bt
Menu

Untuk Jadi Orang Sukses Tak Harus Sekolah Tinggi Kok

12/11/2018 | Kolom Opini

Belajartani.com – Dalam sebuah training kewirausahaan yang dulu pernah saya ikuti, ada pelajaran menarik yang saya dapatkan, bahwa kunci kesuksesan bukanlah dari tingkat pendidikan. Sekolah tinggi adalah salah satu faktor pendukung sukses, bukan utama.

Dalam training tersebut, sang trainer lantas membeberkan fakta bahwa banyak sarjana yang masih belum mendapakan pekerjaan, atau dengan kata lain banyak sarjana atau lulusan perguruan tinggi yang menjadi pengangguran (jobless).

Fakta lain bahwa lowongan pekerjaan yang ada tidak sebanding dengan calon sarjana yang akan masuk dunia kerja. Sehingga sampai pada kesimpulan bahwa menjadi sarjana saat ini bukanlah jaminan kesuksesan…! Kemudian dia memberikan 3 kunci sukses sebagai berikut :

#1. Knowledge, artinya ilmu pengetahuan. Jika knowledge ini diangkakan berdasarkan urutan abjad, a=1, b=2, c=3,,,dst dan z=26, maka nilai dari knowledge=96.

#2. Skill, artinya keterampilan, biasanya mengarah pada keahlian baik itu soft skill atau hard skill. Nilai dari skill=63.

#3. Attitude, artinya sikap atau cara bersikap. Dalam pandangan islam cara bersikap biasa dikenal dengan istilah akhlak. Nilai dari attitude=100.

Ternyata dari 3 kunci sukses di atas, nilai dari attitude lah yang besar yakni mencapai 100….!

Jadi sikap merupakan utama syarat untuk sukses. Pengetahuan, dan keterampilan hanya sebagai faktor pendukung saja. Meski begitu, bukan berarti pendidikan tinggi itu tidak penting.

Kembali ke apa yang trainer sampaikan, mungkin ada benarnya bahwa sikap atau attitude lah yang menggerakkan diri seseorang (fisik dan psikis) menjadi orang sukses.

Waktu itu cukup dalam saya merenungi ini, dipikir-pikir ternyata benar juga.

Sikap atau attitude memang sangat penting, bagaimana sikap ia melihat kehidupan, tantangan serta masalah. Bagaimana ia menggunakan akal dan kemampuan berfikirnya untuk bisa menghadapi masalah yang dihadapi tanpa pernah putus asa.

Turunan dari attitude ini ada mind set, yang berarti pola pikir. Bagaimana pola pikir yang benar? Bagaimana pola pikir orang sukses?

Pola pikir orang sukses disebutkan ada beberapa point yaitu :

#1. Kerja keras (hard word), artinya kerja keras. Orang yang sukses adalah yang sadar bahwa segala sesuatu itu dicapai dengan kerja keras. Turunannya kerja secara tuntas dan kerja secara ikhlas.

#2. Tekun (persistent), tekun bisa diartikan gigih atau bisa juga istiqomah. Untuk menjadi sukses perlu proses belajar dan latihan yang berulang-ulang pada bidang yang ditekuninya. Practise make perfect..!

#3. Fokus (focus), artinya terpusat. Dalam konteks bisnis diartikan terpusat pada satu titik bisnis yang dikuasai dan disukainya. Pernah dengar jargon “pekerjaan yang menyenangkan adalah hobi yang dibayar”.

Makanya jangan heran saat ini kita lihat banyak pengusaha sukses dulunya tak pernah mengenyam bangku sekolah sama sekali. Tak sedikit yang sukses dulunya adalah orang yang tekun menggeluti satu bidang dan fokus pada bidang itu.

Disinilah kita akan mendapatkan korelasi atau hubungan isi artikel ini dengan profesi kita sebagai petani. Menjadi petani sukses itu bisa dilakukan siapa saja, dengan latar belakang pendidikan apapun.

Mau dia lulusan perguruan tinggi, SMA, SMK, SMP, SD bahkan tak sekolah formal sekalipun, berkesempatan untuk tampil menjadi orang sukses.

Petani dengan latar belakang pendidikan tinggi (Sarjana Pertanian) belum tentu bisa mengalahkan petani yang berpengalaman, jam terbang tinggi (puluhan tahun menekuni bidangnya) dan telah menjadi profesional (ahli di bidangnya).

Petani, apapun itu latar belakang pendidikannya, pasti bisa sukses asal kerja keras, tekun serta fokus pada komoditas utama yang didalaminya (catat ya..!)

Dan lihat saja, dengan berjalannya waktu, kesuksesan-lah yang akan menghampirinya…!

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]