Artis-artis Ini Terjun Ke Dunia Pertanian, Apa Sih Alasan Mereka Jadi Petani ?

Alasan Artis Jadi Petani – Hallo sobat BT, pekerjaan sebagai petani saat ini masih identik dengan image kotor, kerja panas-panasan dan lain-lain. Sementara pekerjaan sebagai artis identik hidupnya di kota dan bermewah-mewahan.

Di saat masih banyak yang enggan dan malu jadi petani (dengan berbagai alasan), kini justru banyak artis tanah air yang beralih profesi jadi petani.

Tentu menghebohkan dan bikin kita penasaran, jika artis yang identik dengan kehidupan kota metropolitan itu malah banting setir jadi petani.

Apa sih alasan mereka jadi petani dan memilih meninggalkan dunia hiburan, meningggalkan pendapatan besar dan meninggalkan dunia yang telah membesarkan nama mereka ?

Baik, berikut ini kita ulas apa saja sih yang membuat para artis tanah air ini begitu mudahnya meninggalkan dunia hiburan, memilih menjadi petani dan peternak.

1. Pertanian untuk menunjang perekonomian pondok pesantren

Sumber gambar : IG gagapofficial

Ini dilakukan oleh artis comedian Azis Gagap OVJ. Azis Gagap diketahui telah membangun pondok pesantren di daerah Bogor Jawa Barat.

Untuk menjalankan kegiatan pertanian dan peternakan di pondok pesantren dia memberdayakan para santri.

Di pondok pesantren nya itu ada banyak sekali kegiatan pertanian antara lain membudidayakan bibit kamboja, beternak kambing, burung puyuh, dan membudidayakan berbagai jenis ikan yang bernilai ekonomi tinggi seperti nila dan gurami.

Begitulah kegiatan dari Azis Gagap pasca pensiun dari dunia hiburan dimana dia mendedikasikan hidupnya di pesantren, dan mempersembahkannya kepada mendiang orang tuanya dengan harapan jadi ladang pahala bagi mereka.

2. Terinspirasi kesuksesan petani lain

Sumber gambar : IG narji77

Tak hanya sekedar menginspirasi orang lain, terkadang giliran artis yang terinspirasi oleh orang lain. Ini yang terjadi pada artis sekaligus pelawak Narji Cagur.

Narji mulai meyukai dunia pertanian setelah dirinya menyambangi kampung halaman istrinya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Di sana Narji mendapati banyak masyarakat di sana yang ternyata sukses meskipun hanya sebagai petani.

Kala itu pandemic Covid19 masih sedang tinggi-tingginya, Narji lalu menjajal karir barunya sebagai petani bersama tetangga di rumahnya.

Meski tak punya background sebagai petani, sepertinya Narji sangat mencintai pekerjaan barunya tersebut, hal tersebut nampak di chanel Youtube-nya di mana ia bangga memperlihatkan sayuran yang telah ia tanam.

3. Menjadi petani membuat hati jauh lebih tenang dan damai

Sumber Gambar : YT Akri Patrio TV

Hal ini yang dirasakan oleh artis sekaligus pelawak Akri Patrio. Setelah tidak lagi di dunia hiburan, Akri lebih banyak menghabiskan waktunya sebagai peternak, petani dan penceramah.

Tak terlalu mengherankan bagi kita, karena memang selama ini kita lihat Akri ini sering memerankan seorang ustad.

Hanya saja, kebanyakan orang mungkin tak tahu kalau sebetulnya Akri ini sudah familiar dengan dunia peternakan dan pertanian sejak kecil.

Ya, diketahui sejak kecil Akri sudah terbiasa mengurus hewan ternak hasil pemberian pamannya.

Dan yang paling penting adalah bahwa saat ini dia mengakui jiwanya jauh lebih tenang dan bahagia meski tak lagi tinggal di keramaian kota.

4. Sudah familiar sejak kecil

Sumber gambar : IG marksungkar

Sekilas sudah kita bahas bahwa alasan kuat kenapa artis jadi petani adalah karena sudah familiar sejak kecil dengan dunia pertanian.

Tak hanya Akri Patrio, ada nama Mark Sungkar (ayah dari aktris Shireen dan Zaskia Sungkar).

Mark Sungkar sejak dulu memang lebih dikenal sebagai petani daripada sebagai aktris. Alasannya tak lain bahwa dia telah berkecimpung di bidang pertanian sejak usianya muda bahkan sebelum dirinya jadi artis.

Tak seperti beberapa artis di atas yang jadi petani dalam hitungan bulan, Mark Sungkar setidaknya telah berkecimpung di dunia pertanian selama 25 tahun, khususnya di system akuaponik.

5. Ada ketertarikan dengan dunia pertanian

Sumber gambar : YT BPPSDMP KEMENTAN RI

Meski bukan dari keluarga pertanian, atau tidak familiar sejak kecil dengan dunia pertanian, artis ini menjadi petani karena adanya ketertarikan dengan dengan dunia pertanian.

Ya dia adalah Ken Ken, sang pendekar Naga Geni 212 Wiro Sableng. Ken Ken mengaku mulai tertarik pada bidang pertanian saat masih aktif sebagai pemeran Wiro Sableng.

Lokasi syuting di pedesaan yang notabene nya banyak dijumpai sawah dan petani, membuatnya sedikit banyak belajar tentang pertanian.

Namun sebelum memutuskan menjadi petani, Ken Ken banyak membaca buku. Hal tersebut dia lakukan agar dirinya benar-benar paham mengenai dunia yang akan digelutinya itu.

Selain itu, Ken Ken juga memberi saran agar mencintai dunia pertanian terlebih dahulu sebelum masuk ke dalamnya. Yang terpenting adalah senang dulu.

Jadi, menjadi seorang petani itu sebaiknya bukan karena keterpaksaan, misalnya terpaksa karena tidak ada pekerjaan lain.

Kalau saya pribadi tak masalah jika awalnya terpaksa, asal setelahnya bisa mencintai, karena tanpa cinta suatu pekerjaan yang dilakukan tak akan terasa nikmatnya.

Baca Juga : Apa Alasan Anda Jadi Petani ? Sebuah Refleksi di Hari Tani Nasional

Nah, dari beberapa alasan di atas, mana yang menurut anda paling keren dan mengesankan  bagi anda sobat BT ?

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.

About the Author: Insan Cita

Insan Cita, sebuah nama pena dari founder, owner sekaligus admin BelajarTani.com. Alumnus Fakultas Pertanian. Bekerja di perusahaan pertanian, mengelola farm produksi. Gardening, Farming & Hiking !

Leave a Reply

Your email address will not be published.