Inilah 9 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi [Murah dan Mudah Diperoleh]

Buah Vitamin C Tinggi – Buah adalah salah satu makanan wajib yang harus dikonsumsi setiap hari. Hal ini sangat penting mengingat ada berbagai kandungan nutrisi penting di dalam buah yang bermanfaat untuk tubuh salah satunya yaitu vitamin C.

Vitamin C dikenal juga dengan nama asam askorbat yang bisa larut di dalam air dan mudah ditemukan di berbagai buah.

Vitamin satu ini berfungsi sebagai antioksidan yang sangat kuat di dalam tubuh dan berperan penting untuk menjaga sistem imun, menjaga produksi neurotransmitter syaraf, melakukan sintesis kolagen, dan lain-lain.

Mengkonsumsi kebutuhan vitamin C sesuai dengan kebutuhan harian juga dapat menjaga kekuatan tulang, gigi, hingga pembulu darah. Kekurangan akan menyebabkan infeksi, gusi berdarah, hingga anemia.

Buah vitamin C tinggi
Gambar beberapa buah dengan kandungan vitamin C tinggi

Kebutuhan vitamin C sudah bisa terpenuhi hanya dengan konsumsi buah-buahan setiap harinya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengkonsumsi buah dengan vitamin C tinggi berikut ini :

1. Jambu Biji

Pertama ada jambu biji, dimana dalam satu buah saja sudah mengandung 125 mg atau 138% dari AKG harian.

Sebuah riset yang melibatkan 45 orang dewasa menemukan bahwa konsumsi jambu biji sebanyak 400gram setiap hari selama seminggu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan tekanan darah.

2. Blackcurrants

Selanjutnya ada buah blackcurrants yang umum dijadikan smoothie atau dikonsumsi dalam bentuk salad. Buah ini dalam takaran 56gram saja bisa mengandung 102 mg vitamin C atau 113% dari AKG. Kandungan antioksidan flavonoid atau antosianin menjadikan buah satu ini memiliki warna gelap.

Sebuah penelitian telah memberikan hasil menjaga konsumsi dengan makanan yang tinggi antosianin ini bisa mengurangi gejala akibat oksidatif yang kerap berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung hingga kanker.

3. Kiwi

Buah lainnya yang mengandung vitamin C tinggi yaitu kiwi. Dengan hanya satu buah kiwi medium sudah mengandung 56 mg vitamin C atau 62% dari total kebutuhan harian. Buah satu ini telah diketahui memiliki fungsi sebagai penghambat pembekuan pada trombosit darah yang secara efektif juga mengurangi resiko pembekuan darah dan stroke.

Mengkonsumsi kiwi tidak hanya baik bagi pembulu darah tetapi juga bagi sistem kekebalan tubuh. Sebuah riset pada 14 pria yang kekurangan vitamin c menemukan hasil bahwa konsumsi kiwi sebanyak dua buah setiap harinya dalam 4 minggu sudah bisa meningkatkan efektivitas sel darah putih sebesar 20%. Bahkan, kadar vitamin C dalam darah sudah bisa menjadi normal hanya dalam satu minggu.

4. Pepaya

Buah tropis pepaya selain dikenal sebagai buah yang bisa memperlancar aktivitas buang air besar (BAB) ternyata juga kaya akan vitamin C. Di dalam setengah buah pepaya mengandung sebesar 94 mg vitamin C dan sudah mencukupi AKG.

Selain mengandung vitamin C, pepaya juga memiliki berbagai nutrsi lainnya seperti vitamin A, vitamin B kompleks, kalsium, serat, dan juga kalium. Kandungan pepaya yang kaya akan nutrisi ini membuatnya mampu menjaga metabolisme tubuh.

5. Jeruk

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa jeruk merupakan buah yang selalu berkaitan erat dengan kandungan vitamin C tinggi. Hal ini memang benar adanya mengingat satu buah jeruk saja memiliki kandungan 82,7 mg vitamin C. Kandungan tersebut sudah setara dengan 91% dari total AKG untuk orang dewasa.

Konsumsi jeruk akan membuat Anda memperoleh berbagai bentuk antioksidan seperti fenol dan likopen. Selain itu, ada juga kandungan vitamin mineral lainnya terutama vitamin B dan juga kalium.

6. Stroberi

Buah lainnya yaitu stroberi dimana setengah gelas atau sekitar 125gram stroberi bisa memberikan 52 mg vitamin C, memang terbilang lebih rendah dibanding buah lainnya tetapi tidak mengurangi khasiat buah ini untuk kesehatan.

Vitamin C dalam stroberi seiringan dengan tingginya kandungan antioksidan di dalamnya. Saudara dekatnya yaitu Raspberry diketahui juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa buah stroberi dengan antioksidannya bisa menurunkan resiko kanker hingga kerusakan saraf dan membuat awet muda.

7. Nanas

Kemudian ada buah tinggi vitamin C lainnya yaitu nanas yang bisa menjadi pilihan tepat ketika bosan mengkonsumsi jeruk atau buah lainnya. Satu potong besar nanas bisa memberikan 79,3 mg vitamin C setara dengan 88% dari AKG harian orang dewasa.

Nanas bisa Anda olah terlebih dahulu menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung. Kandungan lainnya dari nanas yang terkenal yaitu bromelain, salah satu enzim pencernaan dengan fungsi memecah protein sehingga mengurangi kembung. Nutrisi tersebut juga bisa mencegah peradangan.

8. Lemon

Tahukah Anda bahwa lemon sejak tahun 1700 sudah sering diberikan pada pelaut untuk mencegah penyakit akibat kekurangan vitamin C? Tidak heran mengingat kandungan vitamin C dalam satu buah lemon yaitu 45mg atau 50% dari total AKG.

Kandungan vitamin C dalam cairan lemon juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah perubahan warna pada buah yang telah dipotong. Selain itu, cairan lemon juga diketahui mampu mengurangi tekanan darah dan mengurangi kandungan gula darah yang tinggi.

9. Mangga

Mangga menjadi salah satu buah yang enak untuk dinikmati dalam bentuk apapun mulai dari tanpa diolah hingga dalam bentuk es krim. Setengah buah mangga diketahui memiliki kandungan vitamin C tinggi yaitu 60 mg atau 66% dari total AKG.

Kandungan vitamin C dalam mangga juga seiringan dengan tingginya berbagai nutrisi lain seperti serat, karotenoid, dan polifenol. Kandungan antioksidan polifenol di dalam buah mangga ini diketahui mampu menurunkan resiko kanker payudara pada wanita.

Kebutuhan vitamin C tubuh tidak hanya bisa dipenuhi dengan konsumsi suplemen setiap hari melainkan bisa dengan konsumsi buah-buahan tersebut.

Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan memberi berbagai manfaat lainnya tanpa efek samping!

Kontributor : Ahlan Anwari (Mahasiswa Pertanian Universitas Jember/UNEJ)

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.

About the Author: Ahlan Anwari

Mahasiswa Pertanian Universitas Jember (UNEJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.