Gak Disangka 10 Jenis Sayuran Ini Punya Kandungan Vitamin C Tinggi

Sayuran Vitamin C Tinggi – Tubuh manusia membutuhkan berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral untuk bermetabolisme secara normal. Salah satu zat yang keberadaannya penting bagi metabolisme yaitu vitamin C.

Banyak orang beranggapan vitamin C tinggi hanya ada pada buah-buahan ataupun suplemen khusus, padahal ada juga sayur yang mengandung vitamin C tinggi!

Sumber vitamin C alami tidak hanya ada pada buah-buahan saja tetapi juga pada beberapa sayuran. Ada cukup banyak sayuran yang mengandung vitamin C secara alami dengan kadar yang juga cukup tinggi.

Beberapa orang mengenal vitamin C dengan sebutan asam askorbat yang keberadaannya penting untuk perkembangan dan pertumbuhan jaringan tubuh manusia. Vitamin C memiliki peran sentral dalam pembentukan kolagen, pembentukan zat besi, hingga menjaga kerja sistem imun tubuh.

Beragam kegunaan vitamin C ini membuat konsumsi hariannya harus diperhatikan supaya tubuh bisa bekerja secara optimal.

Beberapa sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi

Jika Anda tertarik untuk memperhatikan konsumsi vitamin C harian, maka Anda bisa mulai memasukkan beberapa sayuran dengan kandungan vitamin C tinggi berikut ini ke dalam daftar diet harian. Berikut ini daftarnya:

1. Brokoli

Sayuran pertama dengan kandungan vitamin C tinggi yaitu brokoli, sayuran berwarna hijau dan seperti bunga ini. Dalam satu cangkir brokoli yang sudah matang, kandungan vitamin C di dalamnya berada di angka 51 miligram. Angka kandungan vitamin C pada brokoli ini berarti sudah memenuhi lebih dari 50% dari total kebutuhan harian vitamin C orang dewasa.

Sebuah penelitian dalam journal of Clinical Biochemistri India menemukan bahwa vitamin C dalam brokoli ini bisa membantu menurunkan kadar stress oksidatif. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam menjaga sistem imun hingga mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung.

2. Kale

Beberapa orang mungkin belum mengenal sayuran satu ini yang memiliki bentuk mirip seperti sayuran sawi. Kale memang belum banyak dikonsumsi oleh masyarakat luas di Indonesia, tidak seperti sayuran lainnya tetapi kandungan vitamin C dalam kale terbilang sangat tinggi.

Kale mentah sebanyak satu cangkir, memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dibandingkan brokoli yaitu sejumlah 80 mg. Angka ini terbilang sangat besar mengingat kebutuhan harian orang dewasa akan vitamin C hanya sejumlah 91 mg. Artinya, satu cangkir kale saja sudah hampir bisa memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C.

Olahan kale memang akan mengurangi kadar vitamin C di dalamnya tetapi angka tersebut tidak akan berkurang secara signifikan jadi masih sangat baik untuk Anda konsumsi!

3. Cabai

Siapa yang menyangka bahwa sayuran dengan rasa panas atau pedas ini ternyata memiliki kandungan vitamin C tinggi? Cabai memang sudah sangat akrab dengan masakan Indonesia karena kerap dijadikan sebagai bahan utama bumbu masakan ataupun bahan sambal.

Cabai yang tinggi vitamin C yaitu cabai berwarna hijau dimana dalam satu saja sudah mengandung 109 mg vitamin C atau 121% dari total kebutuhan harian. Berbanding terbalik, cabai merah mengandung vitamin C lebih rendah yaitu sebesar 65 mg, memang masih tergolong tinggi dibanding jenis sayuran lainnya.

4. Paprika Kuning

Masih satu keluarga dengan cabai, sayuran lain yang mengandung vitamin C tinggi yaitu paprika kuning. Kandungan vitamin C pada paprika ini terbilang unik dan berbeda karena vitamin C akan menjadi lebih tinggi ketika sudah semakin matang.

Vitamin C pada paprika kuning ini dalam satu cangkirnya mengandung sekitar 137 mg vitamin C. Kandungan ini terbilang luar biasa, Anda bahkan tidak perlu asupan vitamin C lagi selama satu hari karena kandungan tersebut.

5. Parsley (Peterseli)

Selanjutnya ada sayuran yang kerap menjadi teman dalam mengkonsumsi steak daging yaitu parsley. Sayur satu ini ternyata mengandung cukup banyak vitamin C, dalam 8 gram saja sudah mengandung hingga 10 mg vitamin C.

6. Bayam Jepang

Kemudian ada bayam Jepang atau dikenal juga dengan nama bayam mustard dengan kandugnan vitamin C yang tinggi. Vitamin C dalam bayam Jepang lebih tinggi dibandingkan dengan sayur lainnya. Dalam satu cangkir bayam Jepang terkandung vitamin C sebanyak 195 mg, ini setara dengan 217% dari total kebutuhan harian.

Meskipun ketika memasak bayam Jepang kandungan vitamin C di dalamnya juga akan berkurang menjadi 117 mg, jumlah ini tidak terlalu bermasalah mengingat masih mencukupi kebutuhan harian Anda.

7. Kubis Brussel

Kubis jenis Brussel ternyata juga mengandung vitamin C yang tinggi yaitu dalam setengah cangkir terdapat 49 mg vitamin C.

Sayuran satu ini tidak hanya mengandung vitamin C tinggi tetapi juga baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya. Nutrisi lain yang ada pada kubis brussel ini yaitu vitamin K, vitamin A, kalium, dan mangan yang cukup tinggi!

8. Timi

Thyme, mirip seperti parsley juga kerap menjadi bubu dalam memasak steak daging dengan cita rasa khasnya. Thyme segar bahkan memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dibandingkan buah jeruk. Satu ons saja dari timi ini mengandung setara 45 mg vitamin C.

9. Seledri

Sayur satu ini lebih populer sebagai teman untuk memasak sup, baso, atau makanan berkuah lainnya. Seledri juga dikenal karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya. Anda bisa mengolah seledri menjadi jus dan akan memperoleh 14 mg vitamin C atau 19% dari total kebutuhan harian.

10. Kembang Kol

Terakhir ada sayur yang sudah akrab berada di atas piring yaitu kembang kol. Kandungan vitamin C pada kembang kol ini cukup tinggi mengingat dalam satu cangkir terdapat 77% dari total kebutuhan harian.

Vitamin C bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi berbagai sayuran di atas setiap harinya. Selalu perhatikan porsi makanan yang tepat dan kandungan gizi di dalamnya supaya asupan nutrisi tubuh terjaga dan tubuh menjadi lebih sehat.

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.

About the Author: Ahlan Anwari

Mahasiswa Pertanian Universitas Jember (UNEJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.