bt
Menu

Jenis-jenis Pupuk Untuk Tanaman Cabai dan Contohnya

19/12/2018 | Pupuk dan Pestisida

Belajartani.com“Jenis-jenis pupuk untuk tanaman cabai, apa saja kak yang biasa dipakek?” Begitu bunyi pertanyaan dari seorang sobat BT yang bilang kalau dirinya petani pemula.

Nah pada kesempatan kali ini, saya akan buatkan list nya sehingga lebih memudahkan sobat BT yang baru belajar atau pun baru terjun di usahatani cabe. Jenis-jenis pupuk ini tidak hanya untuk cabai saja, namun bisa untuk semua jenis tanaman sayur atau buah.

Apa saja jenis-jenis pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman cabai?

# Pupuk dasaran
Pupuk dasaran adalah pupuk yang diberikan saat olah tanah. Contohnya pupuk kandang (kotoran sapi, ayam atau kambing), pupuk SP36, pupuk KCl, pupuk Petroganik, pupuk Dolomit (kapur pertanian, untuk meningkatkan pH tanah).

# Pupuk starter
Pupuk starter adalah istilah pupuk yang diberikan pertama kali setelah 5-7 hari pindah tanam. Contoh pupuk yang difungsikan sebagai pupuk starter pupuk Grower, pupuk mamigro N, pupuk Gandasil D.

# Pupuk susulan
Pupuk susulan adalah istilah bagi pupuk yang diberikan pada tanaman berdasarkan fase pertumbuahannya, misal pada timun diberikan susulan 1 saat usia 7 hari (awal fase vegetatif), kemudian susulan 2 saat umur 3 minggu (menjelang fase pembungaan), susulan 3 saat umur 5 minggu (yakni menjelang fase pembesaran pematangan buah). Contoh pupuk NPK Mutiara, pupuk SP, KCl, pupuk ZA, ZK atau KNO3.

# Pupuk penguat tanaman
Pupuk penguat tanaman adalah pupuk yang bertujuan untuk memperkuat tanaman dari serangan hama penyakit serta dari cekaman lingkungan (cuaca yang panas atau kekeringan). Contoh pupuk Calsium agar tidak rontok dan tidak busuk buah (basah maupun kering), pupuk boron agar tidak mudah rontok juga, pupuk silika agar daun tanaman lebih tebal.

# Pupuk peningkat kualitas
Pupuk peningkat kualitas adalah pupuk untuk meningkatkan keseragaman panen (pematangan buah), meningkatkan cita rasa buah serta meningkatkan daya simpan. Contoh pupuk ZK, pupuk KNO3.

# Pupuk penurun pH
Pupuk penurun pH bertujuan untuk menurunkan nilai pH tanah dari kondisi asam menjadi sesuai dengan pH cabai (5,5-6,5). Contoh pupuk Dolomit (kandungan Mg dan Ca tinggi).

# Pupuk mikro
Pupuk mikro adalah pupuk yang komposisinya dari unsur hara mikro yaitu Mangan (Mn), Molibdenum (Mo), Zincum/seng (Zn), Besi (Fe). Contohnya pupuk Vitaflora.

# Pupuk daun
Pupuk daun adalah jenis-jenis pupuk yang diberikan lewat daun melalui penyemprotan (spraying). Banyak sekali jenisnya, ada yang diberikan khusus fase vegetatif/pertumbuhan seperti Gandasil D, Bayfolan, Vitabloom, ada juga yang khusus generatif/pembungaan pembuahan seperti Gandasil B.

Baca juga : Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Pupuk pada Tanaman Cabai

Nah, sobat BT, itulah jenis-jenis pupuk yang biasa digunakan petani cabai beserta contohnya. Mungkin kalo ada yang belum dimasukkan, mohon beri tahu saya untuk ditambahkan (bisa di kolom komentar).

Terakhir, karena harga pupuk saat ini mahal-mahal, maka gunakan dengan bijak, tidak berlebihan dosisnya. Karena tak hanya kekurangan, kelebihan dosis pun tak baik untuk tanaman, sama seperti manusia juga kan?

Baca juga : 4 Jenis Cabai Yang Paling Banyak Ditanam di Indonesia

Semoga bermanfaat artikel tentang jenis-jenis pupuk untuk cabai ini, jika dirasa bermanfaat mohon bagikan pada saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂
BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥