Cara Memulihkan Tanah : Ubah Lahan Tak Subur Jadi Subur dan Produktif

443 View

Cara Memulihkan Tanah : Ubah Lahan Tak Subur Jadi Subur dan Produktif – Kebanyakan tanah di Indonesia, secara umum sudah banyak yang perlu peremajaan sebab penggunaan pupuk kimia yang massif (terus-menerus).

Tanah yang terlalu lama dihajar pupuk kimia, biasanya produksinya menurun dan kualitas fisik dan biologisnya juga sudah menurun. Hasilnya penurunan hasil panen, dan peningkatan dosis pemupukan secara terus-menerus.

Salah satunya cara memulihkan tanah tak subur menjadi subur bisa menggunakan pupuk hayati (disamping pupuk organik).

Pupuk hayati atau dikenal juga dengan istilah agen hayati itu, bukanlah pupuk sebagaimana pupuk pada umumnya, misalnya berupa material padat atau cair.

Lahan tak subur bekas tambah perlu diproses terlebih dulu agar bisa produktif

Namun ia berupa mikroba yang berperan sebagai aktivator, dekomposer bahan organik untuk kemudian dihasilkan unsur hara yang langsung bisa diserap oleh tanaman.

Pupuk hayati yang berupa mikroba tadi itu banyak sekali jenis sekaligus peran spesifiknya. Ada yang berperan sebagai penghasil nitrogen, fosfor, kalium. Ada yang bisa ketiga-nya. Serta ada pula yang bisa memproduksi ZPT.

Nah karena sifatnya itu pupuk hayati bisa digunakan untuk menyuburkan tanah kembali. Memperbaiki sifat fisik dan biologi tanah sehingga produksi tanaman kembali meningkat.

Aplikasi pupuk hayati pada tanah tak subur

Bakteri pengurai

Tanah yang tak subur biasanya cenderung keras dan kering. Begitupun tanaman yang ditanam pada tanah tersebut, tentu jauh dari kata sehat.

Pada tanah yang tak subur, hal yang pasti terjadi adalah tidak berjalannya proses biologis. Dengan kata lain pada tanah tersebut tidak ada aktivitas mikroorganisme, sampai cacing tanah pun juga enggan tinggal disitu.

Untuk mengubah tanah tak subur menjadi tanah subur, ada beberapa langkah penting yang harus dilakukan :

  • Menyiapkan bahan organik 10-20 ton/hektar
  • Menyemprotkan mikroba pada bahan organik agar selanjutnya menjadi media hidup (tumbuh dan berkembang biak).
  • Menambahkan asupan nutrisi bagi mikroba seperti gula atau tetes
  • Setelah beberapa waktu, pupuk organik plus pupuk hayati yang sudah disiapkan tadi sudah siap didepositkan ke lahan tak subur
  • Sebagai tambahan bisa menanam tanaman legum seperti kacang-kacangan, yang bisa menambat N dari udara bebas kemudian mengubahnya menjadi unsur hara siap diserap tanaman

Untuk jenis mikroba yang bisa digunakan bisa dari jenis trichoderma, gliocladium, azotobacter, azospirilium dan lain-lain.

Cara Memulihkan Tanah tak subur bekas tambang

Tanaman kacang tanah untuk memulihkan lahan

Teknologi ini bisa disebut dengan bioremediasi atau bio-degradasi. Lahan tambang yang biasanya mengandung bahan beracun, bisa juga dipulihkan dengan bantuan mikroba (kebanyakan dari jenis bakteri) untuk kemudian diurai menjadi bahan yang tak beracun lagi.

Bakteri pengurai perlu diberi makan nitrogen dan fosfor untuk merangsang rasa lapar bakteri, sehingga nantinya akan jauh lebih cepat lagi dalam mengurai bahan racun pada lahan bekas tambang.

Bagikan Artikel Ini. Trims !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *