bt
Menu

Embun Tepung (Powdery Mildew) dan Beberapa Cara Pengendaliannya

28/10/2018 | Pupuk dan Pestisida

Belajartani.com – Haloo sobat BT, menjelang akhir bulan oktober ini gimana tanamannya? Aman? Alhamdulillah jika tanaman anda semua aman semua.

Di antara anda petani horti, cabai, timun, tomat dan lain-lain, mungkin ada yang baru rencana tanam, atau mungkin juga sedang mau tanam tapi masih menunggu hujan datang.

Ya pada beberapa lokasi memang saat ini terjadi kekeringan sehingga tidak memungkinkan untuk penanaman. Meskipun ada juga yang sudah mulai hujan tapi sekedar gerimis.

Kondisi musim peralihan seperti saat ini, cuaca harian memang didominasi oleh awan mendung.

Mendung sudah mulai nampak sejak dari pagi hari hingga sore hari. Hal ini menyebabkan paparan sinar matahari agak berkurang.

Ada beberapa kondisi yang muncul dari menurunnya paparan sinar matahari antara lain proses metabolisme tanaman seperti fotosintesis mengalami perlambatan juga.

Akibatnya pertumbuhan dan pemasakan buah juga mengalami perlambatan. Selain itu kondisi ini adalah kondisi ideal yang memicu berkembangnya salah satu penyakit yang disebabkan jamur yaitu penyakit embun tepung atau powdery mildew.

Apa itu itu powdery mildew?

Penyakit embun tepung atau powdery mildew adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur Leveillula taurica.

Disebut embun tepung karena pada gejala serangannya nampak massa jamur bewarna putih di bagian bawah daun, yang terlihat seperti “serbuk tepung”.

Embun tepung (powdery mildew) pada tomat. image source : tomatopedia.org

Penyakit embun tepung diketahui menyerang banyak tanaman antara lain cabai, terong, tomat, semangka, timun, pare, melon dan lain-lain.

Embun tepung (powdery mildew) pada timun. image source : dok. belajartani.com

Bekum diketahui secara jelas, darimana pertama kali penyakit ini ditemukan, yang jelas wilayah penyebarannya cukup luas yang hampir ke seluruh dunia (worldwide).

Embun tepung (powdery mildew) pada semangka. image source : dengarden.com

Gejala serangan powdery mildew (embun tepung atau bubuk jamur)

Bagaimana cara mengetahui adanya serangan powdery mildew? Untuk mengidentifikasi penyakit ini kita harus faham gejala serangannya (sympton) lebih dulu.

Gejala serangan penyakit powdery mildew ini biasanya dimulai dari daun bawah yang kemudian terus menyebar ke daun yang lebih muda (ke bagian atas).

Gejala saat fase infeksi awal muncul bercak-bercak bewarna hijau terang sampai kuning terang yang terlihat pada bagian atas permukaan daun tua.

Gejala awal Embun tepung (powdery mildew) pada cabai. image source : dok. belajartani.com

Gejala lebih lanjut, daun yang terinfeksi meringkuk ke atas, dan terlihat jelas pertumbuhan jamur bewarna putih pada bagian bawah daun.

Daun yang muncul-muncul bercak kuning tadi berkembang menjadi nekrotik (mati) dan gugur. Pada serangan yang parah, tanaman akan nampak gundul karena hampir semua daunnya gugur/rontok.

Kondisi yang mendukung perkembangan penyakit powdery mildew

Kondisi ideal yang mendukung perkembangan penyakit powdery mildew yakni pada suhu hangat kisaran 15-32 derajat Celsius dan tidak mendapat sinar matahari langsung.

Penyakit embun tepung ditularkan melalui udara/angin (airborne) dan biasanya tanaman yang ternaungi mudah terserang embun tepung atau powdery mildew.

Cara pengendalian penyakit embun tepung (powdery mildew)

Lantas bagaimana cara mengendalikan penyakit embun tepung ini? Berikut ini beberapa cara mengendalikan (mencegah dan mengatasi) penyakit embun tepung (powdery mildew), berdasarkan pengalaman kami :

1. Cegah penyakit embun tepung dengan aplikasi fungisida segera setelah terlihat gejala serangan awal.

2. Jika sudah parah maka, lakukan kombinasi fungisida kontak dengan sistemik (yang direkomendasikan), serta intensitas penyemprotan lebih banyak, tiap 2 hari sekali misalnya. Lakukan aplikasi sampai terlihat gejala Powdery mildew berhenti menyebar.

Untuk teknik bagaimana strategi dan cara aplikasi fungisida, bisa anda baca artikel berikut >> Strategi Aplikasi Fungisida pada Tanaman Cabai

3. Mencegah dan mengendalikan penyakit embun tepung pada cabai sebenarnya dimulai dari sejak memilih lokasi tanam. Pilihlah lokasi tanam yang tak ternaungi dan mendapatkan sinar matahari langsung.

4. Selanjutnya saat tanam gunakan jarak tanam yang agak lebar agar sirkulasi udara lebih baik dan tidak tercipta iklim mikro yang mendukung perkembangan jamur Leveillula taurica.

5. Saat terjadi serangan powdery mildew parah, kurangi dosis pupuk terutama pupuk kadar N tinggi karena bisa mendukung perkembangan jamur Leveillula taurica.

Demikian, artikel tentang penyakit embun tepung (powdery mildew) dan beberapa cara pengendaliannya.

Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! ♥