Inilah Cara Mengolah Buah Bit untuk Mengatasi Batu Ginjal

Cara Mengolah Buah Bit – Penyakit batu ginjal adalah salah satu dari banyak penyakit yang timbul karena pola hidup yang kurang sehat dan seimbang.

Rasa nyeri yang sangat pada pinggang sebelah kanan, rasa sakit dan perih saat buang air kecil, serta warna urine yang kecoklatan atau kemerahan, merupakan gejala umum bagi penderita batu ginjal.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab batu ginjal antara lain kurang minur air putih, terlalu lama menahan kencing, serta terlalu sering mengkonsumsi makanan/minuman yang mengandung oksalat atau purin.

Contoh minuman yang mengandung oksalat adalah teh. Pada kadar yang rendah, organ ginjal masih bisa menyaring oksalat sehingga bisa terbuang bersama urine.

Rekomendasi :  Inilah Manfaat Beras Hitam Untuk Kesehatan

Jika kadar oksalat terlalu tinggi, sebagian tidak terbuang di urine, tertinggal di ginjal lalu bereaksi dengan kalsium untuk kemudian membentuk Kalsium Oksalat (CaOx).

Endapan kalsium oksalat tadilah yang kemudian mengeras, membatu kristal yang kemudian disebut sebagai batu ginjal (kidney stones).

Mengatasi batu ginjal dengan herbal

Ilustrasi batu ginjal. Image source: harapanrakyat.com

Setelah diagnose positif batu ginjal, penderita batu ginjal umumnya disarankan untuk melakukan operasi, terutama yang batu ginjalnya sudah berukuran besar (lebih dari 1 cm).

Operasi yang dilakukan adalah pembedahan atau memecah batu ginjal menjadi kecil yang tentu saja biayanya cukup mahal, lebih-lebih penderita tidak memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS Kesehatan.

Namun, ada alternatif selain operasi bagi penderita batu ginjal yaitu pengobatan secara herbal. Salah satu yang sudah terbukti dan banyak digunakan sebagai obat batu ginjal yaitu buah bit/beet (salah satu jenis lobak).

tanaman bit

Bit terbukti mampu mencegah kristalisasi kalsium oksalat. Umbi atau buah bit memiliki kandungan bahan aktif Bernama saponin yang bisa mencegah terbentuknya batu ginjal atau mengikis batu ginjal.

Cara mengolah buah bit (beet/beetroot)

Tanaman bit dari segi bentuk buah atau umbi sekilas mirip dengan wortel, namun dari daun-nya sangat mirip dengan jenis kubis-kubisan.

Rekomendasi :  24 Manfaat Menakjubkan Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Nah, yang dimanfaatkan pada tanaman bit untuk mengatasi batu ginjal adalah bagian daging buah atau umbinya.

Cara mengolah buah bit untuk batu ginjal sangatlah mudah. Umumnya buah bit dibuat jus buah. Bisa juga dikombinasikan dengan buah lain seperti wortel atau strawberry yang memiliki vitamin C tinggi yang membantu menjaga kondisi imun tubuh tetap stabil.

Selain dibuat jus, bit juga bisa dibuat campuran salad buah. Namun, ada cara yang jauh lebih mudah dan sederhana dalam memanfaatkan buah bit yaitu mengkonsumsinya secara langsung tanpa mengolahnya menjadi apapun.

Cara mencegah penyakit batu ginjal

tanaman kumis kucing

Penyakit batu ginjal, bukanlah penyakit yang terjadi secara instan atau tiba-tiba. Namun memerlukan waktu yang lama sehingga batu ginjal besar terbentuk dan menimbulkan masalah bagi kesehatan.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika mengetahui bagaimana cara mencegah atau mengantisipasi penyakit batu ginjal ini. Mencegah jauh baik dari mengobati, bukan ?.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit batu ginjal antara lain ;

  • Minum air putih yang cukup, 2-2,5 liter setiap hari. Karena kekurangan air putih membuat mineral tidak bisa terbuang lewat urine, lalu mengendap dan membetuk kristal.
  • Makan makanan sehat dan tidak berlebihan oksalat seperti kacang mete atau almond merupakan contoh makanan tinggi oksalat, sedang teh dan coklat merupakan minuman yang tinggi oksalat.
  • Mengurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung purin seperti kacang-kacangan adan seafood. Selain purin seafood juga mengandung kitin yang jika terlalu banyak dikonsumsi akan mengendap di ginjal
  • Mengurangi konsumsi makanan asin yang biasanya terdapat di makanan olahan seperti sosis, makanan kaleng sperti sarden, makanan instan seperti mie instan dan makanan kemasan seperti keripik.
  • Jangan menahan buang air kencing jika sudah terasa perlu dikeluarkan, sebab urine tersebut bisa jadi mengeras dan menjadi batu.
Rekomendasi :  Cara Memperoleh Manfaat Buah Sayur Dengan Membuat Infused Water

Selain buah bit, ada beberapa bahan yang juga terbukti mampu mengatasi batu ginjal antara lain tanaman kumis kucing, keji beling, meniran dan kunyit.

Cara mengolahnya yaitu dengan cara mengekstrak kandungan bahan aktif yang ada di dalamnya dengan cara bisa direbus setelah sebelumnya dihancurkan terlebih dahulu.

Share, jika konten ini bermanfaat !

Artikel Terkait

About the Author: Insan Cita

Insan Cita, founder & owner BelajarTani.com | Alumnus FP | Bekerja di agriculture corp | Hobi ngeblog & berkebun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *