31 Fakta Edamame Jember, Makanan Favorit Orang Jepang

3457 View

31 Fakta Edamame Jember, Makanan Favorit Orang Jepang – Mempunyai banyak sahabat yang berasal dari Jember membuat aku tak hanya mengenal karakter orang Jember yang ramah dan baik, namun mengenal juga makanan khas dan kulinernya. Di antara yang paling berkesan bagiku adalah edamame.

Ya makanan ini biasanya teman se-kos ku, bawakan saat ia pulang kampung ke Jember. Bagiku makanan edamame ini, sangat lezat dan unik sekali. Rasanya renyah, segar dan ada kayak ada manis-manisnya (*bukan iklan). Sehingga membuat aku langsung jatuh cinta saat pertama kali memakannya.

Awalnya aku tak terlalu ‘ngeh’ (mengerti) apa itu edamame. Kata temanku edamame itu kedelai Jepang. “Kedelai Jepang tapi kok belinya di Jember ?”. Begitu pikirku kala itu.

Dari rasa penasaran itulah yang akhirnya membuat aku banyak mencari tahu berbagai fakta tentang edamame Jember ini. Fakta yang belum tentu orang Jember sendiri ketahui (*maaf kalau salaah…pis).

Ya berbagai fakta unik, menarik dan informatif yang menurutku sangat layak untuk dibagikan ke semua orang, termasuk anda yang sedang membaca artikel ini.

Baca juga : [Fakta] Potret Kemajuan Pertanian Di Jepang

Oke kalo gitu, kuy simak ulasan fakta edamame Jember, yang jadi makanan favorit orang Jepang. Ikimashou…!

⇒ Sejarah dan Pusat Produksi Edamame di Indonesia

1.Edamame merupakan tanaman asli dari China yang diketahui mulai ditanam tahun 2500 tahun sebelum masehi (SM).

2.Edamame berasal dari kata eda dan mame dalam bahasa Jepang yaitu eda artinya cabang, dan mame artinya kacang, jadi edamame berarti batang kacang. Hal ini karena di Jepang edamame direbus beserta batangnya.

3.Nama latin edamame adalah Glycine max, termasuk famili tanaman leguminoseae atau kacang-kacangan.

4.Varietas edamame yang ditanam di Indonesia antara lain Ryokku/Ryokkoh (RK), Ocunami (OC), Chamame dan R 75 (asal taiwan).

5.Julukan edamame antara lain kedelai hijau (green soybean), kedelai Jepang (japanese soybean), kedelai manis, kedelai sayur (vegetable soybean).

6.Edamame mudah ditemukan di restoran Jepang di seluruh penjuru dunia, termasuk restoran Jepang di Indonesia.

7.Edamame pertama kali di tanam di Indonesia yaitu di Lembang Bandung, pada abad 16-an Masehi.

8.Sejak tahun 1990-an edamame mulai dikembangkan di Bogor, Bandung dan Jember Jawa Timur, dengan benih yang langsung di-impor dari Jepang.

9.Jember menjadi daerah yang potensial untuk budidaya edamame karena diapit oleh 2 gunung yaitu Gunung Argopuro dan Gunung Raung.

10.Produsen edamame di Jember adalah PT. Mitra Tani 27 atau M27 yang merupakan anak perusahaan BUMN PTPN 10, yang mulai trial mulai tahun 1992 hingga sukses ekspor perdana edamame ke Jepang tahun 1995 silam.

11.Produksi edamame di Jember adalah sekitar 9000 ton tiap tahunnya (85 %nya diekspor, 80% nya ke Jepang), dengan luas lahan penanaman sebesar 1200-1300 hektar (luas lahan petani mitra).

12.Selain Jember, edamame juga dikembangkan di beberapa kota di Indonesia seperti Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kendal (Jawa Tengah). Edamame dari daerah Jawa Tengah dieskpor ke negara Eropa seperti Belanda.

13.Sedangkan negara tujuan ekspor edamame Jember yaitu Jepang, AS, Australia, Malaysia dan Timur Tengah.

14.Negara lain pengekspor edamame ke Jepang antara lain China, Thailand, Taiwan dan Vietnam.

15.Edamame kualitas terbaik nomor 1 di dunia adalah dari negara Taiwan, Indonesia berada di nomor 2 atau 3.

16.Edamame diekspor dalam bentuk beku segar (polong beku).

⇒ Sekilas Budidaya Edamame

17.Edamame tumbuh dengan baik di ketinggian di atas 600 mdpl, dengan suhu optimal 20-30 celsius.

18.Edamame tumbuh dengan baik pada lahan yang gembur dan drainase yang baik.

19.Jarak tanam yang digunakan yaitu 20 cm, 25 cm atau 30 cm, tergantung varietas (1 lubang tanam 1 bibit), dengan bedengan 1 – 1,5 meter.

20.Edamame merupakan tanaman semusim dengan tinggi tanaman 50-150 cm, berdiri tegak dan berdaun lebat.

21.Edamame mulai berbunga saat usia 30-40 hst (tergantung varietas), dan mulai dipanen di umur 60-70 hst (tergantung varietas).

22.Berat polong edamame sekitar 2 kali berat kedelai biasa yakni per 100 gramnya 30-50 gram.

23.Panen edamame dilakukan saat stadia tumbuh R6 atau saat pengisian biji berkisar 80-90 %, yaitu saat polong masih bewarna hijau segar.

⇒ Cara Pengolahan Edamame

24.Cara mengolah edamame adalah dengan cara direndam air garam terlebih dulu lalu direbus atau dikukus.

25.Ada juga yang merebus edamame dulu baru kemudian ditaburi garam, baru kemudian disantap sambil menikmati Sake.

⇒ Nilai Ekonomi Edamame

26.Harga edamame di pasar ekspor yaitu 2 Dollar Amerika  per 500 gramnya, harga di pasar domestik 1-1,5 Dollar Amerika per 500 gram (data tahun 2019).

27.Devisa atau pendapatan dari ekspor edamame adalah sekitar 60-70 miliar setahun.

⇒ Nilai Gizi Edamame

28.Sebagaimana kedelai biasa, edamame kaya akan kandungan protein (9 asam amino essensial) dan zat besi tinggi, yang baik untuk pertumbuhan atau perbaikan sel tubuh yang rusak.

29.Edamame sangat baik dikonsumsi untuk anda yang sedang diet karena mengandung nol kolesterol jadi baik untuk jantung dan darah tinggi.

30.Edamame juga kaya vitamin K, B, C dan A. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Baik untuk anda yang sering berjam-jam di depan layar laptop/pc, bekerja, ngerjakan skripsi atau main game.

31.Selain itu, edamame juga berfungsi sebagai antioksidan, mengandung betakaroten dan isovlafin yang mampu mengurangi resiko penyakit kanker.

Baca juga : 8 Komoditas Pertanian yang Mustinya Tak Perlu Impor

Nah sobat itulah fakta edamame Jember yang aku tahu. Gimana keren kan si edamame ini? Walaupun tak banyak orang Jember yang tau, faktanya edamame Jember jadi favorit dan primadona di negeri Sakura.

Tentu sebagai anak bangsa bangga sekali bukan? Tentu saja! Ya walaupun edamame Indonesia masih kalah di bawah Taiwan. Tapi ini jadi bukti bahwa produk pertanian Indonesia diakui dan dipercaya pasar dunia.

Sebenarnya tak hanya dari komoditas pertanian pangan aja sih, perlu sobat ketahui juga dari subsektor perkebunan banyak juga loh produk atau komoditas unggulan perkebunan Indonesia yang dikenal dan diakui kualitasnya di pasar dunia, salah satunya juga dari Jember. Nah, sobat bisa baca di link berikut >> 9 Komoditas Unggulan Perkebunan Indonesia yang Dikenal Pasar Dunia.

Terakhir, harapanku sih sebagai pecinta edamame Jember, semoga edamame Jember dan semua produk pertanian Indonesia terus berjaya di pasar dunia. Aaamiiin.

Bagaimana dengan anda, apakah anda salah pecinta edamame ?

Penulis : Mbak Ell (Mahasiswi Malang)

Bagikan Artikel Ini. Trims !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *