bt
Menu

9 Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Bisa Dimakan

11/07/2018 | Holtikultura

Belajartani.com – Halo sobat BT, kali ini kita akan membahas tentang salah satu jenis komoditas hortikultura yang selalu menjadi teman setia kita saat makan. Yap, sayuran! Kita akan bahas sayuran lebih tepatnya tentang 9 jenis sayuran berdasarkan bagian yang bisa dimakan.

Sebelum kita bahas jenis-jenisnya, terlebih dulu kita bahas arti sayuran. Biar kita tau bedanya antara sayuran dengan tanaman horti lain yakni tanaman buah-buahan dan tanaman hias.

Sekaligus biar kita ntar bisa jelasin pas adik kita nanya, “tomat itu buah atau sayur sih?”.

Baca juga : Mau Lebih Bergairah Dan Bersemangat? Coba Konsumsi 3 Sayuran Ajaib Ini, Guys…!

“Buah atau sayur ya?” Pasti kebanyakan anda menjawab tomat ya buah, bukankah kita sendiri sering mendengar istilah “buah tomat, jus buah tomat dll”, kan tomat bentuknya kayak buah, munculnya aja setelah pembungaan. Sudah pasti buah dong!..hehe

Nah, tapi di lingkungan petani akan beda lagi karena ternyata tomat itu masuk kategori sayur. Di pasar pun tomat akan lebih banyak dijual oleh pedagang sayur, gak ada pedagang buah yang jual buah tomat! Nah looo, bingung kan mana ini yang benar?

Pengertian sayuran (vegetables)

Sayuran menurut wikipedia, “berarti segala jenis bahan pangan yang berasal dari tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.”

Ilustrasi Gambar Jenis Sayuran Berdasarkan Bagian yang Bisa Dimakan

Sayuran umumnya diolah menjadi tumis, sayur bening, sayur lodeh, atau lalapan yang sering kita jumpai saat kita makan di luar (beli di warung maksutnya).

Nah, sayuran berdasarkan bagian yang bisa dimakan di kelompokkan menjadi 9 jenis antara lain : sayuran daun, tangkai daun, umbi, umbi lapis, batang, akar, bunga, buah ataupun biji. Lebih lengkapnya simak uraian berikut ini :

1. Daun

Sayuran daun merupakan jenis sayuran dari daun yang biasa dikonsumsi baik itu segar atau dimasak terlebih dahulu. Contohnya selada (lettuce), kubis (cabbage), daun singkong (cassava leaves), bayam (spinach), kangkung (kale), sawi/pakcoy (mustard), bawang (spring onion).

2. Tangkai daun

Kelompok sayuran tangkai daun tentu saja yang dikonsumsi tangkai dan daunnya contohnya seledri (celery) dan kangkung (kale).

3. Umbi lapis

Jenis sayuran dari umbi lapis contohnya bawang-bawangan (bawang merah, bawang putih dan bombay).

4. Batang

Sayuran jenis batang ini yang dikonsumsi adalah bagian batangnya (bagian tanaman yang menopang daun, bunga dan buah tanaman). Salah satu contoh yang tergolong sayuran ini adalah asparagus.

5. Umbi

Sayuran umbi adalah sayuran yang tumbuh dan besar di dalam tanah, misalnya kentang (potato).

6. Akar

Akar adalah bagian tanaman yang berada di dalam tanah yang berfungsi untuk menyerap nutrisi dan air. Beberapa akar tanaman ada yang membesar dan dapat dikonsumsi misalnya adalah wortel (carrot), bit, dan ubi jalar (yam)

7. Bunga

Bagian tanaman, berupa bunga ada yang enak dikonsumsi dan bernilai ekonomis tinggi dan dimanfaatkan sebagai tanaman sayuran seperti brokoli (broccoli), dan kembang kol (cauliflower).

8. Biji

Biji-bijian yang dikonsumsi sebagai sayuran contohnya buncis (green bean), kacang panjang (long bean), jagung manis (sweet corn) dan kacang tanah (peanuts).

9. Buah

Beberapa jenis sayuran buah yang banyak dikonsumsi di dunia antara lain cabai (hot chili pepper), paprika, zukini (zukini), tomat (tomato), timun (cucumber), labuh (pumpkin), terong (eggplant), pare (bittergourd).

Disini pertanyaan“tomat itu buah atau sayur sih?”, bisa dijawab dengan pendekatan kultural (budaya). Jika tomat digunakan sebagai menu utama, dimasak dan dimakan dengan menu utama dikategorikan sebagai sayuran.

Namun jika dikonsumsi sebagai hidangan penutup (dessert), maka masuk kategori sebagai buah. Namun karena “buah” ini mudah mengalami pembusukan dalam usus lebih baik dikonsumsi sebelum menu utama.

Baca juga : Cegah Kanker dengan Banyak Konsumsi Sayuran Ini

Demikian artikel tentang 9 jenis sayuran berdasarkan bagian yang bisa dimakan. Semoga bisa menambah wawasan anda terutama tentang perbedaan terminologi kata “sayuran” dan “buah”.

Jangan lupa bantu bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat ya sob, tentu harapan saya juga..hehe. Sekian terimakasih ^^

Salam hangat 🙂

BelajarTani.com

Bagikan ke teman anda :
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Follow our IG

Instagram.com/PertanianKini

Arsip BelajarTani.com

Choose Language

Follow BelajarTani.com

Terimakasih telah mengunjungi BelajarTani.com, Jangan lupa like and share ya Sob..! [HL♥PISD]