[Review] Manfaat Hebat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan – Salah satu komoditas pertanian yang banyak ditanam oleh petani adalah tomat. Tingginya permintaan tomat dari masyarakat adalah penyebabnya. Masyarakat banyak yang semakin sadar akan manfaat hebat tomat untuk kesehatan.

Mengapa tomat memiliki manfaat hebat untuk kesehatan? Dari hasil penelitian, tomat ternyata mengandung sejumlah nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, apalagi jika dikonsumsi secara rutin dan tepat.

Salah satu kandungan nutrisi dalam tomat yang sangat penting dan cukup populer adalah, vitamin A, vitamin C dan Lycopen.

  • Vitamin A penting untuk pertumbuhan tulang, pembelahan sel, meregulasi sistem ketahanan tubuh, memelihara mata, pernafasan, sistem urine dan pencernaan.
  • Sementara Vitamin C bermanfaat untuk pembentukan collagen, menghasilkan protein untuk tulang rawan, otot dan pembuluh darah.
  • Selain itu juga mengandung lycopene sebesar 10 miligram per 100 gram berat segar. Lycopen adalah, zat yang memberikan tomat warna merah yang berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi sel tubuh dari kerusakan.
Rekomendasi :  24 Manfaat Menakjubkan Buah Pare Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Dengan mengetahui sejumlah manfaat dalam mengonsumsi tomat maka tidak ada salahnya kita menambahkan tomat dalam daftar sayuran yang kita konsumsi sehari-harinya.

manfaat hebat tomat

Ada 6 manfaat hebat tomat yang belajartani.com kutip dari laman www.medicalnewstoday.com.  Berikut adalah manfaat mengkonsumsi tomat secara rutin dan tepat :

1. Mencegah kanker

Tomat merupakan sumber vitamin C yang baik serta antikosidan. Antioksidan merupakan zat yang mampu menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas merupakan penyebab kanker.

Di zaman dan gaya hidup seperti sekarang radikal bebas lebih mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kita perlu meminimalisir zat tersebut.

Dalam studi jurnal molecular cancer research, ditemukan bahwa kandunagn betacaroten pada tomat  dalam kadar yang tinggi dapat mencegah tumor yang berkembang menjadi cancer prostat.

Tomat juga mengandung lycopen, lycopen adalah senyawa polifenol yang merupakan komponen senyawa apabila berikatan denngan komponen lainnya akan menjadi zat pencegahan penyakit kanker khususnya kanker prostat. Lycopen juga berfungsi memberikan warna merah pada buah tomat yang telah masak.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Rekomendasi :  Manfaat Ciplukan Untuk Diabetes (Pengalaman Mengobati Diabetes)

Rutin mengkonsumsi tomat dengan mempertahankan asupan sodium (garam) dalam jumlah rendah membantu memelihara kesehatan tekanan darah. Selain itu tomat juga tinggi akan kandungan potasium, kandungan potasium dalam tomat berguna untuk menjaga kesehatan jantung sehingga mampu mencegah darah tinggi yang berakibat pada penyakit jantung.

3. Kesehatan jantung

Tomat juga mengandung folate, yang membantu menyeimbangkan kadar homosistein. Homosistein adalah asam amino yang dihasilkan dari perombakan protein, hal tersebut bisa meningkatkan resiko seranagan jantung dan stroke, pengelolahan kadar homosistein oleh folat dapat mengurangi salah satu faktor penyakit hati.

4. Mencegah diabetes

Satu cup tomat chery mengadung sekitar 2 gram serat. Dalam penelitian menujukan bahwa orang dengan diabetes tipe 1 apabila mengkonsumsi serat tinggi akan menurunkan kadar gula darah. Sedang penderita diabetes tipe 2 harus memperbaiki gula darah lemak dan kadar insulin.

5. Kesehatan mata

Tomat kaya akan lycopen, lutein dan betacaroten, senyawa tersebut merupakan antioksidan yang ampuh untuh memberi perlindungan mata dari kerusakan akibat panacaran cahaya, yang mengakibatkan katarak.

Rekomendasi :  Mengenal Apa Itu Sorgum: Kandungan Nutrisi, Manfaat, dan Cara Budidayanya ! 

6. Kehamilan

Tomat merupakan penghasil asam folat, asam folat  esensial merupakan zat yang sangat dibutuhkan sebelum dan selama kehamilan untuk melindungi bayi dari cacat tabung otak.

Asam folat adalah perombakan bentuk folat yang saat ini tersedia pada suplemen yang sangat direkomendasi kepada wanita yang tengah hamil untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Dan tomat adalah sumber asam folat alami yang sangat baik. Selain itu juga baik untuk digunakan pada wanita yang merencanakan kehamilan dimasa mendatang.

Nah, sobat BT, Itulah manfaat hebat tomat. Cukup banyak bukan? Meski begitu, bukan berarti hanya terbatas pada 6 manfaat hebat di atas saja, karena bisa jadi masih banyak manfaat hebat tomat yang lain, hanya saja masih belum diketahui.

Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih ^^

Share, jika konten ini bermanfaat !

Artikel Terkait

About the Author: Insan Cita

Insan Cita, founder & owner BelajarTani.com - Alumnus FP - Bekerja di agriculture corp - Hobi ngeblog & berkebun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *