BelajarTani.com Pangan Begini Cara Atasi Kolesterol Tinggi Dengan Ubi Jalar Ungu

Begini Cara Atasi Kolesterol Tinggi Dengan Ubi Jalar Ungu

Begini Cara Atasi Kolesterol Tinggi Dengan Ubi Jalar Ungu [Mudah dan Murah] – Hallo sobat BT, membahas soal masalah kesehatan memang bukanlah topik utama dari blog belajartani.com, dari namanya saja semua orang pasti tahu bahwa blog belajartani.com lebih fokus dan konsern pada tema atau niche pertanian.

Namun, karena ada sebuah korelasi yang tak dapat dipisahkan antara pertanian dan kesehatan, membuat blog belajartani.com sesekali juga membahas masalah kesehatan serta solusinya.

Banyak sekali masalah kesehatan yang disembuhkan dengan pendekatan alternatif atau herbal. Hal ini dikarenakan banyak sekali produk hasil pertanian yang tidak hanya sekedar pangan namun juga menjadi alternatif obat.

Contohnya seperti yang ada pada judul artikel ini yaitu mengenai cara atasi kolesterol tinggi dengan ubi jalar (sweet potato) ungu atau telo ungu. Tidak hanya sekedar sebagai bahan pangan yang kaya karbohidrat, faktanya memang ubi jalar ungu bisa mengatasi kolesterol tinggi.

Cara Atasi Kolesterol Tinggi
Cara Atasi Kolesterol Tinggi dengan Ubi Jalar

Siapa yang tak kenal dengan ubi jalar ungu. Mungkin hampir semua orang pernah mengkonsumsinya. Tanaman yang mudah tumbuh itu juga mudah sekali ditemukan di berbagai pasar baik tradisional maupun modern.

Ubi jalar ungu yang dimaksud disini adalah ubi jalar dengan kulit dan daging yang bewarna ungu, karena ada juga kulitnya ungu namun dagingnya bewarna putih atau orange.

Tak banyak yang tahu kalau ubi ungu ini bisa mengatasi masalah kolesterol. Kemampuan ubi jalar ungu mengatasi kolesterol tak terlepas dari kandungan zat antosianin-nya yang tinggi.

Ubi jalar berkulit ungu, berdaging orange

Peran Kolesterol dan Jenis-jenis Kolesterol

Sebetulnya kolesterol dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk melindungi sel organ dari kerusakan. Kolesterol sendiri dibagi menjadi 2 jenis yaitu HDL (High Density Licoprotein) dan LDL (Low Density Licoprotein).

Dari kedua jenis di atas, yang paling banyak dibutuhkan tubuh manusia adalah HDL atau kolesterol densitas tinggi, yang fungsinya melindungi sel organ.

Sementara LDL, kolesterol densitas rendah itu justru kebalikan dari HDL, yakni bersifat merusak sel. Jika dalam darah jumlahnya jauh lebih banyak dari HDL maka hal tersebut sangat berbahaya.

Kolesterol LDL inilah yang menjadi biang dari berbagai masalah penyakit pembuluh darah, mulai dari pengentalan darah, penyumbatan darah, hipertensi (tekanan darah tinggi), jantung hingga stroke (pecahnya pembuluh darah yang berakibat kelumpuhan).

Baca juga[Terbukti] Buah-buah Ini Efektif Atasi Hipertensi

Tingginya kolesterol LDL bukan serta merta ada begitu saja. Pola makan yang kurang sehat menjadi penyebab utamanya. Kebanyakan penderita kolesterol tinggi dulunya mereka hobi sekali mengkonsumsi makanan fast food (misal ayam goreng cepat saji), minuman bersoda, makanan berpengawet, dan berlemak tinggi seperti gorengan.

Memang sih makanan fast food (cepat saji) atau gorengan itu mempunyai rasa yang enak. Namun dengan berjalannya waktu banyak orang yang tak sadar bahkan tak tahu sampai berbagai gejala kolesterol tinggi datang menghampiri.

Gejala Kolesterol Tinggi

Gejala kolesterol tinggi yang biasa dialami antara lain : leher dan tengkuk terasa berat dan pegal, kepala bagian belakang sering terasa pusing, mudah lelah dan sering mudah mengantuk walau istirahat cukup, nyeri pada kaki dan dada, yang terkadang gejala tersebut tak banyak disadari disebabkan oleh tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Cara Membuat Obat Kolesterol dari Ubi Jalar Ungu

Sebagaimana disinggung di awal paragraf, ubi jalar ungu diketahui bisa mengatasi kolesterol tinggi. Tentu hal ini menjadi alternatif yang baik bagi anda yang barangkali sudah merasakan gejala kolesterol tinggi.

Anda bisa memilih untuk tidak membeli obat kolesterol yang harganya mahal, namun cukup dengan menggunakan ubi jalar ungu yang harganya murah dan mudah didapatkan. Anda hanya perlu tahu bagaimana memanfaatkan ubi jalar ungu tersebut sebagai obat kolesterol tinggi.

Tanaman ubi jalar termasuk mudah dibudidayakan

Cara dan langkah-langkah membuat obat kolesterol dari ubi jalar :

  1. Siapkan 1 kg ubi jalar ungu yang sudah dikupas kulitnya
  2. Tambahkan 1 liter air kemudian blender sampai halus
  3. Kemudian saring dan buang ampasnya
  4. Lalu rebus larutan ubi jalar ungu sampai mendidih
  5. Setelah dingin, larutan ubi jalar ungu dapat dikonsumsi penderita kolesterol tinggi

Cara Ubi Jalar Ungu Atasi Kolesterol Tinggi

Kemampuan ubi jalar unggu mengatasi kolesterol tinggi (LDL), tak terlepas dari tingginya kandungan zat antosianin (pigmen warna ungu).

Zat antosianin dalam pencernaan mempunyai peran yang penting yaitu menghambat penyerapan kolesterol (LDL), yang akan diserap oleh usus halus agar tidak masuk ke peredaran darah.

Selain itu antosianin ubi jalar ungu juga bekerja meningkatkan kandungan HDL dalam darah. Antosianin juga membantu hati dalam menetralisir oksidan atau racun yang dapat merusak sel organ pada hati itu sendiri.

Kesimpulan

Setelah mengetahui apa itu kolesterol, jenis-jenis kolesterol serta dampak yang diakibatkan oleh kolesterol, maka kita, saya dan anda semua sebaiknya mulai menerapkan pola hidup sehat (yakni olahraga dan pola makan sehat).

Caranya dengan menghindari atau mengurangi mengkonsumsi makanan fast food, berpengawet ataupun berminyak seperti gorengan. Lebih aman makan gorengan buatan sendiri, karena kita bisa tahu kondisi minyak yang dipakai, bukan minyak yang sudah dipakai berulang kali.

Minyak goreng yang sudah dipakai berkali-kali, apalagi sampai warnanya berubah hitam sangat kaya akan kolesterol jenuh yang tentuanya bersifat oksidan yang sangat berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, dianjurkan dengan meningkatkan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan terutama yang kaya akan HDL seperti anggur. Terakhir, jangan lupa konsumsi ubi jalar ungu secara rutin sebagai upaya mencegah sekaligus mengatasi kolesterol tinggi.

Nah sobat BT, demikianlah uraian mengenai cara mengatasi kolesterol dengan ubi jalar ungu. Cara yang cukup mudah dan murah tentunya.

Tak hanya umbinya, daun ubi jalar pun terbukti berkhasiat mengatasi penyakit diabetes atau kencing manis, simak berikut artikelnya >> [Terbukti] Daun Ubi Jalar Bisa Atasi Diabetes (Kencing Manis).

Jangan Lupa Share Ya !
2 Likes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *