bt
Menu

Pentingnya Pengamatan Tanaman

19/01/2019 | Kolom Opini

Belajartani.com – Suatu waktu ada sobat BT yang bertanya “kenapa sih seringkali tanaman saya tidak maksimal? Kenapa sih selalu saja saya dapati tanaman saya terkena virus, tanaman kerdil, jumlah buah sedikit, dan ujung-ujungnya hasil panen tidak seperti yang diinginkan”.

Padahal kalo dirunut ke belakang sudah pake benih cabai tahan virus (kebetulan waktu itu tanam cabai), olah tanah juga sudah baik, pengairan sudah, penyemprotan pestisida serta pemupukan sudah, namun tanamannya kok masih seperti itu.

Lalu dia minta saran, apa sih yang kurang?

Dari ceritanya tadi, saya pikir yang masih kurang adaah dari segi pengamatan. Saya tanya apakah pernah melakukan pengamatan rutin? Seperti dugaan saya ternyata tidak ada jadwal khusus untuk pengamatan tanaman secara rutin dan detil.

Memelihara dan merawat tanaman, tak jauh beda dengan merawat bayi. Tak hanya memberikan ASI atau makan saja, namun kita juga perlu mengamati perkembangan bayi kita, bagaimana kesehatanya, serta mengamati efek atau gejala sakit apa yang muncul.

Pengamatan tanaman sangat penting untuk menjaga tanaman tetap sehat dan produktif. Seringkali kita masih enggan melakukan pengamatan rutin sehingga terkadang kita baru tersadar saat tanaman kita sudah rusak parah dan susah untuk dipulihkan.

Pengamatan tanaman terhadap apa saja?

Pengamatan tanaman dilakukan terhadap kondisi tanaman ada yang roboh atau tidak, kekurangan air atau tidak, kekurangan pupuk atau tidak (defisiensi dilihat dari daun) serta terhadap hama penyakit.

Image source : oshawagardenclub.ca

Pengamatan yang paling penting menurut saya adalah terhadap hama penyakit. Ini dilakukan karena hama penyakit inilah yang seringkali menjadi penyebab utama kerusakan tanaman yang pada akhirnya menyebabkan kerugian.

Yang perlu diamati dari hama penyakit adalah populasi hama atau gejalanya. Saat populasinya sudah melebihi ambang batas maka perlu dilakukan pengendalian. Anda bisa membaca artikel tentang ambang batas pengendalian hama pada blog ini.

Selanjutnya, gejala serangan. Serangan hama penyakit bisa diketahui dengan gejala serangan yang ditimbulkan. Oleh sebab itu pengamatan dilakukan untuk sedini mungkin mendeteksi gejala serangan hama penyakit.

Jika sudah diketahui OPT atau hama penyakit apa yang menyerang tinggal memutuskan teknik dan cara pengendalian hama penyakit mana yang akan diterapkan, jika dengan penyemprotan pestisida, bahan aktif apa yang akan diaplikasikan.

Saya pikir itu pendapat saya, mengapa pengamatan tanaman itu sangat penting. Pengamatan tanaman merupakan bagian dari pencegahan. Bukankah lebih baik pencegahan daripada pengobatan?

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥