangat mahal, tidak dikonsumsi sebagai camilan, namun umumnya digunakan sebagai hadiah. Saat ini, Strawberry putih Shiroi Houseki hanya dijual di supermarket di Jepang. Banyak masyarakat Jepang yang menanam buah ini di halaman rumah mereka.

Gimana sobat BT, anda tertarik untuk membelinya untuk dijadikan hadiah? Menurut anda apakah harga tersebut masuk akal sehingga anda perlu membelinya?

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥