Menu

Al-Quran pun Bicara Pertanian

27/06/2018 | Review

Belajartani.com – Sebagai petunjuk bagi manusia, Al-Quran memberikan tuntunan agar manusia tidak tersesat, dan selamat dunia akhirat. Al-Quran berisi banyak ayat-ayat tentang hukum perintah dan larangan yang bersumber dari Allah SWT.

Al-Quran pun bicara pertanian. Hal ini karena pertanian adalah bidang yang cukup penting dalam kehidupan manusia. Ayat-ayat pertanian dalam Al-Quran berbicara banyak hal misal mengenai air, hujan, tanaman, tanah, sayur, buah-buahan dan masih banyak yang lainnya.

Di antara jutaan petani atau bahkan kita sendiri mungkin tidak tahu bahwa ayat-ayat pertanian dalam Al-Quran begitu filosofis dan mendalam. Terutama jika kita dalami makna ayat tersebut, ternyata pertanian mengajarkan filosofi hidup yang luar biasa hebat.

Pertanian mengajarkan sebuah proses perjuangan untuk mencapai sebuah keberhasilan (mulai dari perencanaan tanam, tanam hingga panen). Selain mengajarkan pentingnya sebuah proses, pertanian juga mengajarkan kepada kita ketawakkalan (sikap pasrah) pada Allah Sang Maha Pencipta.

Sikap tawakkal dan pasrah adalah sikap wajib seorang hamba kepada Tuhannya. Tawakkal hendaknya dilakukan selepas berusaha dan berjuang, maka yakinlah bahwa hasil (panen) takkan mengkhianati usaha.

Usaha seperti apa yang perlu manusia upayakan?

Tentu usaha yang benar dan sungguh-sungguh. Kerja keras, cerdas dan ikhlas. Terkadang usaha sudah sungguh-sungguh namun cara yang ditempuh kurang benar maka hasil yang dicapai tentu kurang maksimal, ya nggak?

Kalopun sudah berusaha keras dan benar caranya namun hasil tidak seperti yang diharapkan, misal kena bencana alam banjir, atau ledakan hama, itu semata-mata kehendak Allah, sikap kita adalah tetap bersyukur ikhlas dengan ketetapannya itu.

Salah satu usaha agar pertanian menghasilkan hasil yang optimal yakni tanah yang baik. Nah, ayat pertanian tentang tanah yang baik ini ada dalam Surat Al-A’rof ayat 58, yang terjemahanya adalah :

Ilustrasi ayat pertanian dalam Quran. Source: pixabay.com

Dan tanah yang baik, tanaman-tanamannya tumbuh subur dengan seizin Allah; dan tanah yang tidak subur, tanaman-tanamannya hanya tumbuh merana. Demikianlah Kami mengulangi tanda-tanda kebesaran (Kami) bagi orang-orang yang bersyukur”. (QS. Al-A’rof ayat 58).

Tanah yang baik itu yang bagaimana?

Sebagaimana pada ayat Al-Quran di atas, tanah yang baik adalah tanah yang menghasilkan tanaman subur, sedang tanah yang tidak baik menyebabkan tanaman tumbuh merana.

Ilustrasi tanah yang baik. Source: pixabay.com

Secara teknis, tanah yang baik memiliki 4 kriteria yakni :

1. Memiliki struktur tanah yang baik (remah, tidak menggumpal)

2. Kadar keasaman (pH) tanah yang ideal (6-8)

3. Mengandung unsur hara (nutrisi) yang lengkap seperti unsur hara makro (N,P,K, Ca, Mg) dan mikro (B, Cl, S, Mn dan lainnya)

4. Tidak mengandung patogen tular tanah seperti jamur Fusarium, bakteri Ralstonia atau jamur penyebab akar gada.

Baca juga : 

Saat ini aneh kadang banyak petani yang selalu mengeluh soal tanamannya rusak, panen tidak seberapa. Nah setelah diajak diskusi ternyata syarat terbentuknya tanaman bagus banyak yang tidak dilaluinya.

Apa syarat agar tercapai produktivitas tinggi?

Agar tercapai produktivitas hasil yang tinggi memerlukan usaha misalnya seperti pada konsep panca usaha tani, dalam panca usaha tani terdapat 5 variabel yang dapat berpengaruh pada tingginya produktivitas (panen) tanaman.

Baca jugaMasih Ingat Gak Nih Sama Konsep Panca Usaha Tani?

Selain pengolahan tanah yang baik, komponen lain panca usaha tani yakni penggunaan bibit unggul, pemupukan yang tepat berimbang, pengendalian hama penyakit tanaman, dan irigasi yang baik.

Kadang terdengar lucu seperti pada kasus petani tadi, perawatan tanaman ala kadarnya, pengolahan tanah tidak maksimal, tapi ingin hasil maksimal, ah yang benar saja? Haha..:-D

Bagaimana teknik olah tanah yang baik?

Olah tanah merupakan kegiatan untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah sehingga tanaman bisa tumbuh optimal dan terhindar dari serangan penyakit yang muncul dari dalam tanah.

Untuk bagaimana teknik olah tanah yang baik anda bisa membaca artikel ini >> Cegah Layu Sejak Dini dengan Pengolahan Tanah yang Baik.

Baca juga : 7 Kunci Keberhasilan Usahatani

Nah sobat BT, itu dia salah satu ayat pertanian dalam Al-Quran yang membahas tentang pentingnya tanah yang baik. Next InsyaAllah akan kami bahas tentang ayat Al-Quran lain yang masih terkait pertanian.

Semoga bermanfaat, jangan lupa ya sob bagikan ke saudara, sahabat atau teman anda yang lain. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 3
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    3
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]