Tak Hanya Enak, Sayur Pakis Ternyata Kaya Manfaat Loh

Sayur Pakis –┬áPakis menjadi salah satu jenis sayuran yang kerap diolah oleh ibu-ibu di rumah. Tanaman dengan bentuk unik melingkar satu ini ternyata punya beragam manfaat baik untuk tubuh jadi sangat sayang jika dilewatkan begitu saja.

Tanaman pakis mudah ditemui di pasar tradisional ataupun di tempat jualan sayur yang ada di sekitar. Simak manfaat pakis dan juga cara menanamnya di rumah berikut ini.

Kandungan Gizi Pakis

Sebagai sayuran populer hampir di seluruh negara Asia, pakis punya beragam kandungan nutrisi penting untuk tubuh. Berikut ini beberapa nutrisi yang ada pada pakis.

  • Kalsium: 136 mg
  • Fosfor: 159 mg
  • Kalium: 201,9 mg
  • Beta-karoten: 1,625 mcg
  • Protein: 4,5 g
  • Besi: 2,3 g
  • Karbohidrat: 6,9 g
  • Lemak: 0,4 g
  • Karoten total: 3,292 mcg
  • Beberapa vitamin

Manfaat Sayur Pakis

Daun pakis (Diplazium esculentum) sebagai tanaman yang mudah ditemui di Indonesia dengan lingkungan hidup di wilayah dekat dengan sungai kerap digunakan sebagai tumisan atau juga salad. Berbagai kandungan nutrisi pakis di atas mampu memberikan beragam manfaat untuk tubuh, berikut ini manfaat daun pakis.

1. Baik untuk Kesehatan Mata

Khasiat utama dari daun pakis yaitu sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan juga riboflavin (vitamin B2) dalam pakis membuatnya mampu menjaga kesehatan mata bahkan mencegah katarak. Hal ini berdasarkan jurnal kesehatan dari U.S. yang menyebutkan bahwa kandungan riboflavin efektif untuk mengurangi resiko katarak.

2. Mampu Menjaga Kesehatan Otak

Selain baik untuk mata, daun pakis juga baik untuk kesehatan otak. Hal ini terjadi karena pakis memiliki niasin, sebuah nutrisi yang diperlukan oleh otak. Niasin merupakan salah satu bagian dari koenzim NAD dan NADP sebagai sumber energi untuk otak.

Niasin juga dipercaya sebagai zat yang dipakai dalam pengobatan penyakit otak seperti skizofrenia, dibuktikan melalui jurnal kesehatan Eropa. Ada banyak lagi manfaat dari niasin seperti memperbaiki sel yang rusak di otak meskipun memang masih memerlukan lebih jauh terkait manfaat dari niasin ini.

3. Baik untuk Sistem Imun

Tahukah kamu bahwa vitamin C merupakan salah satu nutrisi esensial yang penting bagi kerja sistem imun tubuh? Vitamin V dari daun pakis ini bisa menjadi asupan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh dan memperkuat sistem imun.

Antioksidan dalam vitamin C ini punya banyak manfaat seperti memperkuat sistem imun dan juga mengatasi berbagai peradangan di tubuh. Selain itu, pakis juga mampu membantu tubuh memproduksi lebih banyak limfosit.

Limfosit sendiri merupakan salah satu sel imunitas tubuh yang akan meningkatkan antibodi tersirkulasi. Artinya, kandungan protein limfosit ini akan menjaga tubuh dari zat berbahaya yang masuk ke dalam.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Manfaat selanjutnya dari pakis yaitu mencegah penyakit jantung karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Kalium menjadi salah satu mineral untuk kesehatan tubuh dan jika kamu konsumsi dalam jumlah yang pas, maka resiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, stroke, hingga penyakit jantung akan berkurang.

Cara kalium menurunkan resiko penyakit kardiovaskular memang belum bisa diketahui tetapi sudah banyak ahli yang berpendapat kalium akan mencegah penumpukan kalsium di arteri yang mengakibatkan serangan jantung.

5. Mencegah Alzheimer

Manfaat kesehatan dari daun pakis juga sebagai sebuah makanan yang bisa mencegah terjadinya penyakit alzheimer. Kandungan thiamin (Vitamin B) yang berperan penting dalam hal satu ini untuk mengurangi resiko alzheimer.

Hal ini berdasar pada peneliti dari akademi sains di New York yang menemukan bahwa penderita alzheimer memiliki kesamaan dengan kekurangan thiamin. Alzheimer adalah penyakit yang terjadi akibat menurunnya kemampuan metabolisme di otak dan berhubungan dengan menurunnya kemampuan kognitif.

Masih ada banyak lagi manfaat yang bisa kamu peroleh dari pakis seperti meningkatkan kesehatan kulit, mencegah anemia, hingga melancarkan pencernaan. Kamu tidak boleh lagi menghiraukan pakis ketika masakan sayur ini sudah ada di depan mata karena manfaatnya yang segudang!

Menumbuhkan Pakis di Rumah

Pakis merupakan tumbuhan vaskular yang regenarisnya masih menggunakan spora dan masih tidak memiliki biji ataupun bunga. Banyak orang menganggap pakis tidak bisa ditumbuhkan sendiri di rumah padahal tanaman satu ini mudah dibudidayakan sendiri.

Pakis tumbuh di wilayah yang lembab dengan syarat utama tidak boleh kekurangan air. Pastikan kamu terlebih dulu memilih varietas pakis yang bisa dimakan sebelum mulai menanam tanaman ini mengingat ada juga pakis yang beracun dan sering dijadikan tanaman hias. Berikut ini panduan bagaimana menanam pakis sendiri di rumah:

1. Menyiapkan Media Tanam

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyiapkan terlebih dulu media tanam, biasanya menggunakan arang kayu, tanah, dan juga sekam bakar. Campurkan ketiga bahan tersebut secara merata dengan komposisi 1:1:1. Setelah itu, masukkan media tanam ke dalam pot atau polybag berukuran 25 cm dan siram hingga lembab.

2. Menanam Pakis Sayur

Sebelum menanam, kamu perlu menemukan terlebih dulu anakan pakis sayur dengan membeli di toko pertanian terdekat atau mencari sendiri di sekitar sungai. Setelah itu, pisahkan anakan pakis secara hati-hati supaya akarnya tidak rusak atau patah kemudian tanam di media yang sudah disiapkan.

Meletakkan tanaman pakis adalah tantangan sebenarnya karena tanaman ini tidak boleh terkena cahaya matahari langsung. Kamu perlu menempatkan tanaman di tempat yang teduh dan cenderung lembab, bisa juga membuat area dengan paranet di atasnya untuk mengurangi suhu.

3. Perawatan

Perawatan tanaman pakis sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu menciptakan lingkungan yang sesuai saja dengan tanaman ini. Cukup pastikan tanah selalu lembab dan air tersedia untuk kebutuhan tanaman pakis. Untuk nutrisi, cukup berikan pupuk organik cair saja setiap selesai pemotongan ujung ketika pemanenan.

4. Panen

Pakis yang kamu tanam sudah mulai bisa dipanen ketika berusia 5-6 minggu sejak pindah tanam. Panen sebaiknya dilakukan hanya pada bagian pucuk tanaman saja dengan daun belum mekar. Kamu mungkin hanya akan mendapatkan 3-4 batang saja untuk daun pakis muda tetapi tanaman ini akan terus tumbuh anakan lagi dan tidak perlu banyak perawatan.

Pakis menjadi salah satu sayur yang nikmat untuk dijadikan berbagai olahan seperti tumis ataupun menjadi lalapan dan dinikmati bersama sambal. Kamu sebaiknya mulai memperhitungkan tanaman pakis dalam daftar menu mingguan karena harganya yang murah dan bernutrisi!

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.

About the Author: Ahlan Anwari

Mahasiswa Pertanian Universitas Jember (UNEJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published.