Petani Vietnam Tanam Padi Malam Hari untuk Hindari Gelombang Panas di Siang Hari

Petani Vietnam Tanam Padi Malam Hari – Vietnam saat ini adalah negara pengekspor beras dunia dari Asia Tenggara. Termasuk Indonesia menjadi salah satu tujuan ekspor beras dari Vietnam.

Komoditas beras merupakan salah satu komoditas pertanian yang sangat penting. Menurut FAO, saat ini Vietnam menjadi negara eksportir utama beras dunia dengan kontribusi sebesar 14%.

Sayangnya, akhir-akhir ini fenomena gelombang panas atau El Nino hampir terjadi di seluruh dunia termasuk Vietnam dan mengancam produksi beras mereka.

Di Vietnam sendiri, suhu udara tercatat mengalami kenaikan setiap tahunnya 1-2 Celsius, disinyalir salah satunya akibat penebangan pohon secara massif.

Baca Juga :  Inilah Sweeper Robot Pemanen Paprika Berteknologi AI Pertama Di Dunia

Namun kondisi tersebut tak menghalangi niat petani Vietnam untuk beraktivitas di sawah mereka. Jika siang hari kondisi tidak memungkinkan karena sangat panas, maka petani Vietnam bisa tanam padi malam hari.

Petani padi Vietnam tanam padi malam hari

Dilansir dari laman IG, disebutkan petani di pinggiran kota Hanoi menanam padi jam 3 di mana kondisi masih gelap gulita.

Dari sumber lain, petani di sana tidak hanya berangkat ke sawah mulai jam 3 pagi sampai jam 9 pagi, namun mereka melanjutkan lagi jam 4 sore sampai jam 9 malam, seterusnya sampai selesai.

Hebatnya lagi, mereka melakukannya hanya menggunakan lampu senter kepala (headlamp) sebagai satu-satunya sumber cahaya penerangan.

Berikut ini beberapa foto aktivitas petani Vietnam saat menanam padi di malam hari yang kami kutip dari IG afpphoto: foto by Nhac Nguyen.

Foto 1. Petani Vietnam tanam padi malam hari menggunakan lampu senter kepala

Foto 2. Suasana sunrise petani Vietnam tanam padi

Foto 3. Suasana sudah pagi petani Vietnam tanam padi

Baca Juga :  Mengintip TALADTHAI, Pasar Agribisnis Terbesar di Thailand

Dengan bekerja di malam hari, mereka bisa bekerja lebih lama karena terhindar dari gelombang panas dan berusaha menyelesaikan penanaman padi sebelum panas yang brutal di hari itu tiba.

Meski begitu, menanam padi di malam hari tak bisa secepat saat menanam di pagi atau siang hari. Hasilnya pun tak bisa lurus sebab minimnya cahaya.

Namun, penanaman padi di malam hari mencegah tanaman padi mati akibat stress karena padi yang baru ditanam sangat peka dengan suhu panas.

Menanam dalam kegelapan nampaknya menjadi pilihan yang sulit mengingat selama musim panas suhu udara menjadi begitu ekstrem.

Bagaimana menurut anda sobat BT ?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *