bt
Menu

Pegagan; Seringkali Diabaikan Tapi Luarbiasa Manfaatnya

13/05/2019 | Info Agribisnis

Belajartani.com – Pegagan atau pennyworth (Centella asiatica), mungkin tak banyak yang tahu seperti apa tanaman itu. Khususnya bagi warga perkotaan. Jangankan tahu manfaatnya yang luarbiasa, bentuknya saja mungkin sangat sedikit yang tahu. Betul?

Ya, tanaman punya nama lain kaki kuda ini biasa ditemui di pekarangan, tepi jalan, pematang sawah, di tegalan, perkebunan. Bentuk tanamannya mirip tanaman strawberry gitu. Namun bedanya pegagan bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, mulai dataran rendah hingga dataran tinggi (2500 mdpl).

Nah, tau gak sob, sebagai tumbuhan liar, keberadaan pegagan ini seringkali diabaikan. Kenapa? Karena masih belum banyak yang tahu segudang manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat pegagan untuk kesehatan

Pegagan atau Pennyworth

Manfaat dari pegagan ini tak lepas dari zat yang terkandung di dalamnya terutama pada daunnya. Berikut ini zat yang terkandung dalam pegagan menurut LITBANGTAN (2012) : carotenoids, alkaloid, flavonoid, tanin, saponin (vallerin, brahmosida, brahminosida, steroid (sitosterol dan stigmasterol) dan triterpenoid (asiaticosida, asiatic asid, madekasid dan madekasosid).

Nah, karena kandungan zat tersebut pegagan punya manfaat sebagai berikut:

#1. Anti diuretika (peluruh kencing, kencing keruh)

#2. Antipiretika (penurun panas, karena sifat dari pegagan mendinginkan)

#3. Antiinflamasi (anti peradangan)

#4. Antidepresan (menurunkan gejala stress dan depresi)

#5. Antikanker (mencegah berkembangnya sel oksidan penyebab kanker)

#6. Antipikun (memperbaiki ingatan dan memory otak, mencegah kepikunan)

#7. Antinyeri (mengurangi nyeri haid)

#8. Antitoksin (pembersih darah dari racun)

#9. Antiinfeksi (mempercepat penyembuhan luka)

Manfaat pegagan lainnya yaitu antibakteri , antialergi, antivarises (melancarkan peredaran darah), meningkatkan daya ingat otak, meningkatkan kesuburan pada wanita serta stamina tubuh.

Bagaimana cara mengambil manfaat dan kebaikan dari pegagan ini?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengambil manfaat dari pegagan antara lain dengan dimakan langsung (sebagai lalapan), atau dikeringkan kemudian direbus sebagai teh, atau langsung di rebus pegagan segar dengan air.

Berapa banyak yang musti direbus?

Membuat minuman herbal pegagan sebagaimana obat tradisional atau herbal yang lain tidak ada dosis yang pasti, namun secukupnya saja. Namun sebagai patokan umumnya orang merebas 9-19 lembar pegagan, kemudian rebus dengan air 3 gelas, biarkan sampai jadi 2 gelas saja. Kemudian minum ¼ gelas 3x sehari (berdasar pengalaman orang tua).

Perubahan status pegagan dari tumbuhan liar menjadi tanaman budidaya

Seiring manfaat pegagan yang begitu besar itu maka status pegagan berubah dari tumbuhan liar menjadi tanaman budidaya.

* Tumbuhan liar : diabaikan, dibiarkan tumbuh begitu saja

* Tanaman budidaya : sengaja ditanam untuk diambil manfaat secara ekonomis dan medis (pengobatan)

Kini permintaan pegagan meningkat seiring banyaknya pabrik yang mengolah pegagan menjadi minuman herbal baik itu bentuknya teh ataupun kapsul pegagan.

Oleh sebab itu untuk memenuhi kebutuhan industri pengolahan, pegagan tidak cukup jika hanya mencari langsung  di alam, namun perlu usaha budidaya untuk menjamin cukupnya bahan baku pegagan serta menjamin mutu yang baik.

Pegagan ditanam di polibag. Image source : pricearea.com

Untuk budidaya atau menanam pegagan sangat mudah, sama dengan menanam strawberry. Pegagan yang berkembang biak dengan stolon sangat mudah dikembangkan di bedengan maupun di polibag.

Nah, sobat BT, sampai di sini ya ulasan tentang segudang manfaat pegagan untuk kesehatan. Sekarang anda sudah tahu segudang manfaat pegagan, bisa anda olah sendiri untuk herbal anda.

Jadi, sayang kan kalo si pegagan ini diabaikan? 😀

Bagikan ke teman anda :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥