bt
Menu

Mengenal Pameran Pertanian Yang Ada Indonesia

Belajartani.com – Teknologi alat dan mesin saat ini berkembang sangat pesat, termasuk pada sektor pertanian. Penggunaan teknologi pertanian menjadi sesuatu yang wajib jika anda tidak ingin ketinggalan dengan negara lain.

Percaya atau tidak, petani di berbagai negara kini tengah berlomba-lomba meningkatkan efektivitas dan efisiensi usahataninya melalui pemanfaatan teknologi. Dengan begitu, biaya operasional yang dikeluarkan bisa ditekan seminimal mungkin, sementara hasil bisa dioptimalkan.

Nah, untuk melihat bagaimana perkembangan teknologi pertanian terkini, salah satunya melalui pameran pertanian.

Seringkali kita, atau spesifik saya sajalah, saat mengunjungi sebuah pameran pertanian dibuat tercengang-cengang melihat kemajuan teknologi pertanian.

PENAS, salah satu Pameran Pertanian yang ada di Indonesia. Image source: acehmonitor.com

“Sudah secanggih ini ya teknologi pertanian saat ini, ketinggalan jauh banget dong”.

Seolah apa yang sudah kita terapkan pada kegiatan budidaya atau usahatani kita itu sudah kuno dan jadul, mungkin ketinggalan 50 tahun dari Eropa dan Amerika.

Baca juga : Teknologi Pertanian Modern, Jawaban Untuk Krisis Pangan Dunia

Pameran pertanian bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan teknologi canggih, modern dan terbaru pada sektor pertanian. Diharapkan adopsi teknologi modern tadi dapat meningkatkan level budidaya pertanian kita yang awalnya masih tradisional menjadi modern.

Di Indonesia, ada banyak sekali kegiatan pameran pertanian, mulai dari skala lokal, nasional hingga internasional. Nah, saya akan berikan daftarnya, dari yang saya ketahui, karena saya pribadi sangat senang hadir di acara pameran pertanian.

Mengunjungi pameran pertanian banyak manfaatnya antara lain bisa menambah wawasan dan pengetahuan terbaru terkait teknologi pertanian terkini, selain karena biasanya biaya masuknya gratis, anda juga berpeluang menambah kenalan, jejaring, channel atau link dengan pihak lain.

Jadi, kalau anda liat ada yang kurang mohon diinfokan ya, atau kalau ada salah mohon koreksinya, biar nanti saya update daftar pameran pertanian yang ada di Indonesia ini.

#1. MILLENIAL INDONESIA AGROPRENEURS (MIA)

Pameran pertanian yang bertujuan untuk mempromosikan produk hasil karya wirausaha muda pertanian yang telah berhasil, menarik minat generasi muda agar tertarik pada bisnis pertanian, serta mengenalkan potensi, peluang usaha di sektor pertanian .

Penyelenggara : PUSDIKTAN BPPSDMP

Peserta : Mahasiswa Politeknik Pembanguan Pertanian (POLBANGTAN) dan siswa kejuruan pertanian (SMK-PP) yang memiliki usaha dan mendapatkan bantuan modal usaha dari PUSDIKTAN BPPSDMP.

Lokasi terakhir : MIA pertama pada April 2019 di Botani Square, Bogor

Skala : nasional

#2. INDONESIA AGROFOOD EXPO (IAE)

Pameran Indonesia Agrofood Expo adalah pameran yang meliputi produk pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, produk olahan dan teknologinya.

Bertujuan untuk mempromosikan/mengenalkan produk unggulan pertanian kepada pelaku bisnis sektor pertanian dan masyarakat, serta untuk mengembangkan jaringan bisnis antar pelaku sektor pertanian misal antara seller dan buyer.

Pameran Indonesia Agrofood Expo (IAE) diselenggarakan bersamaan dengan pameran berskala internasional lain seperti Indonesia Modern Agricultural Expo (pameran pertanian modern seperti alsintan, agrochemical/pestisida dan lain-lain), Halal Indonesia Expo, Indonesia Coffee, Cacao & Tea Festival.

Penyelenggara : PT. Wahyu Promo Citra (yang didukung oleh KEMENTAN RI, KEMENPERIN RI, dan lain-lain).

Peserta : KEMENTAN, MENDAG, BUMN, PEMDA dan PEMPROV (DISPERTA, DISBUN) dan pelaku industri pertanian nasional dan internasional

Lokasi terakhir : IAE ke-19, pada Juni 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta

Skala : internasional

#3. INAGRITECH

INAGRITECH (Indonesia International Agricultural Machinery, Equipment, Technology And Service Exhibition) adalah pameran internasional yang mempromosikan teknologi terbaru alat dan mesin pertanian (Alsintan) serta berbagai jenis teknologi modern di sektor pertanian saat ini.

Bersamaan dengan INAGRITECH juga diselenggarakan pameran internasional lain yaitu

  • INAGRICHEM : INAGRICHEM (Indonesia International Agriculture Chemical, Fertilizer dan Pesticide Exhibition) adalah pameran produk pestisida dan pupuk beserta teknologi terkininya.
  • INAPALM ASIA : INAPALM (Indonesia International Palm Oil Machinery & Processing Technology Exhibition), merupakan pameran menampilkan produk teknologi mesin pada industri kelapa sawit
  • SUGARMACH : SUGARMACH (Indonesia International Sugar Machinery, Equpment & Processing Technology Exhibition) merupakan pameran mesin dan teknologi pengolahan tebu pada industri gula.

Penyelenggara : PT. Global Expo Management/ GEM Indonesia (yang didukung oleh KEMENTAN RI, KEMENPERIN RI, dan lain-lain).

Peserta : pelaku industri pertanian nasional dan internasional

Lokasi terakhir : INAGRITECH  ke-7, pada Juni 2019 di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta

Skala : internasional

#4. PETRO AGRIFOOD EXPO (PAE)

Petro Agrifood Expo merupakan pameran tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan produk pertanian lokal bermutu hasil karya petani binaan, aneka jenis buah dan bunga berkualitas, aneka hasil peternakan dan perikanan serta alat dan agrochem pertanian.

Selain merupakan ajang untuk promosi, PAE banyak dimanfaatkan sebagai agroekowisata bagi warna sekitar. Di samping itu, pada event tersebut dilakukan kegiatan pelatihan-pelatihan gratis terkait budidaya tanaman, misalnya budidaya tanaman hidroponik.

Penyelenggara : PT. Petrokimia Gresik (didukung oleh Pupuk Indonesida dan BUMN terkait)

Peserta : pengusaha sektor pertanian agribisnis dan petani binaan/mitra PT. Petrokimia Gresik (PG)

Lokasi terakhir : PAE ke-17 di kebun percobaan PT. Petrokimia Gresik, Gresik

Skala : nasional

#5. APKASI OTONOMI EXPO (AOE)

APKASI OTONOMI EXPO (AOE) merupakan pameran yang diselenggarakan oleh APKASI, yaitu Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia.

Event tahunan ini,  bertujuan untuk mempromosikan produk daerah, seperti kopi, kakau, cerutu, dengan cara mempertemukan semua stake holder atau pelaku usaha agribisnis mulai dari buyers, seller atau investor, baik dari dalam maupun luar negeri.

Selain itu diharapkan pameran tersebut menjadi akses bagi produk daerah untuk masuk pasar perdagangan internasional.

Penyelenggara : APKASI (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia)

Peserta : pemerintah kabupaten yang menjadi anggota APKASI

Lokasi terakhir : AOE 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta

Skala : internasional

#6. FESTIVAL KOPI NUSANTARA

FESTIVAL KOPI NUSANTARA merupakan pameran yang bertujuan untuk mempromosikan produk kopi lokal khas daerah-daerah di Indonesia, seperti Kopi Java, Kopi Aceh, Kopi Bali, Kopi Toraja, Kopi Nias, Kopi Malang, dan lain-lain.

Selain mengenalkan produk kopi unggulan nusantara, kegiatan ini juga akan memberikan edukasi kepada para pengunjung, petani kopi dan para pengusaha kopi.

Penyelenggara : KEMENDES PDTT (Kementerian desa, pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi)

Peserta : pengusaha kopi, BUMDES dan brand kopi lokal maupun nasional

Lokasi terakhir : pada September 2019 di Kabupaten Nias, Sumatera Utara

Skala : internasional

#7. INDO LIVESTOCK EXPO & FORUM

Indo Livestock Expo & Forum, merupakan pameran sektor peternakan, industri pakan ternak, pengolahan susu, alat-alat kedokteran hewan dan perikanan.

Indo Livestock digelar untuk memperkenalkan informasi terbaru pada industri peternakan dan perikanan. Selain itu diharapkan dapat membangun jaringan industri yang jauh lebih kuat antara stake holder atau pelaku bisnis peternakan dan perikanan di Indonesia dan dunia.

Penyelenggara : Indo Livestock

Peserta : seluruh pelaku dari dalam dan luar negeri baik pengusaha, peneliti, pemerhati, produsen pakan ternak, pakar kesehatan hewan, kementerian, lembaga dan instansi pemerintah serta asosiasi yang bergerak di sektor terkait.

Lokasi terakhir :  Indo Livestock Expo & Forum ke-14, pada Juli 2019 di Grand City Convex, Surabaya.

Skala : internasional

#8. PENAS KTNA

PENAS KTNA atau singkatan Dari Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan, merupakan pameran pertanian (dan subsektor turunannya) yang rutin diselenggarakan tiap 2-4 tahun.

PENAS menjadi ajang gelar teknologi pertanian di Indonesia karena diikuti peserta yang cukup banyak yaitu 30.000 peserta dari berbagai elemen antara lain kelompok tani, kelompok nelayan, atau pelaku usaha perikanan perkebunan, kehutanan, pemerhati perhatian, akademisi, pelaku agribisnis dan petani dari negara ASEAN.

Di lokasi PENAS anda akan dengan mudah menemui berbagai lahan percontohan atau lahan demplot yang menampilkan berbagai jenis teknologi inovatif, dengan penataan lahan yang tersusun rapi dan tentunya menarik perhatian pengunjung pameran.

Penyelenggara : KTNA Indonesia (didukung oleh kementerian terkait)

Peserta : kelompok tani, kelompok nelayan, atau pelaku usaha perikanan perkebunan, kehutanan, pemerhati perhatian, akademisi, pelaku agribisnis dan petani dari negara ASEAN.

Lokasi terakhir :  pada 2017 di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh

Skala : internasional

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥