BelajarTani.com Holtikultura Inilah Mengapa Pembentukan Buah Agak Susah Di Musim Hujan

Inilah Mengapa Pembentukan Buah Agak Susah Di Musim Hujan

Mengapa Sih Pembentukan Buah Susah Di Musim Hujan ? – Halo sobat BT, di antara kalian saya pikir pernah tanam sayur buah di musim hujan. Pernah gak sih kalian mengalami pembentukan buah agak susah di tanaman kalian, tak semudah saat di musim kemarau? Atau dengan kata lain “sulit”.

Pengalaman saya pribadi pernah mengalaminya, yakni terkadang pembentukan buah (fruit setting) baik itu pada cabai atau tomat agak susah, sekali lagi pembentukan buahnya tak semudah saat musim kemarau.

Tenang gaes, kondisi semacam itu adalah masih sangat wajar. Ada beberapa hal atau penyebab kenapa di musim hujan pembentukan buah agak susah.

Simak pembahasan di bawah ini mengapa sih pembentukan buah agak susah di musim hujan?

Baca juga : 5 Hal Yang Harus Diwaspadai Saat Bertanam Di Musim Hujan

#1. Intensitas sinar matahari yang berkurang

Seperti yang kita tahu, saat musim hujan kondisi langit cenderung mendung sehingga berakibat pada berkurangnya intensitas matahari.

Sinar matahari sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk proses metabolisme dan fotosintesis tanaman. Seringkali fotosintesis terhambat akibatnya buah hasil penyerbukan gagal berkembang kemudian rontok.

#2. Proses penyerbukan terganggu

Dari proses penyerbukan pun sama, seringkali pada musim hujan mengalami kendala yaitu adanya air hujan yang “mencuci” serbuk sari sehingga hilang terbawa air sebelum sempat menyerbuki kepala putik.

Sebagai akibat dari kepala putih yang tidak diserbuki atau dibuahi oleh serbuk sari adalah bunga menjadi rontok 2-3 hari kemudian.

Sangat berbeda saat musim kemarau, saat itu kita akan lihat proses penyerbukan berjalan dengan baik. Selain itu kualitas serbuk sari juga baik, karena metabolisme fisiologis tanaman berjalan dengan  sangat baik.

Selain 2 faktor di atas, ada beberapa faktor juga yang berpengaruh pada gagalnya pembentukan buah, seperti akibat interaksi hama ataupun penyakit (jamur).

Baca juga : 

Serangan serangga seperti Trips atau jamur terutama pada bagian bunga, juga berpengaruh pada pembentukan buah/bunga rontok. Namun hal ini tidaklah terjadi pada saat musim hujan saja.

Jangan Lupa Share Ya !
6 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *