BelajarTani.com Holtikultura 3 Alasan Ini Yang Bikin Harga Buah Di Jepang Super Mahal

3 Alasan Ini Yang Bikin Harga Buah Di Jepang Super Mahal

3 Alasan Ini Yang Bikin Harga Buah Di Jepang Super Mahal  – Jika berbicara tentang negara yang harga produk pertaniannya mahal, tentu saja ada nama Jepang di situ. Mungkin anda pernah mendengar sebuah melon bisa berharga ratusan juta rupiah ?

Sebuah melon berharga ratusan juta rupiah ? Ah yang benar, seperti ada yang salah dengan pertanyaan tersebut. Tapi, anda pernah kan mendengar melon berharga ratusan juta rupiah ?

Yap, melon tersebut ada di Jepang. Seperti saya juga, mungkin anda bertanya-tanya “Kok bisa harga buah di sana bisa semahal itu ? Apa sih yang menyebabkan buah yang dihasilkan dari petani Jepang begitu mahal ?”

Apakah ada kaitan antara biaya produksi yang dikeluarkan sehingga harganya bisa semahal itu ? untuk menjawab pertanyaan tersebut saya coba menelusuri berbagai halaman website berbahasa Inggris yang membahas topik ini.

harga buah di jepang
Yubari King, melon termahal di Jepang dan Dunia. Image source: alchetron.com

Dari penelesuran ke beberapa situs, salah satunya adayofzen.com, kami temukan ada 3 alasan mengapa harga buah di Jepang super mahal. Nanti kita akan share juga beberapa yang nilainya sangat fantastis untuk ukuran orang Indonesia.

3 Alasan Mengapa Harga Buah Di Jepang Super Mahal

1 Konsumen Jepang tergolong perfeksionis

Dalam bahasa sederhana, bisa dibilang kalau konsumen buah di Jepang sangatlah rewel. Mereka tidak asal mengkomsumsi buah. Mereka maunya buah yang terbaik. Dari luar terlihat sempurna dan di dalam rasanya juga enak.

Meski begitu mereka fair. Mereka takkan ragu membayar mahal buah jika memang kualitasnya baik. Jadi meski mahal, anda tak akan menemui buah yang cacat fisik, memar apalagi busuk.

Baca juga : 31 Fakta Edamame Jember, Makanan Favorit Orang Jepang

Dari fakta di atas, mungkin benar yang dikatakan oleh eskportir target pasar Jepang, kalau untuk menembus pasar Jepang untuk cukup sulit. Salah satunya dari fakta di atas.

Harus benar-benar barang berkualitas yang bisa masuk ke sana. Bisa dikatakan hanya eksportir jempolan saja yang berhasil menembus pasar Jepang.

2 Adanya perlindungan pertanian bagi kepentingan petani Jepang

Setiap negara pasti berkepentingan melindungi petani lokalnya. Hanya negara bodoh saja yang mengesampingkan nasib petaninya. Biasanya karena ulah segelintir oknum pejabat yang ujung-ujungnya soal cuan.

Di Jepang, petani di sana tentu tak mengalami apa yang ada di Indonesia. Misal saat harga gabah di Indonesia 5.000/kg, petani Jepang menikmati harga 30.000/kg.

Dengan harga sebesar itu, tentu saja akan membuat petani di sana selalu semangat dan termotivasi. Harga mahal hasil pertanian mereka tetap menjaga minat dan membuat profesi petani sebagai sebuah kebanggaan.

Diketahui bahwa hanya 12% saja lahan yang digunakan untuk budidaya pertanian, dimana mayoritasnya untuk tanam padi. Agar angka tersebut tidak menurun, maka tidak ada pilihan lain selain memberikan perhatian yang lebih kepada petani.

3 Buah hasil pertanian bukan sekedar untuk dimakan

Di Jepang ada tradisi pemberian hadiah (zōtō) yang sudah berlangsung ratusan tahun. Buah menjadi salah satu pilihan hadiah yang sangat populer disana.

Hadiah berupa buah mewah di Jepang biasanya diberikan sebagai penghargaan atau rasa terimakasih, atau untuk sekedar menjaga hubungan baik dengan rekan bisnis yang dianggap penting.

Harga/nilai jual mahal timbul berkat pengemasan dan penampilan buah yang mewah. Selain itu buah terjamin rasa dan kualitasnya, serta dijamin bebas memar.

Untuk mewujudkan tersebut diperlukan sebuah usaha yang luar biasa yang dilakukan oleh petani mulai dari pra tanam, hingga pasca panen.

Salah satu buah yang sangat populer adalah melon musk (musk melon). Melon tersebut ditanam dalam greenhouse yang terkontrol segala sesuatunya, suhu kelembapan sehingga melon bisa tumbuh secara optimal.

Baca juga : [Fakta] Potret Kemajuan Pertanian Di Jepang

Melon Yubari Jepang mungkin yang termahal di dunia. Melon yang berasal dari Wilayah Yubari Jepang ini, memecahkan rekor harga pada tahun 2019 ketika sepasang-nya dilelang seharga $45.000.

Tidak hanya buah melon, tapi banyak jenis buah lain yang bisa jadi hadiah. Di Jepang anda akan banyak menemui supermarket atau toko yang di disain khusus menjual buah, khusus sebagai hadiah/souvenir.

Anda akan melihat apel atau buah persik yang dikemas secara unik, dikemas dengan kain mewah, atau kotak mewah, semuanya memiliki ukuran dan warna yang seragam.

Daftar harga buah di Jepang yang harganya mahal

Toko buah mahal (luxury fruit) di Sembikiya. Image source: uchicagobite.com

Mungkin alasan di atas tidak berlaku bagi petani di luar Jepang misal bagi petani di Indonesia, karena harga buah nya terlampau sangat tidak masuk akal. Namun fakta mengatakan begitu adanya.

Berikut ini buah-buahan yang harganya super mahal di Jepang

  • Melon Yubari King $22.500 (IDR315.000.000)
  • Anggur Ruby Roman $11.000 per-tandan (IDR154.0000)
  • Mangga Sun mango $3.700 (IDR51.800.000)
  • Semangka Kotak $100 (IDR1.400.000)
  • Apel Sekai Ichi $20 (IDR280.000)
  • Strawberry Putih White Jewel $10 per buah (IDR140.000)

Baca juga : Strawberry Putih Itu Ada Sob, Tapi Super Mahal Harganya

3 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *