Rekomendasi 9 Pupuk Terbaik untuk Tanaman Hias

1181 View

Pupuk Terbaik Tanaman Hias – Merawat tanaman hias mungkin tampak mudah bagi beberapa orang karena perawatannya yang lebih sederhana. Bagi seseorang yang punya hobi memelihara tanaman hias, tentu akan beda lagi karena perawatannya akan meliputi berbagai aspek yang lebih luas.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika memelihara tanaman hias adalah melakukan pemupukan. Pupuk sendiri terdiri dari berbagai jenis dan bentuk dengan kandungan nutrisi di dalamnya yang juga beragam.

Nutrisi di dalam pupuk ini menentukan bagaimana nantinya pupuk akan memberikan pengaruh bagi tanaman misalnya pupuk kaya N yang sesuai untuk mempercantik daun.

Penting sekali bagi Anda untuk memilih dan menentukan pupuk apa yang baiknya diberikan pada tanaman hias. Jika Anda masih pemula, kami telah mengumpulkan beberapa pupuk terbaik untuk tanaman hias milik Anda. Berikut ulasannya :

Ilustasi pupuk terbaik tanaman hias

#1. Herbafarm Bio-Organic

Di tempat pertama ada pupuk organik dari Herbafarm untuk Anda yang punya tanaman hias dengan media tanam tergolong buruk. Pupuk ini akan memberikan nutrisi lengkap pada tanaman sehingga tanaman hias bisa menjadi lebih sehat dan segar.

Kandungan di dalam pupuk ini tidak hanya berupa hara penting bagi tanaman tetapi juga mikroba yang berperan dalam sintesis nutrisi di tanah. Pupuk ini berperan untuk memperbaiki kualitas tanah sehingga kebutuhan hara tanaman bisa terpenuhi.

#2. NPK Grow More 10-55-10

Selanjutnya ada pupuk kimia yang lebih cocok digunakan untuk tanaman hias dengan bunga seperti bunga sepatu misalnya. Pupuk NPK Grower ini memiliki kandungan fosfat tinggi yang akan membantu tanaman untuk berkembang lebih baik di fase generatif.

Pemakaian pupuk NPK Grower ini bisa secara langsung ditugal ke area sekitar akar tanaman. Anda juga bisa mencampurnya terlebih dahulu dengan air kemudian menyiramkannya ke media tanam. Pastikan air dari pupuk tidak mengenai daun karena bisa menyebabkan daun terbakar. Aplikasi NPK Grower ini bisa dilakukan paling banyak satu bulan atau tiga bulan sekali.

#3. Pupuk Organik Kotoran Kambing

Untuk Anda yang baru ingin membuat media tanam, ada pupuk organik yang juga cocok untuk digunakan yaitu kotoran kambing. Pupuk ini bisa langsung digunakan sebagai campuran media tanam dengan campuran 1:1 dengan media tanah.

Kotoran kambing terkenal karena memiliki kalium yang lebih tinggi dibandingkan dengan kotoran ternak lainnya. Jika sudah tanaman sudah dalam pot, maka Anda bisa menaburkan kotoran kambing ini di bagian atas media tanam. Pupuk kambing memiliki harga yang lebih murah dengan kandungan hara lengkap untuk tanaman hias Anda.

#4. Pupuk Langsung Pakai (PLP)

Sebagai pemula, biasanya banyak orang enggan mencari suatu pupuk yang penggunaannya sedikit rumit. Anda bisa mengatasi ini dengan menggunakan Pupuk Langsung Pakai (PLP) yang dirancang khusus untuk bisa langsung diaplikasikan pada tanaman.

Pupuk ini sudah tersedia dalam kemasan botol semprot plastik dan penggunaannya hanya tinggal menyemprotkannya pada media tanam. PLP ini tergolong ke dalam pupuk fast release yang bisa diserap tanaman secara langsung untuk merangsang pertumbuhan tanaman.

#5. Horti NEOBoost Flower

Jika Anda merupakan penggemar tanaman hias jenis bunga-bungaan, maka pupuk satu ini adalah pilihan terbaik. Pupuk ini sangat cocok untuk tanaman seperti anggrek ataupun mawar yang dinikmati karena keberadaan bunganya yang cantik.

Tidak hanya merangsang pertumbuhan, pupuk ini punya kandungan kalium tinggi yang membantu menjaga ketahanan dan kesehatan tanaman. Aplikasi pupuk ini dilakukan langsung pada tanah dengan cara diencerkan terlebih dahulu kemudian disiram atau disemprotkan.

#6. NPK Mutiara

Pupuk NPK juga terdapat jenis mutiara dengan kandungan hara N-P-K 16-16-16, berbeda dengan NPK Grower. NPK jenis ini memiliki kandungan nutrisi yang seimbang, cocok untuk segala kondisi tanaman terutama untuk tanaman hias daun.

Kandungan lain dari NPK Mutiara ini juga termasuk kandungan unsur hara mikro seperti Mg atau Ca yang penting bagi perkembangan tanaman. Beberapa manfaat yang bisa Anda terima dari pupuk satu ini seperti meningkatnya pertumbuhan akar, bertambahnya anakan, hingga tanaman yang tampak lebih hijau dan segar.

#7. Hyponex 20-20-20

Ada pula pupuk produksi Hyponex yang memiliki kandungan N, P, dan K lebih tinggi daripada pupuk NPK. Kandungan ketiga hara tersebut dalam pupuk ini juga seimbang, membuatnya cocok untuk segala jenis tanaman hias.

Hyponex jenis ini bisa Anda aplikasikan ke daun atau langsung ke akar dengan fungsi utama merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman. Pupuk ini tidak cocok untuk digunakan dalam pemupukan tanaman bunga karena Ia akan membuat tanaman terhambat pembungannya karena fokus pada perkembangan vegetatif seperti penambahan anakan.

#8. Golstar 250 SC

Gollstar 250 SC sebenarnya termasuk ke dalam golongan zat pengatur tumbuh (ZPT) tanaman. Pupuk satu ini bisa digunakan baik untuk tanaman hias bunga maupun tanaman hias jenis daun-daunan.

Pemberian Golstar 250 SC di awal masa penanaman akan merangsang pertumbuhan tinggi dan jumlah daun sedangkan ketika sudah cukup dewasa, pupuk ini akan mendorong tanaman untuk segera berbunga lebih cepat.

#9. Vitamin B1 Liquinox Start

Terakhir ada pupuk yang cocok untuk Anda gunakan demi merangsang pertumbuhan tanaman hias. Seperti namanya, pupuk ini memiliki Vitamin B1 yang bagi tanaman berfungsi untuk merangsang pertumbuhan. Di dalam pupuk ini terdapat juga unsur hara makro seperti fosfor misalnya yang bisa memperbaki proses metabolisme sel tanaman.

Pupuk ini cocok untuk diaplikasikan ketika baru saja pindah tanam atau ketika tanaman dipindahkan ke lingkungan yang baru. Kandungan pupuk ini akan membantu tanaman terhindar dari stress atau cekaman.

Pastikan kamu mengetahui terlebih dulu spesifikasi setiap tanaman hias milikmu dan bagaimana kebutuhan nutrisinya. Beberapa pupuk di atas adalah jenis pupuk terbaik yang akan membantu perkembangan tanaman hias.

Bagikan Artikel Ini Bosque ! Trims.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *