Manfaat Buah dan Sayur : Beda Warna, Beda Manfaat Kesehatannya

49 View

Manfaat Buah dan Sayur : Beda Warna, Beda Manfaat Salah satu ciri dari cara hidup sehat adalah mengkonsumsi buah dan sayuran. Sesuatu yang belum jadi sebuah kebiasaan atau gaya hidup bagi masyarakat Indonesia.

Ya bisa dikatakan konsumsi buah dan sayur masyarakat Indonesia secara umum masihlah rendah. jauh dengan negara-negara Eropa yang banyak menyadari akan pentingnya menkonsumsi buah dan sayuran.

Mengkonsumsi buah dan sayur memang sangatlah penting. pemerintah bahkan menciptakan program GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat guna mengajak masyarakat agar senantiasa mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Kandungan nutrisi pada buah dan sayur

Manfaat Buah dan Sayur : Beda Warna, Beda Manfaat

Buah dan sayur adalah makanan yang baik bagi tubuh. buah dan sayur adalah sumber vitamin dan mineral yang berperan sebagai antioksidan atau penangkal zat racun berbahaya bagi tubuh.

Selain itu ia juga kaya akan serat yang bermanfaat mencegah berbagai jenis gangguan pencernaan seperti sembelit dan wasir.

Sebagian buah juga ada yang mengandung karbohidrat berupa glukosa dan fruktosa (zat gula). Adanya kandungan tersebut bisa diketahui dari rasa manis yang terkandung pada daging buah tersebut missal pepaya, pisang, mangga dan lain-lain.

Tak hanya pada buah, beberapa jenis sayur juga ada yang mengandung karbohidrat seperti kentang dan wortel.

Selain kandungan vitamin, mineral, serat dan karbohidrat, ada juga buah yang diketahui mengandung lemak tak jenuh (jenis lemak yang baik bagi tubuh) seperti buah avocado (alpukat).

Manfaat mengkonsumsi buah dan sayur

Manfaat mengkonsumsi buah dan sayur bisa dikategorikan jadi 2 yaitu manfaat jangka pendek dan manfaat jangka panjang.

Manfaat jangka pendek nya seperti menjaga kesegaran tubuh, mencegah gangguan pencernaan, dan mencukupi nutrisi tubuh.

Sementara manfaat jangka panjang, dapat mencegah penyakit berbahaya/kronis seperti kanker, kolesterol, diabetes, jantung dan kegemukan.

Memang menkonsumsi sayur itu memberikan manfaat jangka pendek dan jangka panjang, namun agar tubuh tetap sehat ia bukanlah sesuatu hal yang berdiri sendiri.

Maksutnya walaupun sudah terbiasa mengkonsumsi buah dan sayur bukan berarti mengabaikan gaya hidup sehat yang lain seperti aktivitas fisik, tidak mengkonsumsi alcohol, istirahat cukup, minum air putih yang cukup dan lain-lain.

Jumlah konsumsi anjuran buah dan sayur

Lalu berapa jumlah buah sayur yang sebaiknya kita konsumsi setiap harinya?

Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengajurkan konsumsi buah sayur sebanyak 400 gram per orang per hari, dimana 2/3 nya adalah sayur.

Jadi porsi sayur yang 2/3 dari 400 gram adalah sekitar 266 gram, atau gampangnya kita buat 250 gram untuk sayur, sisanya 150 gram-an untuk buah.

Jika anda membeli buah mangga berat 300 gram, maka buah tersebut bisa mencukupi kebutuhan anda akan buah selama 2 hari.

Beda warna, beda manfaat kesehatannya

Buah dan sayur yang banyak di tanam para petani memiliki beragam jenis bentuk dan warnanya.

Dilansir dari laman FAO, warna buah dan sayur seringkali dikaitkan dengan manfaat kesehatan yang berbeda pula. Artinya warna buah sayur tertentu memiliki manfaat tertentu pula.

  • Warna hijau

Memiliki fitokimia dengan sifat anti kanker. Contoh : sawi, brokoli

  • Warna orange

Mengandung karotenoid yang membantu menjaga kesehatan mata. Contoh : jeruk, wortel, pepaya

  • Warna merah

Dapat membantu menurunkan atau mengurangi resiko kanker dan meningkatkan kesehatan jantung. Contoh : tomat, strawberry, rash berry, semangka, cabai, ceri

  • Warna biru/ungu

Mengandung pigmen anthosianin, memiliki sifat antioksidan yang dapat menurunkan resiko kanker, stroke dan penyakit jantung. Contoh : blueberry, anggur

  • Warna putih

Mengandung fitokimia dengan sifat antivirus dan bakteri. Contoh : lobak, pisang, kelapa,, bawang putih, kembang kol

Baca juga : 9 Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Bisa Dimakan

Nah sobat, demikian lah ulasan singkat mengenai manfaat buah dan sayur, sekarang kita jadi tahu bahwa berbeda warna buah/sayur maka berbeda pula manfaat nya bagi kesehatan.

So, kalian lebih suka konsumsi buah atau sayur warna apa ?

Bagikan Artikel Ini. Trims !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *