BelajarTani.com Olahan Herbal Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Diabetes (Kencing Manis)

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Diabetes (Kencing Manis)

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Diabetes (Kencing Manis) – Hallo sobat BT, apa kabar anda semua? Saya doakan sobat BT semua dalam keadaan sehat selalu, baik sehat fisiknya, sehat pikirannya dan tak kalah penting sehat dompetnya. Aamiin.

Masuk pertengahan bulan juni ini, seperti yang kita semua ketahui, wabah virus corona masih ada di tengah-tengah kita. Mungkin kasus positif sudah ada di kota anda. Lebih dekat lagi, mungkin sudah masuk ke lingkungan sekitar anda. Bisa tetangga, saudara atau teman anda yang terkena infeksi virus tersebut.

Saya himbau diri saya sendiri dan anda semua untuk tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah. Pakai masker, sering cuci tangan dan jaga jarak, dimanapun dan dengan siapapun anda berada, di rumah, di kantor maupun di lahan.

Walaupun sekarang ini sedang masa transisi ke new normal, namun tetap saja anda harus tetap waspada agar anda tidak menjadi penderita covid selanjutnya.

Dari berbagai informasi para dokter, ternyata infeksi covid19 jauh lebih efektif serangannya pada orang yang sebelumnya memiliki riwayat penyakit seperti sesak nafas/asma, TBC, infeksi paru-paru (pneumonia), hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes.

Untuk yang terakhir, yakni diabetes cukup menarik. Kenapa orang dengan penyakit diabetes menjadi begitu rentan dengan serangan covid19? Bukankah diabetes tidak ada hubungannya dengan wilayah pernafasan?

Anda tentu penasaran bukan? Oke nanti kita bahas, kaitan itu semua. Yang pasti orang dengan diabetes ternyata tak hanya rentan dengan covid19 saja, tapi dengan penyakit yang lain.

Dalam situasi wabah covid19 ini, saya menjadi tertarik membahas salah satu alternatif penyembuhan diabetes dengan herbal, yang ternyata bisa kita buat sendiri, murah dan mudah karena bahannya seringkali ada di sekitar kita.

Ya, daun ubi jalar nama obat tersebut! Tak banyak orang tahu kan, manfaat daun ubi jalar ini ? Makanya harga daun ubi jalar ini tak ada harganya. Karena petani ubi jalar (sweet potato) hampir semuanya hanya memanen dan menjual umbi-nya saja.

Oke sebelum lanjut ke pembahasan bagaimana si daun ubi jalar tersebut dapat mengobati penyakit diabetes. Kita bahas secara singkat terlebih dahulu apa sih pengetian diabetes itu.

Apa itu penyakit diabetes ?

Berbicara diabetes, mungkin sebagian besar orang sudah banyak yang mengetahuinya. Diabetes di masyarakat mungkin lebih akrab dikenal dengan kencing manis.

Banyak orang bilang, orang yang kena diabetes itu rasa kencingnya manis. Makanya diabetes itu dinamakan kencing manis.

Ternyata anggapan tersebut benar adanya. Setelah gugling kesana kemari, saya baru tau kalau diabetes mellitus itu berasal dari bahasa spanyol.

Diabetes berarti “kencing banyak”, dan mellitus berarti “manis”. Gimana cerintanya sih kok kencing penderita diabetes jadi manis? Oke lanjut ya bacanya.

Nah sobat BT, dalam tubuh kita, ada organ pankreas yang berfungsi memproduksi hormon insluin. Hormon insulin bertugas mengatur metabolisme karbohidrat dalam tubuh agar seimbang, dengan cara mengubah glukosa atau gula darah menjadi glikogen atau gula otot.

Pada orang yang menderita diabetes ternyata ada gangguan pada organ pankreasnya. Akibatnya ada masalah pada produksi insulin, yakni produksi insulin menurun.

Menurunnya produksi insulin dalam tubuh itulah yang menyebabkan kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi, dan sebagian dikeluarkan melalui air kencing.

Tingginya kadar gula darah, nyatanya menimbulkan masalah baru yaitu menurunnya daya tahan tubuh serta terhambatnya pembentukan zat imun (antibodi) sehingga tubuh mudah infeksi dan susahnya infeksi sembuh.

Nah, sampai di sini kita sudah sampai kepada kesimpulan kenapa pasien diabetes akan jauh lebih rentan dan beresiko saat terinfeksi covid19. Ya karena daya tahan dan sistem imun tubuh mereka mengalami masalah yang sangat serius.

Oleh karena itu menjadi PR untuk kita semua, untuk terus menjaga sistem imun dan daya tahan tubuh kita antara lain dengan cara olahraga rutin, konsumsi vitamin C dan E, jaga pola makan (kurangi makanan kolestrol tinggi, kadar gula tinggi), tidur yang cukup, serta jaga pikiran agar tidak stress.

Cara daun ubi jalar mengobati diabetes

Daun ubi jalar dapat mengobati diabetes lantaran pada daun tersebut mengandung senyawa aktif niasin, dan arginin yang menjadi bahan penyusun insulin, serta vitamin E yang berfungsi memperbaiki sel di organ pankreas.

Agar metabolisme dalam darah berjalan dengan baik, maka biasanya dilakukan suntuk insulin. Suntik insulin menjadi wajib selama organ pankreas belum dapat memproduksi sendiri dengan baik.

Karena jika tidak dilakukan bisa berdampak pada gangguan sirkulias darah hingga kerusakan sistem syaraf, yang dapat berujung pada kematian.

Daun ubi jalar bekerja sebagaimana insulin. Bedanya daun ubi jalar menjadi alternatif yang baik karena harganya jauh lebih murah dan mudah didapatkan tentunya. Sekedar info harga suntik insulin saat ini berkisar Rp. 200.000.

Jika anda di kota anda bisa menanam ubi jalar pada polibag atau pot untuk kemudian dapat memanfaatkan daun-nya dengan mudah. Selanjutnya adalah bagaimana cara memanfaatkan daun ubi jalar agar dapat mengobati diabetes.

Cara menggunakan daun ubi jalar untuk mengobati diabetes adalah dengan mengektrak daun ubi jalar, dengan cara merebus atau menumbuk daun tersebut untuk kemudian diambil sari patinya.

Anda bisa merebus 100 gram daun ubi jalar basah, direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih sampai menjadi 1 gelas air. Konsumsi air rebusan ubi jalar secara rutin sampai diabetes anda sembuh.

Pulih atau tidaknya penderita dari diabetes bisa dilihat dari ada atau tidaknya gejala-gejala diabetes. Gejala-gejala tersebut antara lain : apakah masih sering merasa haus, letih lesu dan lapar, berat badan turun secara signifikan tanpa alasan yang jelas, dan jika ada luka apakah luka tersebut sulit sembuh.

Nah, jika gejala-gejala di atas ada pada anda. Maka bisa jadi anda menderita diabetes atau kencing manis. Coba anda lakukan test gula darah anda apakah tinggi atau tidak, atau bisa anda cek urin anda manis atau tidak rasanya.

Selanjutnya anda bisa coba daun ubi jalar untuk mengatasi atau mengobati diabetes yang anda atau barangkali saudara, sahabat atau tetangga anda derita.

Selain dengan daun ubi jalar, alternatif lain anda juga bisa menggunakan buah ciplukan untuk mengobati diabetes. Bisa anda baca pada artikel berikut ini >> Pengalaman Mengobati Kencing Manis dengan Ciplukan.

Akhirnya, mari kita semua berdoa agar wabah covid19 ini segera berakhir. Dengan keajaiban doa, semoga penyakit tersebut hilang dan musnah dari muka bumi ini. Aamiin.

Bagikan Artikel Ini Ya Boskuh ! Trims.
8 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *