bt
Menu

Terungkap, 5 Cara Mengendalikan Hama Trips Pada Greenhouse

09/12/2018 | Hama dan Penyakit

Belajartani.com – Trips adalah adalah salah satu utama hama tanaman cabai atau paprika. Ukurannnya kecil dengan panjang 1 mm. Walaupun begitu hama ini cukup berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan tanaman.

Dampak kerusakan tanaman akibat trips antara lain munculnya gejala keriting dan kerdil terutama pada daun dan tunas muda. Selain itu ia juga vektor penyakit yaitu penyakit virus mozaik (misal TMV).

Nah fakta lain hama trips adalah dia adalah hama greenhouse. Artinya apa, hama trips adalah hama yang pasti ada di dalam greenhouse sekalipun greenhouse memiliki screen atau kasa (dengan ukuran bahkan paling kecil) pada tiap sisinya.

Faktanya trips tetap bisa masuk. Bisa jadi lewat alat-alat ataupun menempel pada baju tenaga kerja. Oleh karena itu kali ini kita akan ungkap bagaimana sih teknik atau cara mengendalikan hama trips pada greenhouse.

1. Pemasangan perangkap
Gunakan yellow trap atau blue trap yang dibuat dari plastik bewarna kuning, putih atau biru yang sebelumnya diberi lem.

Baca juga : Mengenal Siklus Hidup Hama Trips [Petani Cabai Masuk…!]

Cukup efektif untuk menjebak trips yang berada dalam greenhouse. Dari sana kita bisa lihat berapa banyak trips yang menyerang tanaman kita.

2. Pencegahan dengan cara steriliasi alat
Tanpa kita tahu, alat pertanian seperti cangkul, sprayer bisa saja dihinggapi trips. Sehingga sebelum digunakan di greenhouse alangkah baiknya jika disterilkan terlebih dahulu.

3. Meminimalisir penggunaan pakaian dengan warna yang disukai trips
Trips seperti yang kita ketahui ternyata “suka” dengan warna kuning, biru atau putih. Jadi perlu diwaspadai dan dipastikan dulu bahwa trips tidak menempel baju tenaga kerja lahan.

4. Pengendalian mekanis, dengan cara mengumpulkan trips satu persatu
Percaya atau tidak cara ini cukup efektif mengurangi populasi trips. Walaupun ukuran trips sangat kecil, namun trips mudah ditemukan pada daun, daun dan tunas muda serta di balik permukaan daun.

Pengumpulan trips secara manual ini bisa dilakukan dengan membawa lem kertas (biasa untuk lalat), kemudian anda arahkan trips tadi agar terjebak pada lem yang anda bawa.

Mungkin terlihat agak kuno ya, tapi menurut para petani paprika atau cabai dalam greenhouse, cara ini cukup efektif untuk mencegah perkembangan populasi trips yang sebagaimana kita tahu sangat cepat sekali siklusnya.

5. Pengendalian dengan cara kimia
Cara terakhir untuk pengendalian trips dalam greenhouse dengan aplikasi insektisida. Aplikasi dilakukan jika populasi trips dalam greenhouse mencapai ambang batas pengendalian.

Baca juga : Confidor 200 SL Dengan Confidor 5 WP Lebih Besar Mana Kadar Bahan Aktifnya?

Penyemprotan insektisida tidak dilakukan secara rutin, namun berdasarkan ada tidaknya hama dalam greenhouse serta apa sudah dalam ambang batas merugikan secara ekonomi.

Bagikan ke teman anda :
  • 8
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    8
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥