bt
Menu

Mengenal Zona Iklim dan Jenis-Jenis Tanaman Yang Bisa Tumbuh

13/07/2019 | Holtikultura

Belajartani.com – Hallo sobat BT, membahas tanaman tak bisa dilepaskan juga daripada membahas iklim. Pembagian iklim bermacam-macam, salahsatunya berdasarkan ketinggian. Berdasarkan ketinggian iklim dibagi menjadi beberapa zona iklim yang memiliki perbedaan jenis-jenis tanaman yang bisa tumbuh atau dikembangkan.

Mempelajari zona iklim adalah sesuatu yang sangat penting dan merupakan pengetahuan dasar yang wajib diketahui oleh petani, baik itu petani baru, lama, tua ataupun muda.

Dengan mengetahui zona iklim, petani bisa mengetahui tanaman budidaya apa yang dapat tumbuh maksimal serta sebagai dasar atau acuan dalam memilih lokasi pengembangan budidaya yang tepat.

Ada cerita lucu dan unik yang bisa kita ambil hikmah terkait tema dan bahasan kita kali ini yakni tentang “zona iklim dan jenis tanaman yang bisa tumbuh”. Pernah suatu hari saudara saya, bukan petani dan tidak punya background pertanian, cerita pada saya bahwa saat pulang dari kota Batu ia membeli bibit Strawberry.

Lantaran tertarik dengan keunikan buahnya, ia ingin menanamnya di rumahnya di daerah Banyuwangi yang berada di dataran rendah dan suhunya panas sekali.

Setelah dipupuk dan disiram secara rutin, ternyata tanaman tak kunjung tumbuh dengan baik, daunnya kecil seakan enggan hidup. Akhirnya setelah beberapa hari tanaman menjadi kering dan tak terurus. Begitu katanya.

Nah itu salahsatu hikmahnya, bahwa segala sesuatu itu ada ilmunya. Sebelum mengerjakan sesuatu hendaknya tau teori atau ilmunya. Pada kasus saudara saya itu, untungnya masih beberapa buah polibag, bayangkan kalo dia sudah buat kebun ribuan polibag dan berakhir tragis gitu, nyesek sekalai bukan? Hehe

Jadi intinya mempelajari zona iklim itu sangat penting sekali sobat. Karena ketinggian suatu tempat selain berpengaruh pada perbedaan suhu juga berpengaruh pada jenis vegetasi yang tumbuh.

Sebelum lanjut ke pembahasan zona iklim, kita perlu tahu dulu bentuk daratan berdasarkan reliefnya (ketinggian tempatnya), di bagi menjadi 3 macam :

  1. Dataran Rendah, memiliki ketinggian 0-200 mdpl (meter di atas permukaan laut)
  2. Dataran Sedang, memiliki ketinggian 200-700 mdpl
  3. Dataran Tinggi, memiliki ketinggian > 700 mdpl. Contoh dataran tinggi Dieng, dataran tinggi Bromo Tengger Semeru, dataran tinggi Pujon, Dataran tinggi Lembang dan Lain-lain.

Ada tanaman yang tumbuh baik, dan berbuah optimal (besar dan lebat) jika ditanam di dataran tinggi seperti strawberry dan paprika. Ada pula yang lebih banyak kita jumpai di dataran rendah (pantai) misalnya tanaman bakau, padi dan jagung. Pada tanaman hortikultura ada juga adaptif pada berbagai ketinggian, seperti cabai dan tomat.

Nah, zona iklim dan jenis-jenis yang tanaman yang bisa tumbuh di Indonesia, oleh ilmuwan Jerman yang bekerja pada pemerintah Hindia Belanda, Frans Wilhelm Junghun (1809-1864) dibagi menjadi 4 zona iklim yaitu

#1. Zona Iklim Panas : berada pada ketinggian tempat 0 – 700 m, temperature/suhu 22,0 – 26,3 C.

Tanaman yang bisa dibudidayakan : tembakau, padi, palawija (kacang-kacangan), kakao, karet, kelapa, kopi (robusta), tebu, jagung, hortikultura.

Kedelai, salah satu tanaman zona iklim panas

#2. Zona Iklim Sedang : berada pada ketinggian tempat 700 m – 1500 m, temperature 17,0 – 22,0 C.

Tanaman yang bisa dibudidayakan : kina, kopi (robusta), karet, apel, kakao, strawberry, hortikultura.

Tanaman Kina, masuk zona iklim sedang. Image spurce : iucngisd.org

#3. Zona Iklim Sejuk : berada pada ketinggian tempat 1500 m – 2500 m, temperature 11,0 – 17,0  C.

Tanaman yang bisa dibudidayakan : hortikultura (secara umum), pinus, teh, apel, strawberry, paprika, kopi (arabika), kentang, wortel.

Strawberry, salah satu tanaman zona sejuk

#4. Zona Iklim Dingin : berada pada ketinggian tempat lebih dari 2500 m, temperature kurang dari 11,0 C.

Tanaman yang bisa dibudidayakan : hampir tidak ada (ditumbuhi tanaman liar seperti lumut, dan tanaman dilindungi yaitu Bunga Edelweis).

Bunga Edelweiss di Ranu Kumbolo, Gunung Semeru 3676 mdpl

Baca juga : Inilah 7 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Tanaman

Saran saya, untuk jenis tanaman budidaya komersial misalnya tanaman hortikultura, ikuti petunjuk yang terdapat pada kemasan. Karena pada beberapa tanaman misalnya pada tanaman cabai atau tomat, beberapa varietas ada yang bisa ditanam di ketinggian manapun. Dan hasilnya sama-sama optimal. Serta ada juga yang khusus ditanam di dataran rendah atau di dataran tinggi saja.

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥